Portal Berita Indonesia

Tips Menyimpan Makanan yang baik di kulkas

Tips Menyimpan Makanan yang baik di kulkas Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Tips Menyimpan Makanan yang baik di kulkas

Makanan jika disimpan di lemari pendingin ataupun freezer memang bisa tahan lebih lama. Namun bagaimana cara penyimpanan yang baik? Berikut tipsnya, agar mutu makanan terjaga. Makanan kemasan biasanya dilengkapi dengan masa kadaluarsa. Walau disimpan di lemari pendingin jika sudah lewat masa kadaluarsanya sebaiknya jangan dimakan. Makanan olahan beku seperti nuget, kentang goreng, begitu sampai di [...]

Rating: 5

Makanan jika disimpan di lemari pendingin ataupun freezer memang bisa tahan lebih lama. Namun bagaimana cara penyimpanan yang baik? Berikut tipsnya, agar mutu makanan terjaga.
Image_Article_menyimpan-bahan-hidangan-dengan-baik
Makanan kemasan biasanya dilengkapi dengan masa kadaluarsa. Walau disimpan di lemari pendingin jika sudah lewat masa kadaluarsanya sebaiknya jangan dimakan.

Makanan olahan beku seperti nuget, kentang goreng, begitu sampai di rumah harus segera dimasukkan ke freezer. Begitu kemasannya dibuka, sisa isinya harus dihabiskan dalam 2 – 3 hari. Makanan olahan seperti ini juga tidak perlu dicairkan tapi langsung digoreng saja. Sebelum menggoreng baca petunjuknya.

Atur letak makanan agar sirkulasi udara di lemari es tetap baik.

Saat akan mencairkan makanan beku, keluarkan dari freezer sejak malam sebelumnya dan taruh di cooler. Kalau dicairkan di microwave, harus langsung dimasak karena makanan tersebut sudah setengah matang.

Bahan makanan yang sudah dicairkan jangan dibekukan kembali. Lebih baik makanan tersebut dimasak lalu simpan di freezer lagi bila belum akan dimakan.

Bahan makanan yang akan disimpan di freezer sebaiknya tidak disimpan dalam kemasan besar. Bagilah satu bagian untuk satu kali pakai menjadi beberapa bagian.

Mentega, margarin dan jenis lemak lainnya yang disimpan di lemari pendingin harus dalam kemasan aslinya.