Portal Berita Indonesia

Pertanyaan Politik Partisipan?

Pertanyaan Politik Partisipan? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Pertanyaan Politik Partisipan?

Q: saya dan teman2 saya termasuk guru saya sendiri bersama-sama memiliki tugas untuk pelajaran ppkn di sekolah, karena buku yang sudah ada ternyata tidak sesuai dengan standart yang baru saja diberikan oleh diknas, sehingga ada materi2 yang baru yang harus dicari :1. Bentuk2 budaya partisipan2. Budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan bangsa3. Contoh budaya [...]

Rating: 4

Q: saya dan teman2 saya termasuk guru saya sendiri bersama-sama memiliki tugas untuk pelajaran ppkn di sekolah, karena buku yang sudah ada ternyata tidak sesuai dengan standart yang baru saja diberikan oleh diknas, sehingga ada materi2 yang baru yang harus dicari :
1. Bentuk2 budaya partisipan
2. Budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan bangsa
3. Contoh budaya politik partisipan
4. Contoh perilaku berperan aktif dalam politik.

tolong berikan sumbernya pula, kalau bisa sumbernya dari web, karena bila dari buku kami diharuskan untuk membawa buku tsb. thx

A. 1.Di sektor agraria, anda dapat temukan tetumbuhan tumpangan sari.
2.Penimbrungan obrolan dan,tentu saja bualan,yang kadung saya kira termasuk kesaktian dari pre-Pancasila, atau pre-school antisipasi para anti scholar dari sesuatu negara lain dari pada tidak sekolahan.
3.Turut bernaung disekolah yang sama,atau kelompok agamawan yang sama dengan tujuan yang sama dengan yang sebelum dan sesudah yang berikutnya.
4. Turut mencoblos/mentubles lingkungan sekitarnya dengan sexama.(provided as is,either).
contoh budaya politik partisipan?
Q: tolong dunkz berikancontoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyrakat,berbangsa & bernegara?

A. Budaya partisipan yaitu budaya dimana masyarakat sangat aktif dalam kehidupan politik, dan masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik sosial maupun ekonomi, tetapi masih bersifat pasif.
Yang jago PKN, mohon bantu saya?
Q: 1. Deskripsikanlah bentuk2 budaya politik partisipan, beserta contohnya!
2. Tuliskanlah contoh budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan budaya politik partisipan!jelaskan!
3. Tuliskanlah contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara!

Makasih, sy tunggu sampai selasa (25 september 2012)

A. 1. Bentuk-Bentuk Budaya Politik Partisipan
Sebagai komunitas warga negara yang terdidik dan terpelajar,hendaknya kita memiliki peran besar (partisipasi aktif)untuk melakukan perubahan politik yang lebih baik dan berbudaya. Melalui sarana pemilihan umum, kita dapat menjadikannya sebagai momen untuk mendorong perubahan sosial politik, politik ekonomi, budaya, dan lain-lain ke arah yang lebih baik dan demokratif melalui pemerintahanyang dipilah melalui pemilu, secara damai dan beradab (berbudaya). Semua itu dimaksudkan sebagai upaya melakukan pendidikan budaya politik partisipan (rakyat) yang lebih luas karena dengan demikian akan dapat digunakan sebagai salah satu rujukan untuk menentukan pilihan dalam pemilu secara arif, bijaksana, kritis, dan rasional.
Dalam setiap tahapan pemilu, kita sebagai simpatisan (kader) partai politik, ataupu kaum terpelajar tidak ada larangan untuk mengikutinya. Namun demikian, hal yang perlu dikedepankan dalam kampanye adalah situasi damai karena dalam kampanyenya sering kali terjadi persinggungan antar massa pendukung dari partai politik (simpatisan dan kader) partai politik. Bermula dari saling mengejek dan saling hina di antara mereka ketika berpapasan di jalan raya dalam situasi kampanye, perkelahian antar massa pendukung partai politik seringkali terjadi.
Untuk mewujudkan situasi seperti itu dibutuhkan toleransi yang besar terhadap kelompok yang berbeda pandangan politik dan juga sikap anti kekerasan. Pelajar yang ingin aktif dalam kampanye harus sadar bahwa tindakan brutal, kekerasan, dan keseluruhan hanya akan merusak situasi pemilu yang demokratis dan beradab. Untuk itu, kita harus sadar bahwa brutalisme, kekerasan, dan kerusuhan yang mengiringi proses pemilu sebenarnya adalah tindakan yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai demokratis dan budaya politik bangsa Indonesia. Albert Camus pernah mengatakan bahwa Iâ anarchie est Iâabus de la democratie, anarkisme adalah penyelewengan dari demokrasi.

2.Budaya politik yang sesuai :
a. ikut mencoblos pada saat pemilu
Budaya politik yang tidak sesuai partisipian :
a. tidak ikut mencoblos

3. 1. Kritis Memilih Partai Politik, Anggota Parlemen(DPR/DPRD dan DPD
2. Kritis Memilih Presiden dan Wakil Presiden

Apakah Saksi Saksi Yehuwa membantu masyarakat?
Q: Saksi saksi Yehuwa netral secara politik. Namun, mereka aktif membantu orang-2 dari semua ras dan latar belakang di lingkungan mereka. Pertimbangkan beberapa contoh:

1. ada sekitar 7 juta saksi Yehuwa diseluruh dunia yang menggunakan waktu lebih dari 1,5 milyar pertahun untuk mengajar orang-2 tentang isi alkitab dan bagaimana hal itu bisa membantu mereka mengatasi kebiasaan buruk, membina keluarga bahagia, dan meningkatkan mutu kehidupan.

2. Mereka mencetak dan membagikan bacaan secara cuma cuma lebih dari 500 bahasa, termasuk bahasa yang tidak memilki bacaan tercetak.

3. Mereka mengadakan kursus berbicara didepan umum [Public Speaking] yang telah membantu jutaan orang belajar mengutarakan diri dengan jelas.

4. Mereka mengadakan program melek huruf yang telah membantu puluhan ribu orang diseluruh dunia agar dapat membaca dan menulis.

5. Mereka telah mengorganisasi lebih dari 400 panitia Pembangunan Regional di seluruh dunia untuk melatih relawan dalam ketrampilan pembangunan sehingga dapat membangun pusat pusat pendidikan alkitab.

6. Mereka aktif memberikan bantuan kemanusiaan di seluruh dunia, baik kepada rekan saksi yehuwa maupun non saksi.

silahkan ditanggapi….sama star-nya..

A. sombong… sombong..

Powered by Yahoo! Answers