Portal Berita Indonesia

Rivalitas Paling Fenomenal Dalam Sejarah Catur Kasparov vs Karpov

Rivalitas Paling Fenomenal Dalam Sejarah Catur Kasparov vs Karpov Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Rivalitas Paling Fenomenal Dalam Sejarah Catur Kasparov vs Karpov

Rivalitas dalam dunia Olahraga adalah sah-sah saja, hal yang sangat wajar dan sering terjadi di dunia Olahraga sebagai contoh saat ini ada C.Ronaldo dan Messi dan kita akan melihat ke Cabang Olahraga lain yaitu Catur tentunya bagi anda penggila Olahraga Catur tentu dengar Nama-nama Besar yang menjadi rival Anatoly Karpov dan Garry Kasparov kan. mari [...]

Rating: 4

Rivalitas dalam dunia Olahraga adalah sah-sah saja, hal yang sangat wajar dan sering terjadi di dunia Olahraga sebagai contoh saat ini ada C.Ronaldo dan Messi dan kita akan melihat ke Cabang Olahraga lain yaitu Catur tentunya bagi anda penggila Olahraga Catur tentu dengar Nama-nama Besar yang menjadi rival Anatoly Karpov dan Garry Kasparov kan. mari kita bahas tentang Rivalitas kedua nya.

Anatoly Karpov dan Garry Kasparov sama-sama merupakan grandmaster catur dan juara dunia. Karpov menjadi lawan tangguh bagi Kasparov sampai akhir tahun 1990-an. Keduanya lima kali terlibat dalam duel di kejuaraan dunia. Pertarungan Karpov dan Kasparov di tahun 1984 paling fenomenal dan mencuri perhatian.

kasparov vs karprovGarry Kasparov menjadi terkenal di dunia catur saat menyandang gelar Grandmaster termuda di dunia pada jamannya. Debutnya dimulai pada tahun 1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah. Saat mulai bertanding, Kasparov sempat tertinggal 5-0 dalam sebuah turnamen di mana pemenang yang terlebih dahulu mencapai angka 6 dinobatkan sebagai juara. Dalam pertandingan catur, satu kemenangan diberi nilai 1 sementara seri atau remis dan kalah tidak memperoleh nilai.

Pertandingan Catur Dunia tahun 1984 ini menjadi menarik, karena sekalipun sempat tertinggal, Kasparov berhasil mendekati Karpov setelah melewati tujuh belas kali remis. Beberapa pertandingan selanjutnya, Kasparov memenangi tiga pertandingan sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk keunggulan sementara di pihak Karpov. Pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan stamina kedua pemain telah sangat menurun. Karpov sendiri sempat harus dirawat di rumah sakit. Pertandingan dilanjutkan beberapa bulan kemudian. Rematch dilakukan di tahun 1985. Kasparov akhirnya keluar sebagai juara setelah memenangi 13-11 dari pertarungan yang dibatasi 24 game.

Setelah berhasil mengantongi gelar Juara Dunia, Kasparov selanjutnya berselisih dengan FIDE. Ia mendirikan sebuah organisasi serikat pecatur dunia dengan nama GrandMaster’s Association (GMA), yang mewakili suara para pecatur dalam aktivitas di dalam FIDE. Masalah Kasparov dengan FIDE berlangsung hingga tahun 1993, di mana penantang baru telah dipersiapkan oleh FIDE untuk menghadapi Kasparov Kejuaraan Dunia berikutnya. Kejadian menjadi sulit, karena baik Kasparov maupun Nigel Short sebagai juara dan penantang, sepakat untuk mengadakan pertandiangan mereka di luar FIDE, yaitu di bawah naungan organisasi catur baru yang didirikan Kasparov bernama Professional Chess Association (PCA). Sebagai akibatnya, baik Kasparov maupun Short dikeluarkan dari keanggotaan FIDE. Pertandingan antara Kasparov dan Nigel Short yang berlangsung di London, dimenangkan oleh Kasparov. Sebagai ganti Kasparov dan Short, FIDE menggelar pertandingan final Kejuaraan Dunia yang dilangsungkan antara Jan Timman dan juara dunia sebelumnya, Karpov. Pertandingan ini dimenangkan oleh Karpov. Sebagai hasilnya, pada saat itu terdapat dua juara dunia, yaitu Kasparov di bawah organisasi PCA, dan Karpov di bawah organisasi FIDE.