Portal Berita Indonesia

Tanya Jawab Soal Kesehatan

Tanya Jawab Soal Kesehatan Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Tanya Jawab Soal Kesehatan

Dok, saya memiliki benjolan yang lebih mirip kelenjar yang mengeras di bagian leher. Saya sering merasa capek dan pegal di area leher dan punggung Apakah saya menderita limfoma atau kanker kelenjar getah bening? Makanan atau kegiatan apa yang bisa menimbulkan kelenjar getah bening saya mengeras? Ada yang bilang kalau kelenjar getah bening akan mengeras jika [...]

Rating: 4

01

Dok, saya memiliki benjolan yang lebih mirip kelenjar yang mengeras di bagian leher. Saya sering merasa capek dan pegal di area leher dan punggung Apakah saya menderita limfoma atau kanker kelenjar getah bening?
Makanan atau kegiatan apa yang bisa menimbulkan kelenjar getah bening saya mengeras? Ada yang bilang kalau kelenjar getah bening akan mengeras jika ada infeksi di dalam tubuh ? Benarkah?
Intan, 20 Surabaya
JAWAB :
Mbak intan yang sedang khawatir, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher bisa akibat dari berbagai macam hal, seperti infeksi kuman tuberkulosis (limfadenitis tuberkulosis), kuman aspesifik lainnya dari rongga mulut, telinga, hidung maupun dada (limfadenopathi), ataupun keganasan yang disebut dengan limfoma (ada beberapa macam limfoma)
Gejalanya bisa bervariasi, jika kecil mestinya tidak ada keluhan; jika besar keluhannya bisa berupa tekanan, mengganjal, maupun secara kosmetik tidak nyaman/indah. Pada umumnya nyeri sangatlah relatif tergantung dari penyebab, jika keluhannya berupa nyeri (berdenyut maupun tidak) bisa saja karena infeksi akut, akan tetapi seringkali juga terjadi bahwa benjolan tidak bersifat nyeri .
Menurut saya, dalam kasus anda, sebaiknya dikonsultasikan secara langsung ke dokter. Jangan takut untuk mengetahui mengenai penyakit anda, karena sebaiknya lebih cepat tahu lebih baik untuk anda.
Pada saat pemeriksaan nanti, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh serta penceritaan riwayat perjalanan penyakit anda yang lengkap mengenai apa saja yang anda alami dari awal. Dengan demikian, dokter dapat mengambil kesimpulan mengenai berbagai macam tindakan diagnostik penyakit untuk mengetahui penyakit anda.
Demikin pula dengan terapinya yang bisa saja meliputi berbagai macam pemeriksaan laboratorium, foto rontgen paru, kepala, rongga mulut utk gigi dan lainnya. Semoga jawaban saya bisa membantu anda.