Portal Berita Indonesia

Sebutkan Contoh-contoh Barang Yang Terbuat Dari Sampah?

Sebutkan Contoh-contoh Barang Yang Terbuat Dari Sampah? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Sebutkan Contoh-contoh Barang Yang Terbuat Dari Sampah?

Q: daun-daun kering, tangkai, bunga-bunga kering dan lain-lain A. Material-material yang dapat didaur ulang dan prosesnya diantaranya adalah:Bahan bangunan Material bangunan bekas yang telah dikumpulkan dihancurkan dengan mesin penghancur, kadang-kadang bersamaan dengan aspal, batu bata, tanah, dan batu. Hasil yang lebih kasar bisa dipakai menjadi pelapis jalan semacam aspal dan hasil yang lebih halus bisa [...]

Rating: 5

Q: daun-daun kering, tangkai, bunga-bunga kering dan lain-lain

A. Material-material yang dapat didaur ulang dan prosesnya diantaranya adalah:
Bahan bangunan

Material bangunan bekas yang telah dikumpulkan dihancurkan dengan mesin penghancur, kadang-kadang bersamaan dengan aspal, batu bata, tanah, dan batu. Hasil yang lebih kasar bisa dipakai menjadi pelapis jalan semacam aspal dan hasil yang lebih halus bisa dipakai untuk membuat bahan bangunan baru semacam bata.
Baterai

Banyaknya variasi dan ukuran baterai membuat proses daur ulang bahan ini relatif sulit. Mereka harus disortir terlebih dahulu, dan tiap jenis memiliki perhatian khusus dalam pemrosesannya. Misalnya, baterai jenis lama masih mengandung merkuri dan kadmium, harus ditangani secara lebih serius demi mencegah kerusakan lingkungan dan kesehatan manusia.
Baterai mobil umumnya jauh lebih mudah dan lebih murah untuk didaur ulang.
Barang Elektronik

Barang elektronik yang populer seperti komputer dan handphone umumnya tidak didaur ulang karena belum jelas perhitungan manfaat ekonominya. Material yang dapat didaur ulang dari barang elektronik misalnya adalah logam yang terdapat pada barang elektronik tersebut (emas, besi, baja, silikon, dll) ataupun bagian-bagian yang masih dapat dipakai (microchip, processor, kabel, resistor, plastik, dll). Namun tujuan utama dari proses daur ulang, yaitu kelestarian lingkungan, sudah jelas dapat menjadi tujuan diterapkannya proses daur ulang pada bahan ini meski manfaat ekonominya masih belum jelas.
Logam

Besi dan baja adalah jenis logam yang paling banyak didaur ulang di dunia. Termasuk salah satu yang termudah karena mereka dapat dipisahkan dari sampah lainnya dengan magnet. Daur ulang meliputi proses logam pada umumnya; peleburan dan pencetakan kembali. Hasil yang didapat tidak mengurangi kualitas logam tersebut.
Contoh lainnya adalah alumunium, yang merupakan bahan daur ulang paling efisien di dunia. Namun pada umumnya, semua jenis logam dapat didaur ulang tanpa mengurangi kualitas logam tersebut, menjadikan logam sebagai bahan yang dapat didaur ulang dengan tidak terbatas.
Bahan Lainnya

Kaca dapat juga didaur ulang. Kaca yang didapat dari botol dan lain sebagainya dibersihkan dair bahan kontaminan, lalu dilelehkan bersama-sama dengan material kaca baru. Dapat juga dipakai sebagai bahan bangunan dan jalan. Sudah ada Glassphalt, yaitu bahan pelapis jalan dengan menggunakan 30% material kaca daur ulang.
Kertas juga dapat didaur ulang dengan mencampurkan kertas bekas yang telah dijadikan pulp dengan material kertas baru. Namun kertas akan selalu mengalami penurunan kualitas jika terus didaur ulang. Hal ini menjadikan kertas harus didaur ulang dengan mencampurkannya dengan material baru, atau mendaur ulangnya menjadi bahan yang berkualitas lebih rendah.
Plastik dapat didaur ulang sama halnya seperti mendaur ulang logam. Hanya saja, terdapat berbagai jenis plastik di dunia ini. Saat ini di berbagai produk plastik terdapat kode mengenai jenis plastik yang membentuk material tersebut sehingga mempermudah untuk mendaur ulang. Suatu kode di kemasan yang berbentuk segitiga 3R dengan kode angka di tengah-tengahnya adalah contohnya. Suatu angka tertentu menunjukkan jenis plastik tertentu, dan kadang-kadang diikuti dengan singkatan, misalnya LDPE untuk Low Density Poly Etilene, PS untuk Polistirena, dan lain-lain, sehingga mempermudah proses daur ulang.
Jenis kode plastik yang umum beredar diantaranya:
PET (Polietilena tereftalat). Umumnya terdapat pada botol minuman atau bahan konsumsi lainnya yang cair.
HDPE (High Density Polyethylene, Polietilena berdensitas tinggi) biasanya terdapat pada botol deterjen.
PVC (polivinil klorida) yang biasa terdapat pada pipa, rnitur, dan sebagainya.
LDPE (Low Density Polyethylene, Polietilena berdensitas rendah) biasa terdapat pada pembungkus makanan.
PP (polipropilena) umumnya terdapat pada tutup botol minuman, sedotan, dan beberapa jenis mainan.
PS (polistirena) umum terdapat pada kotak makan, kotak pembungkus daging, cangkir, dan peralatan dapur lainnya

