Portal Berita Indonesia

Tanda-Tanda Shock Breaker Rusak dan Tips Mengatasinya

Tanda-Tanda Shock Breaker Rusak dan Tips Mengatasinya Diulas oleh edon pada . Artikel berikut membahas tentang Tanda-Tanda Shock Breaker Rusak dan Tips Mengatasinya

Topulerkan.com – Bagi anda para pemilik kendaraan roda dua, shockbreaker merupakan salah satu organ penting pada motor. Alat peredam kejut ini, sangat penting karena dapar menahan hantaman detak motor saat melewati polisi tidur ataupun menghindari dentuman kenjang saat anda terkena lubang dijalan. Jadi anda bisa berfikir seperti apa motor anda jika tanpa bagian tersebut, pasti [...]

Rating: 4

shockbreakerTopulerkan.com – Bagi anda para pemilik kendaraan roda dua, shockbreaker merupakan salah satu organ penting pada motor. Alat peredam kejut ini, sangat penting karena dapar menahan hantaman detak motor saat melewati polisi tidur ataupun menghindari dentuman kenjang saat anda terkena lubang dijalan.

Jadi anda bisa berfikir seperti apa motor anda jika tanpa bagian tersebut, pasti anda tak akan menginginkan hal buruk terjadi dijalanan bukan?. Oleh sebab itu shockbreaker merupakan bagian yang harus kita miliki dan tentu saja perawatannya juga harus dijaga baik-baik agar tidak rusak dan kenyaman anda berkendara tetap terjaga.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar bagaimana merawat shockbreaker anda dengan baik, dan memberi tips tanda-tanda dari shockbreaker yang sedang rusak.

Tips pertama untuk mengetahui shockbreaker rusak adalah jika anda menemukan sesuatu keanehan saat anda berkendara, seperti motor tidak stabil, sering tidak pas dengan laju jalan, melenceng kekanan dan kekikiri berarti ada kesalahan pada shockbreaker tersebut.

Yang harus anda perhatikan juga adalah oli pada shockbreaker tersebut apakah sedang mengalami kebocoran atau tidak. Cek oli melalui tabung yang ada pada shockbreaker, takutnya mengalami kebocoran karena sudah lama digunakan dan juga sering mengalami hantaman, itulah yang biasa menyebabkan kebocoran.

Yang kedua yang perlu diperhatikan adalah, jika tekanan motor anda terasa aneh, namun pada ban tidak mengalami apapun berarti hal tersebut ada pada shockbreaker anda yang kemungkinan rusak. Cobalah untuk mengetesnya dengan cara menekan stang motor anda kebawah kemudian dilepaskan secepatnya, hal ini untuk mengetes shockbreaker depan anda.

Pada saat melakukan tes tersebut lalu motor anda bergoyang dan melenting tidak wajar, berarti schockbreaker bagian depan anda mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki.

Itulah beberapa tips mengenai bagaimana untuk mengetahui ciri-ciri shockbreaker rusak yang bisa anda ikuti petunjuknya. Dan setelah ini saya akan memberikan beberapa tips juga mengenai cara merawat shockbreaker agar lebih aman dan awet saat digunakan.

Pertama, periksanan secara rutin apakah shockbreaker anda mengalami kebocoran atau tidak. Jika iya, maka segeralah melakukan pergantian sil pada tabung dalamnya, dan juga mengecek kondisi as lalu mengisi oli kembali secara rutin

Kedua, untuk para pengguna motor bebek bisa melakukan pergantian sil pada motornya, namun tetap memeriksakan kondisi as shockbreaker jika masih normal tak perlu diganti. Sedangkan untuk motor sport, karena as shockbreakernya lebih besar dari motor bebek maka bisa untuk memperbaikinya ke bengkel favorit anda.

Untuk anda ketahui juga, perwatan ini setidaknya dapat membantu shockbreaker anda menjadi lebih awet dan tahan lama setidaknya untuk satu tahun kedepan. Dan juga hal ini dapat menghemat pengeluaran anda.

Tambahan lagi, bahwa jika shockbreaker yang rutin anda rawat dan perbaiki sudah pasti mempunyai keunggulan daripada yang tidak pernah dirawat. Yakni dalam hal mengatur tingkat kepadatan oli dalam tabung, yang tentu saja demi kenyamanan berkendara anda.

//

//