Portal Berita Indonesia

Toya Bungkah, Wisata Air panas berlatar gunung batur yang mempesona

Toya Bungkah, Wisata Air panas berlatar gunung batur yang mempesona Diulas oleh evacation pada . Artikel berikut membahas tentang Toya Bungkah, Wisata Air panas berlatar gunung batur yang mempesona

Toya Bungkah adalah salah satu objek wisata air panas yang terdapat di Pulau Bali. Objek Wisata ini terdapat di Desa Pakraman Batur, Kintamani, Propinsi Bali dan letaknya tepat di pinggir danau Batur. Sumber air panas di Toya Bungkah ditampung dalam kolam-kolam berukuran kecil di pinggir Danau Batur dimana air panas dalm kolam-kolam tersebut dipercaya oleh [...]

Rating: 5

Toya Bungkah adalah salah satu objek wisata air panas yang terdapat di Pulau Bali. Objek Wisata ini terdapat di Desa Pakraman Batur, Kintamani, Propinsi Bali dan letaknya tepat di pinggir danau Batur. Sumber air panas di Toya Bungkah ditampung dalam kolam-kolam berukuran kecil di pinggir Danau Batur dimana air panas dalm kolam-kolam tersebut dipercaya oleh para pengunjung Toya Bungkah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Suhu air panas di Toya Bungkah ini bisa mencapai 30-45 derajat celcius. Terdapat dua jenis kolam renang yang terdapat di Toya Bungkah yakni kolam renang untuk penduduk setempat dan kolam renang untuk wisatawan, yang membedakan adalah kolam renang untuk wisatawan memiliki sekat tembok penyengker yang khusus di bngun untuk membatasi kolam.

Karena letaknya yang berada di ketinggian di sekitar gunung batur membuat Toya Bungkah memiliki cuaca yang sejuk dan alami. Selain itu pemandangan alamnya juga mempesona, dalam perjalanan menuju Toya Bungkah, wisatwan akan menemukan pemandangan alam indah dari  gunung dan Danau Batur, pepohonan yang rimbun alami  serta timbunan lahar  yang sudah berusia lama sehingga membentuk karang membuat yang melihat kagum di buatnya. Setelah samapi di Toya Bungkah yang tidak kalah menatik adalah dari tempat berenang wisatawan bisa melihat desa Truyan dari kejauhan menyelip diantara perbukitan indah kehijauan.

Sejarah nama Toya Bungkah berasal dari kata Toyo yang berrarti air dan Bungkah yang berrarti batu-batuan. Sebagai sumber mata air panas Toya Bungkah di temukan penduduk pada lima tahun lalu. Dan berkat penanganan yang baik Toya Bungkah sekarang bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama di kintamani.

Tips untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Toya Bungkah, diantaranya adalah disarankan untuk membawa pakaian ganti untuk berenang. Jika ingin melakukan trekking di sekitar Toya Bungkah dan gunung batur sebaiknya memakai pakaina dan sepatu trekking yang nyaman agar perjalanan anda tidak terganggu. Tips ketiga datanglah ke Toya Bungkah pada pagi hari atau sebelum jam 1 siang karena lewat jam itu kendaraan umum yang akan membawa anda ke Toya Bungkah mulai sepi dan tidak beroperasi. Semoga seiring dengan semakin bertambahnya wisatawan yang berkunjung dan menggeliatnya wisata di Toya Bungkah akan menjadikan transfortasi semakin lancar lagi sehingga para wisatawan yang memutusakan akan berkunjung ke Toya Bungkah dengan menggunakan kendaraan umum di siang hari tidak mengalami kesulitan lagi.

Untuk mencapai Toya Bungkah yang terletak di Desa Pakraman Batur, Kintamani ini bisa di tempuh dengan  waktu sekitar 2 jam dari kota Denpasar Bali dengan jarak tempuh kira-kira 50 km. Toya Bungkah berdekatan dengan kawasan wisata lainnya seperti Desa Penelokan, Desa Kedisan, Desa Trunyan, Kintamani, Ubd, Pura Ulundanu Batur, Pura Jati, dan tempat lainnya jadi selain Anda bisa mengunjungi Toya Bungkah anda juga bisa mengunjungi tempat lainnya yang berdekatan.