Buat Ibu-Ibu Nech Yang Udah Punya Anak?
Q: bagaimana Cara mengatasi anak yang susah sekali untuk tidur, tidurnya selalu malam-malam banget setiap hari antara jam 10 atau tdk jam11 malam saya sudah usaha berbagai cara supaya dia tidur tapi tetap tidak mau, dia masih tetap aja main, trus kadang tengah malam suka nangis histeris tanpa sebab, mohon antuan nya ya ibu-ibu sekalian jawaban nya saya tunggu banget, karena saya sudah bingung,
terima kasih sebelumnya atas jawaban yang diberikan, saya sudah coba melakukan segala cara untuk membawa nya tidur tapi tetap saja tidak mau bahkan saya sudah coba dngan mematikan lampu tapi tetap saja tdk mau, untuk sekedar informasi anak saya belum genap 1 tahun, tgl 7 ini baru satu tahun

A. Assalamualaikum,saya akan sedikit berbagi pengalaman saya mengasuh anak yang mungkin dapat menjawab pertanyaan ibu,
- Menjelang jam tidur,
1. saya tidak memberi makanan "berat" kepada anak saya,karena proses mencerna makanan berat membuat tubuh aktif bekerja.
2. Anak hanya diperbolehkan main di tempat tidur & itu juga hanya permainan ringan, kalau saya biasanya mendampinginya tidur-tiduran sambil bercanda,bercerita/berimprovisasi dengan membawa mainan boneka binatang,mainan binatang yg terbuat dari bahan karet dan diiringi lagu rohaninya opick.
3. Saya tidak membiasakan anak tiduran sambil minum dari dot, sebelum tidur minum susu pakai gelas bila perlu pakai sedotan & setelahnya diberi air putih untuk menghilangkan sisa susu yang menempel pada gigi.
4. Saya memperkenalkan kamar mandi & mengajari anak menggunakan kamar mandi sejak dini & sebelum tidur wajib pipis dahulu.
5. Bila memungkinkan jangan ada aktifitas lain dari orang tua menjelang jam tidur anak, sebisa mungkin dampingi anak.
Mungkin sedikit tips dari saya ini dapat membantu ibu.
Gimana cara ngebuat jembatan spaghetti yang kuat?
Q: Harap dijawab dengan serius ya…

A. Gunakan konsep "Geometri"

bidang segitiga adalah bidang paling kuat untuk tekanan pada sudut2nya
untuk bidang memanjang… gunakan bentuk geometi melingkar
agar distribusi tekanannya merata

hehe… yah saya sih bukan anak sipil/ arsitek
hehe tapi saya dulu suka maen pakai mainan bongkar pasang

wah buat kontes yah???
hehe.. soalnya dulu jaman saya masih kecil
ada tuch kontesnya di TV
bikin jembatan pake sedotan, pake gagang es krim, dll
walah kalo spaghetti…
hehe jangan2 yang ngadain kontes.. restorant Italia ya :P

hehe gunakan imajinasi anda
saran saya..
gunakan pengembangan dari bentuk dasar.. jembatan yang ada

seperti
beam bridges, cantilever bridges, arch bridges, suspension bridges, cable-stayed bridges and truss bridges.

silahkan baca dan lihat2 di >>>
http://en.wikipedia.org/wiki/Bridge

kamu lihat aja bentuk dasar dari jembatan yang umum dibuat manusia
terus kembangin imajinasi kamu… gimana buatnya dengan batang spaghetti :) tetapi tambahan dari saya… khan spaghetti batangan tuh… semakin banyak bentuk geometri "segitiga" maka semakin kuat jembatan kamu…

Mau tanya tentang biologi (ekosistem)?
Q: 1.Mengapa limbah anorganik sukar diuraikan oleh proses alami? (jelaskan)
2.Sebutkan contoh hasil-hasil daur ulang limbah anorganik!

