Portal Berita Indonesia

Tips Cegah Keputihan

Tips Cegah Keputihan Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Tips Cegah Keputihan

keputihan adalah hal biasa bagi kaum wanita. Namun keputihan dalam batas wajar berbeda dengan keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi. Salah penggunaan antiseptik dipasaran justru bisa membunuh bakteri baik dalam vagina. Berikut ini tips aman cegah keputihan. 1. Basuhlah vagina dari arah depan ke belakang. Membasuh dari belakang ke depan akan membawa bakteri dari [...]

Rating: 4

f977263b5e301bfd0625682bfb066eb8keputihan adalah hal biasa bagi kaum wanita. Namun keputihan dalam batas wajar berbeda dengan keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi.
Salah penggunaan antiseptik dipasaran justru bisa membunuh bakteri baik dalam vagina. Berikut ini tips aman cegah keputihan.
1. Basuhlah vagina dari arah depan ke belakang.
Membasuh dari belakang ke depan akan membawa bakteri dari anus ke vagina yang dapat menyebabkan infeksi. Oleh karenanya, pembasuhan vagina perlu dilakukan dari arah depan ke belakang.

2. Jangan gunakan sabun mandi.
Sabun mandi tidak cocok digunakan untuk membersihkan vagina. Vagina merupakan organ yang spesial karena membutuhkan bakteri baik untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, vagina juga membutuhkan kadar keasaman (pH) tertentu yaitu sekitar 3,8 hingga 4,5 untuk menjaga bakteri baik tetap hidup dibutuhkan cairan khusus untuk membersihkan vagina yang mengandung antimikroba yang selektif guna mematikan bakteri jahat sekaligus menjaga bakteri baik tetap hidup.

3. Keringkan vagina dengan tissue dan handuk bersih seusai membersihkannya.
Keadaan lembab dapat memicu jamur atau bakteri untuk tumbuh. maka dari itu usahakan untuk mengeringkannya dengan handuk atau tisue setelah membersihkannya hingga kering.

4. Hindari celana dalam ketat
Jangan kenakan pakaian dalam yang ketat dan tidak menyerap keringat. Pilih yang terbuat dari katun.Juga selalu ganti celana dalam sehari 2 kali.