Portal Berita Indonesia

Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan

Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, dan sebagai negara yang mayoritas beragama islam, pasti banyak sekali persiapan atau acara untuk menyambut bulan suci bulan yang penuh berkah. Begitupula dengan banyaknya tradisi unik yang ada di setiap daerah di Indonesia. Berikut tradisi-tradisi unik menyambut Ramadhan. 1. Dugderan di Semarang Tradisi ini diadakan menjelang bulan Ramadhan di [...]

Rating: 5

IMG_7565Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, dan sebagai negara yang mayoritas beragama islam, pasti banyak sekali persiapan atau acara untuk menyambut bulan suci bulan yang penuh berkah. Begitupula dengan banyaknya tradisi unik yang ada di setiap daerah di Indonesia. Berikut tradisi-tradisi unik menyambut Ramadhan.

1. Dugderan di Semarang
Tradisi ini diadakan menjelang bulan Ramadhan di kota Semarang, tradisi dugderan sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1881 pada masa pemerintahan Bupati Semarang, Purbaningkrat. Biasanya tradisi ini diadakanya pasar rakyat yang berlangsung seminggu sebelum puasa dan pada akhir menjelang Ramadhan diadakan arak-arakan (karnaval), yang berupa warak ngendog. Warak ngendhog adalah gabungan dari beberapa etnis yang ada di Semarang, kepalanya menyerupai kepala naga (Cina),tubuhnya layaknya buraq (Arab), dan empat kakinya menyerupai kaki kambing ( jawa). Puncaknya akan dilakukan penabuhan bedug oleh walikota Semarang, dan pengumuman awal puasa.

2. Jalur Pacu di Riau
Jalur pacu dilakukan masyarakat di Riau, tradisi ini seperti perlombaan dayung. Masyarakat akan tumpah ruah untuk menyaksikan tradisi jalur pacu yang dilakukan di sungai dengan menggunakan perahu tradisional. Tradisi untuk menyambut puasa ini akan ditutup dengan tradisi Balimau Kasai, yaitu tradisi mensucikan diri menjelang matahari terbenam.PACU JALUR LOMBA PERAHU2

3. Nyorog di Jakarta (Betawi)
Suku Betawi dalam menyambut bulan suci Ramadhan biasanya mengadakan tradisi Nyorog, yaitu keluarga yang usianya lebih muda akan mendatangi keluarga yang lebih tua dan membawakan bingkisan yang berisi sirup, gula, atau minyak.

4. Balimau di Sumatra Barat
Masyarakat Padang, Sumatera Barat dalam menyambut bulan Ramadhan biasanya melakukan tradisi Balimau yang sudah terjadi turun-temurun. Balimau adalah tradisi mandi bersama ditempat pemandian untuk membersihkan diri sebelum menjalani ibadah puasa. Ini bertujuan untuk kesiapan lahir dan batin.

5. Mungguhan di Jawa Barat
Hampir sama dengan orang Betawi, orang Sunda biasa menyambut Ramadhan dengan saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian makanan bersama sanak keluarga. Tradisi ini disebut Mungguhan.

6. Padusan di Yogyakarta, Boyolali, Salatiga
Padusan adalah tradisi yang biasanya dilakukan didaerah Yogyakarta, Salatiga, dan Boyolali. Tradisi ini juga untuk menyambut bulan suci Ramadhan secara turun-temurun. Tradisi mandi bersama atau berendam disumur dan mata air yang dianggap keramat. Ini juga dilakukan bertujuan untuk membersihkan diri sebelum berpuasa.

7. Meugang di Aceh
Tradisi yang dilakukan sejak 1400 masehi untuk menyambut Ramadhan dengan menyembelih kerbau atau sapi ini dinamakan Meugang. Warga aceh juga tidak segan untuk membantu warga yang tidak mampu untuk membeli sapi atau kerbau.