A. 1.Limbah anorganik sulit diurai oleh mikroorganisme sebab unsur karbonnya membentuk rantai kimia yang kompleks dan panjang. Limbah yang sulit terurai ini, berpengaruh pada kemampuan tanah menyerap air.Merupakan limbah yang berasal dari makhluk tidak hidup yang sifatnya tidak mudah busuk seperti kertas, plastik, dan bahan-bahan sintetis/buatan. Contohnya: sampah kemasan bahan pangan. Intinya limbah anorganik susah terurai karena unsur karbonnya membentuk ikatan rantai kimia yang kompleks dan panjang sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa terurai dengan tanah, tidak seperti limbah organik yang mudah terurai.
2.Beberapa limbah anorganik yang dapat dimanfaatkan melalui proses daur ulang, misalnya plastik, gelas, logam, dan kertas.

1. Limbah plastik
Limbah plastik biasanya digunakan sebagai pembungkus barang. Plastik juga digunakan sebagai perabotan rumah tangga seperti ember, piring, gelas, dan lain sebagainya. Keunggulan barang-barang yang terbuat dari plastik yaitu tidak berkarat dan tahan lama. Banyaknya pemanfaatan plastik berdampak pada banyaknya sampah plastik. Padahal untuk hancur secara alami jika dikubur dalam tanah memerlukan waktu yang sangat lama. Cobalah kalian kubur sampah plastik selama beberapa bulan, kemudian gali lagi penutup tanahnya dapat dipastikan bahwa plastik tersebut akan tetap utuh. Karena itu, upaya yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan limbah plastik untuk didaur ulang menjadi barang yang sama fungsinya dengan fungsi semula maupun digunakan untuk fungsi yang berbeda. Misalnya ember plastik bekas dapat didaur ulang dan hasil daur ulangnya setelah dihancurkan dapat berupa ember kembali atau dibuat produk lain seperti sendok plastik, tempat sampah, atau pot bunga. Plastik dari bekas makanan ringan atau sabun deterjen dapat didaur ulang menjdai kerajinan misalnya kantong, dompet, tas laptop, tas belanja, sandal, atau payung. Botol bekas minuman bisa dimanfaatkan untuk membuat mainan anak-anak. Sedotan minuman dapat dibuat bunga-bungaan, bingkai foto, taplak meja, hiasan dinding atau hiasan-hiasan lainnya.

2. Limbah logam
Sampah atau limbah dari bahan logam seperti besi, kaleng, alumunium, timah, dan lain sebagainya dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Sampah dari bahan kaleng biasanya yang paling banyak kita temukan dan yang paling mudah kita manfaatkan menjadi barang lain yang bermanfaat. Sampah dari bahan kaleng dapat dijadikan berbagai jenis barang kerajinan yang bermanfaat. Berbagai produk yang dapat dihasilkan dari limbah kaleng di antaranya tempat sampah, vas bunga, gantungan kunci, celengan, gift box, dan lain-lain.

3. Limbah Gelas atau Kaca
Limbah gelas atau kaca yang sudah pecah dapat didaur ulang menjadi barang-barang sama seperti barang semula atau menjadi barang lainseperti botol yang baru, vas bunga, cindera mata, atau hiasan-hiasan lainnya yang mempunyai nilai artistik dan ekonomis.

4. Limbah kertas
Sampah kertas kelihatannya memang mudah hancur dan tidak berbahaya seperti sampah plastik. Namun walau bagaimanapun yang namanya sampah pasti menimbulkan masalah jika berserakan begitu saja. Sampah dari kertas dapat didaur ulang baik secara langsung ataupun tak langsung. Secara langsung artinya kertas tersebut langsung dibuat kerajinan atau barang yang berguna lainnya. Sedangkan secara tak langsung artinya kertas tersebut dapat dilebur terlebih dahulu menjadi kertas bubur, kemudian dibuat berbagai kerajinan.
Hasil daur ulang kertas banyak sekali ragamnya seperti kotak hiasan, sampul buku, bingkai photo, tempat pinsil, dan lain sebagainya.

Powered by Yahoo! Answers