Portal Berita Indonesia

Yamaha Byson Vs Honda New Mega Pro? ?

Yamaha Byson Vs Honda New Mega Pro? ? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Yamaha Byson Vs Honda New Mega Pro? ?

Q: Gan, Dua monster ini jika di tarungkan untuk komparasinya mna yg lbih ung9ul, apa kekurangan dan kelebihan dari keduanya,mhon pn9etahuanya.MongG0 di jawab. A. Mega Pro : 156,7 CC, 13,3 PS, SOHC, berat : 126 kg, pendingin udara Yamaha Byson : SOHC, 153 CC, 13,73 PS, berat : 137 kg, pendingin udara Yamaha Byson lebih [...]

Rating: 5

Q: Gan, Dua monster ini jika di tarungkan untuk komparasinya mna yg lbih ung9ul, apa kekurangan dan kelebihan dari keduanya,
mhon pn9etahuanya.
MongG0 di jawab.

A. Mega Pro : 156,7 CC, 13,3 PS, SOHC, berat : 126 kg, pendingin udara

Yamaha Byson : SOHC, 153 CC, 13,73 PS, berat : 137 kg, pendingin udara

Yamaha Byson lebih effisien, dengan volume mesin yg sedikit lebih kecil, menghasilkan tenaga yg sedikit lebih besar.
Suspensi belakang Byson yang sudah monocross menyebabkan handling lebih baik.
Hanya kelemahan Byson, memiliki bobot yg lebih berat.

Yamaha byson vs New honda mega pro ?
Q: pilih mana ya,, diantara ke 2 motor tersebut ??? Tolong saran2nya,, selengkap2nya,,

A. klo ak pilih yamaha, tapi yamaha v ixion
karena lbih aerodinamic,.
dan sama2 kelas 150cc
Yamaha vs honda diadu head to head?
Q: 1 mio vs beat?
2 vega zr vs abs revo?
3 blade vs jupiter z?
4 supra x125 vs jupiter mx?
5 cs 1 vs new jup mx?
6 vario vs xeon?
7 mega pro vs vixion?
8 tiger vs byson?
kalo di adu drag mana yg menang ya?
Trus sisi market mana yg lebih unggul baik honda ataupun yamaha?
Kalo kebanyakan jawab aja yg anda tau?

A. 1. Beat
2. Revo ( karena teknologi combi brake nya )
3. Jupiter Z
4. Jupiter MX
5. Cs 1 ( tenaga lebih besar : 13 HP dibandingkan New Jupiter Mx yg hanya 12,62 HP )

6. Vario
7. Vixion ( unggul teknologi, sudah injection )
8. Tiger.

Untuk adu drag juga sangat tergantung pada keahlian pembalapnya.
Untuk sisi marketingnya : Honda masih sedikit lebih unggul, apalagi dengan kemunculan CBR 250 dengan teknologi PGMF-I nya, serta bentuk nya yg elegance.

Bagusan mana, Yamaha Byson atau Honda New Mega Pro?
Q:

A. Secara umum, kedua kendaraan ini memang dikeluarkan oleh masing-masing merknya untuk bisa bersaing satu sama lain. Sama sepeda motor kelas medium sport dengan jenis mesin 4-tak 2 katup SOHC.

Yamaha Byson yang merupakan downgrade dari V-Ixion dan Honda New Mega Pro yang berperan menggantikan unggulan honda di kelas medium sport-bike yaitu Mega Pro.

Yamaha Byson punya konstruksi kalter yang sama persis seperti V-Ixion (sesuai info yang saya dapat dari Tabloid OTOMOTIF).

Bedanya adalah mesin Byson menggunakan pendingin udara dan punya rasio kompresi yang lebih rendah. Jadi walaupun sama-sama 150 cc, peforma Byson bisa dibilang downgrade dari V-Ixion.
(beberapa orang masih salah sangka akan kapasitas mesin Byson, banyak yang berpikir Byson sama persis 160 cc dengan FZ16 yang ada di India, sebenarnya Byson yang sudah terbit sejak akhir lebaran 2010 ini bukan 160 cc tapi 150 cc).

