Portal Berita Indonesia

Siapa Sih Sekutu Indonesia ?

Siapa Sih Sekutu Indonesia ? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Siapa Sih Sekutu Indonesia ?

Q: sekutu malaysia kan inggris, australia, selandia barutapi kalau sekutu indonesia siapa ? A. Malaysia itu khan masuk dalam negara2 PERSEMAKMURAN/COMMOMWEALTH.Dimana yang menjadi anggotanya adalah negara2 ex koloni Inggris.Jadi wajar kalau Malaysia dapat bantuan teknis atau non teknis dari Inggris.Contohnya,mobil2 operasional militer mereka kebanyakan buatan Inggris,LAND ROVER DEFENDER.Beda dengan Thailand,dimana negara ini disokong oleh USA [...]

Rating: 4

Q: sekutu malaysia kan inggris, australia, selandia baru
tapi kalau sekutu indonesia siapa ?

A. Malaysia itu khan masuk dalam negara2 PERSEMAKMURAN/COMMOMWEALTH.Dimana yang menjadi anggotanya adalah negara2 ex koloni Inggris.Jadi wajar kalau Malaysia dapat bantuan teknis atau non teknis dari Inggris.Contohnya,mobil2 operasional militer mereka kebanyakan buatan Inggris,LAND ROVER DEFENDER.Beda dengan Thailand,dimana negara ini disokong oleh USA dalam hal militer.Indonesia seh,campur sari bro!Sebenarnya kita tidak mengenal sekutu atau bukan,karena Indonesia negara yang lebih mementingkan perdamaian.Latihan2 gabungan antar negara,cuma sebatas mempererat kerja sama,dan menyamakan sikap profesionalisme diantara para prajurit masing2 negara.Kalau jaman Presiden Sukarno,Indonesia lebih condong menjalin kerjasama pertahanan dengan Uni Sovyet serta China.Karena Bung Karno,anti betul dengan negara2 kolonialis barat,macam USA,Inggris.Masa itu,banyak peralatan tempur kita disuplai oleh negara komunis tersebut.Bahkan kita jadi yang terbesar buat Asia Tenggara&Pasifik,dalam hal Alusista.Khususnya kekuatan angkatan udara kita.Dari catatan sejarah,kita(TNI-AU),punya kemampuan tempur udara sebanding dengan negara2 barat.Pesawat jet dan bomber yang canggih masa itu,kita punya.Australia saja sampai ketar ketir,melihat sosok militer kita saat itu.Jaman itu emang TNI-AU ibarat anak emasnya Bung Karno.Sementara TNI-AD,TNI-AL tidak begitu diistimewakan.Kondisinya terbalik pada jaman Soeharto.Justru TNI-AD yang diberikan perhatian lebih(maklum,Pak Harto khan Angkatan Darat).
informasi tentang jurusan hubungan internasional . . .?
Q: aku mau nanya ni soal jurusan hubungan internasional.
soalnya aku uda kelas 3 SMA dan sudah saatnya menentukan jurusan di univeristas nanti.
aku sepertinya agak tertarik dengan hubungan internasional. karena itu, tolong beri aku informasi tentang hubungan internasional. belajarnya tentang apa aja? trus prospek kerjanya nanti bagaimana? trima kasih . . .

A. Fakultas Hubungan Internasional (HI) mempelajari tentang politik internasional, ekonomi internasional, hukum internasional, belajar ttg Jepang dan negara industri baru, tentang HI di kawasan, di Eropa, di Timur Tengah, di Asia Pasifik dan di kawasan lainnya.

Mengetahui juga isu2 internasional yang sedang dihadapi dunia sekarang ini (misalnya ttg krisis energi dan global warming). belajar tentang sejarah dunia, misalnya tentang pengeboman hiroshima-nagasaki, tentang perang israel-palestina, perebutan air diwilayah timur tengah, tentang perang dunia, sejarah perang dingin, mengetahui tentang perang dan perdamaian dan mencari tahu dengan menggunakan konsep HI akar dan penyelesaian masalah tersebut.

Untuk lengkapnya, mata kuliah yang diajarkan adalah sbb:

Mata Kuliah Keahlian (Kurikulum Nasional)
- Pengantar Ilmu Hubungan Internasional
- Diplomasi
- Teori Politik Internasional
- Pemikiran Politik Indonesia
- Azas Hukum Internasional
- Teori Perbandingan Politik
- Organisasi dan Administrasi Internasional
- Politik Internasional
- Politik Luarnegeri Indonesia
- Hukum Internasional
- Teori Hubungan Internasional
- Studi Wilayah Asia Pasifik
- Sistim dan Politik Pemerintahan AS
- Sistim Pemerintahan RI
- Studi Wilayah Eropa
- Masalah Pembangunan Politik
- Geopolitik Asia Tengara
- Sosiologi Politik
- Teori Politik
- Dunia III dalam Hubungan Internasional
- Studi Wilayah Asia Tenggara
- Studi Wilayah Asia Timur
- Ideologi dan Ketahan Nasional
- Integrasi Eropa
- Hukum Perdata Internasional
- Kerjasama Regional Asia Pasifik
- Politik dan Pemerintahan RRC
- Politik dan Pemerintahan Jepang
- Politik dan Pemerintahan Australia
- Studi Wilayah TimurTengah
- Perdagangan Internasional
- Seminar Masalah HI

Mata Kuliah Pilihan Jurusan (MKPJ)
- Studi Amerika Latin
- Hukum Laut Internasional
- Insurgensi dan Revolusi
- Pemikiran Politik Timur
- Pemikiran Politik Barat

Mata Kuliah Pilihan Umum (MKPU)
- Humas
- Ekonomi Moneter
- Kepemimpinan
- Ekonomi Pembangunan

Peluang kerja lulusan Hubungan Internasional antara lain di bidang/sektor : organisasi pemerintah dan non-pemerintah, perdagangan luar negeri, diplomasi, masalah-masalah luar negeri, pelayanan humaniter, politik, peneliti, perusahaan multinasional, pendidikan dan media massa, baik cetak maupun elektronik.

apa yang dimaksud dengan kerjasama regional ASEAN?
Q:

A. Mo berbagi ah, bro

Hubungan kerjasama regional ASEAN-Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.

Mdh2an bermanfaat ya…

apakah sudah tepat jika pemanfaatan SDA dikerjasamakan dgn ngra maju, pdhal di asia tenggara SDAnya melimpah?
Q:

A. Pengelolaanya seyogyanya dilakukan oleh negara, tidak diserahkan kepada swasta dalam negeri maupun baik dalam bentuk kerjasama, kontrak maupun yang lainnya. Sehingga sumber energi fosil ini dikuasai dan dikelola oleh negara untuk kepentingan masyarakat. Dengan pengelolaan seperti ini, maka penggunaan energi akan efektif. Negara lain hanya diperbolehkan untuk membeli energi dari Negara. Dengan sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia sesungguhnya Indonesia tidak akan kekurangan pangan juga energi, selama pengelolaan yang dilakukan adalah pengelolaan yang tepat. Selama ini yang menghabiskan cadangan minyak Indonesia bukan anak negeri ini namun justru orang-orang asing yang telah âmembeliâ kekayaan kita dengan limbah.

Powered by Yahoo! Answers