Portal Berita Indonesia

Siapa Yg Akan Jadisekutu Indonesia Jikaberperang?

Siapa Yg Akan Jadisekutu Indonesia Jikaberperang? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Siapa Yg Akan Jadisekutu Indonesia Jikaberperang?

Q: siapa yg akan jadi sekutuindonesia jika jadiberperang dgn malaysia?Kalau malaysia sudahjelaz akan brsekutu dgnsingapura, aus, nz daninggris (para anggotaFPDA) bgaimana dgnindonesia?Apakah Rusia, Jepang,China atau bahkan Amrikyg akan menjdi sekutuindonesia, tapi di lainpihak amrik brsekutudgn aus dan singapura jdmna mungkin amrikmnyerang sekutu’ysendri, jika amrik sajasudah tdk mau brsekutudgn indonesia apalagijepang yg jg mnjadisekutu’y amrik, tinggaltrsisa [...]

Rating: 5

Q: siapa yg akan jadi sekutu
indonesia jika jadi
berperang dgn malaysia?
Kalau malaysia sudah
jelaz akan brsekutu dgn
singapura, aus, nz dan
inggris (para anggota
FPDA) bgaimana dgn
indonesia?
Apakah Rusia, Jepang,
China atau bahkan Amrik
yg akan menjdi sekutu
indonesia, tapi di lain
pihak amrik brsekutu
dgn aus dan singapura jd
mna mungkin amrik
mnyerang sekutu’y
sendri, jika amrik saja
sudah tdk mau brsekutu
dgn indonesia apalagi
jepang yg jg mnjadi
sekutu’y amrik, tinggal
trsisa china dan rusia yg
di britakan hbungan ke-2
negara tsb makin
mnguat, yg jadi
pertanyaan apakah ke-2
negara tsb mau brsekutu
dgn indonesia?
Jadi mksud saya selain
rusia-china (jika mau
brsekutu dgn indonesia)
negara mana lagi yg mau
brsekutu dgn indonesia?

A. Sekutu Indo yang abadi (menurut orang Indo sendiri) adalah Palestina dan Arab. Tapi mungkin Palestina dan Arab bisa bingung karena sama2 negara Islam kok berperang, mau yang mana dibela ?
Malaysia tidak perlu berperang dengan Indo untuk mengalahkan, tinggal ditunggu saja waktunya pasti berantakan sendiri karena setiap harinya di Indo saat ini terjadi pertempuran (kecil2an) sesama bangsa. Mereka akan berpikir saat ini memang kecil nantinya akan besar membara dan meruntuhkan negaranya sendiri.
Dalam segi militer siapa canggah indonesia dgn malaysia?
Q:

A. Kalau soal MENTAL dan DAYA JUANG, SEMANGAT BERTEMPUR, tentara INDONESIA jelas UNGGUL.
Prajurit Malaysia tidak punya daya juang yang besar, semangat dan mental tidak sekuat Indonesia.

Dari segi lain:
anggaran militer indonesia sebanyak USS 1,3M/tahun.
sedangkan anggaran militer malaysia sebanyak USS 1,69M/TAHUN.
jumlah personel indonesia 243 ribu sedangkan malaysia 135 ribu.
kapal perang indonesia 114 unit sedangkan malaysia 24 unit.
pesawat tempur indonesia 67 unit sedangkan malaysia 18 unit.
pangkalan pesawat militer indonesia ada 6 lokasi sedangkan malaysia 5 lokasi.
namun malaysia adalah anggota FPDA.yang beranggotakan malaysia,singapore,inggris,selandia baru,australia.jika malaysia diserang indonesia maka anggota FPDA yang lain akan membantu malaysia.jumlah penduduk yang harus diselamatkan indonesia jika terjadi perang sebanyak 237 juta.sedangkan malaysia 27,7 juta.

Bukan soal persenjataan, yang paling penting manusianya. Manusia Indonesia 10 kali lebih banyak dari Malaysia. Bagaimanapun kuatnya Malaysia, kalau bertempur habis habisan, pasti kalah dengan Indonesia

Kenapa pemerintah kita tidak berani menyerang Malaysia ?
Q:

A. Menurut pengamat militer Universitas Indonesia, Andy Wijayanto :
- Malaysia memiliki sistem aliansi pertahanan dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru. Aliansi itu disebut sebagai Five Power Defense Agreement (FPDA). Salah satu kesepakatan negara-negara FPDA adalah klausul bahwa serangan terhadap salah satu negara anggota merupakan serangan pula terhadap negara anggota lainnya.
-Malaysia tinggal meminta klausul itu diaktifkan. Bila disepakati, berarti negara kita harus siap berperang juga dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru yang mempunyai kekuatan tempur jauh lebih kuat dan canggih
-Dari situs resmi British High Commission, Kuala Lumpur, diketahui bahwa FPDA berdiri pada 1971 sebagai lembaga konsultasi dan antisipasi serangan terhadap Singapura serta Malaysia. Saat peringatan 30 tahun FPDA pada November 2001, kelima negara anggotanya sepakat membentuk suatu kerja sama jangka panjang. Salah satunya, perjanjian saling dukung bila ada negara anggotanya yang diserang negara lain. Tahun ini, FPDA memfokuskan tinjauannya pada maritime security. Dengan fokus tersebut, kemungkinan empat negara lainnya untuk mendukung Malaysia dalam konfrontasi dengan Indonesia menjadi lebih besar.
-Sebagai tambahan, bila dalam konfrontasi nanti negara kita berhadapan dengan Inggris, negara tersebut sangat mungkin meminta artikel lima NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) diaktifkan. Artikel lima NATO serupa dengan klausul perjanjian FPDA yang intinya menyatakan, serangan yang dialami salah satu negara anggota dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara anggota lainnya dan harus dihadapi bersama. Sehingga, konfrontasi dengan Malaysia bisa melebar serta membuat Indonesia harus berhadapan dengan negara-negara anggota NATO.
Jadi, efeknya akan beruntun. Itulah yang harus diperhitungkan masak-masak oleh Presiden SBY sebelum mendeklarasikan konfrontasi dengan Malaysia. Rakyat pun harus memahami hal ini supaya tidak gelap mata mendesak perang dengan Malaysia.
Btw, Mohon diingat, ini merupakan pendapat pengamat militer UI, bukan berarti ini merupakan alasan sebenarnya dari pemerintah kita. Saya yakin pemerintah Indonesia lebih mengedepankan jalur diplomasi & negoisasi yang damai.

Powered by Yahoo! Answers