Kemudian Honda New Mega Pro, banyak yang menyesalkan mengapa kapasitas mesinnya lebih kecil dari yang lama. Namun kapasitas yang menurun 10 cc (dari 160 ke 150 ini bukan berarti penurunan peforma. Karena data teknis yang dimiliki New Mega Pro justru punya banyak kelebihan dari yang lama. Mungkin hal ini karena akhirnya Honda mengubah konstruksi mesin dari konstruksi mesin yang dipakai mulai dari GL Pro hingga Mega Pro.

Mesin New Mega Pro yang 150 cc punya teknologi yang sama dengan Blade, yaitu blok silinder dan piston yang lebih minim gesekan dan didukung oleh penggunaan rocker arm yang dilengkapi roller.

Byson pun juga demikian, klaim dari Yamaha mengatakan bahwa Byson juga menggunakan konstruksi mesin yang minim gesekkan dan dilengkapi dengan rocker arm yang ber-roller pula.

Keluar dari mesin, NMP (New Mega Pro) dan Byson punya transmisi sama-sama 5 percepatan (1-N-2-3-4-5). Sama-sama berpemasok bahan bakar karburator.

Yang baru adalah karburator Byson dan NMP dilengkapi dengan TPS (Throttle Position Sensor) seperti yang sudah diterapkan di Yamaha Xeon, yang fungsinya adalah mengatur pengapian oleh CDI sesuai dengan porsi bukaan throttle (gas) yang dilakukan pengendara. Hasilnya adalah mereka mengklaim bahwa teknologi TPS membuat peforma mesin semakin OK (karena pengapian lebih akurat dari pada CDI yang tidak terhubung dengan TPS ; namun saya yakin masih lebih akurat ECU pada V-Ixion, Shogun FI, dan Supra PGM-FI). Selain peforma lebih baik, klaim dari kedua brand tersebut mengatakan bahwa dengan TPS efisiensi kerja mesin lebih baik (ujungnya ke konsumsi bahan bakar yang lebih irit).

Semakin keluar dari sektor teknis, desain NMP dan Byson sama-sama menganut street fighter. Namun NMP punya desain yang lebih kalem dari pada Byson yang lebih eksentrik (khas desain Honda VS Yamaha).

Bobot total 2 kendaraan ini cukup berat. Lebih berat dari pada Mega Pro lama dan V-Ixion yang 120an Kg, yaitu bobot mereka jatuh pada 130an Kg (hampir mendekati kelas Tiger dan Pulsar 200 yang bobotnya 140an Kg).

Soal konsumsi bahan bakar, kedua kendaraan ini baiknya pakai Pertamax karena rasio kompresi sudah di atas 9:1 (yaitu 9:5:1).

Konstruksi kaki-kaki keduanya mirip, suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock.

Bedanya rem belakang NMP sudah disc brake sedangkan Byson tromol (rem depan keduanya sama-sama disck brake).

Keduanya menggunakan ban tubeless untuk ban depan dan belakang.

Speedo meter keduanya sama-sama digital dengan desain yang berbeda namun sama-sama menarik.

Soal harga, klaim dari 2 brand akan jatuh di kisaran 19-20 juta, namun dugaan saya karena masih baru, harga bisa melonjak terkait permintaan pasar dan waktu.

Terkait klaim data teknis pada peforma mesin, Byson lebih unggul dari NMP karena :

1. Daya maksimum sama-sama 10,1 KW tapi Byson mampu mencapainya pada rpm yang lebih rendah (7500) dari pada NMP (8500)

2. Torsi maksimum sudah kelihatan jelas Byson lebih besar (13,6 Nm) dari pada NMP (12,8 Nm), pun Byson mencapainya pada rpm yang lebih rendah (6000) dari NMP (6500)

Overall, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya bakal jadi ujung tombak baru brand Yamaha dan Honda dalam persaingan mereka di kelas medium sport-bike.

Sisanya tinggal keputusan konsumen, mengingat brand Yamaha dan Honda bisa dibilang punya peminatnya masing-masing.

Setahu saya demikian, semoga membantu :)

Powered by Yahoo! Answers