Portal Berita Indonesia

Pengertian SEATO,NATO,UNTAED?

Pengertian SEATO,NATO,UNTAED? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Pengertian SEATO,NATO,UNTAED?

Q: A. Southeast Asia Treaty Organization (SEATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk pertahanan kolektif yang ditandatangani pada 8 September 1954. Lembaga formal didirikan SEATO pada pertemuan mitra perjanjian di Bangkok pada Februari 1955. Hal itu terutama dibuat untuk memblokir lebih lanjut komunis keuntungan di Asia Tenggara.. Markas organisasi terletak di Bangkok, Thailand. SEATO dibubarkan pada [...]

Rating: 5

Q:

A. Southeast Asia Treaty Organization (SEATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk pertahanan kolektif yang ditandatangani pada 8 September 1954. Lembaga formal didirikan SEATO pada pertemuan mitra perjanjian di Bangkok pada Februari 1955. Hal itu terutama dibuat untuk memblokir lebih lanjut komunis keuntungan di Asia Tenggara.. Markas organisasi terletak di Bangkok, Thailand. SEATO dibubarkan pada tanggal 30 Juni 1977.

Anggota SEATO
⢠Australia Australia
⢠Bangladesh (as East Pakistan ) Bangladesh (sebagai Pakistan Timur)
⢠France Perancis
⢠New Zealand Selandia Baru
⢠Pakistan Pakistan
⢠Philippines Filipina
⢠Thailand Thailand
⢠United Kingdom Kerajaan Inggris
⢠United States Amerika Serikat

SEATO merupakan aliansi militer pimpinan AS didirakan tahun 1954 untuk membantu perlawanan terhadap ekspansi komunis di Asia Tenggara. SEATO merupakan keseimbangan tradisional dari pendekatan kekuasaan via aliansi eksternal untuk keamanan regional. Sejak Malaysia dan Singapura dikolonisasi oleh Inggris, mereka bukan lagi anggota SEATO. Indonesia juga menolak masuk sebagai anggota SEATO. Negara-negara baru ini memiliki pandangan bahwa masalah regional semestinya diselesaikan oleh badan lokal.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (bahasa Inggris: North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Nama resminya yang lain adalah dalam bahasa Perancis: l’Organisation du Traité de l’Atlantique Nord (OTAN).

UNTAET adalah pemerintahan transisi yang didirikan oleh Dewan Keamanan PBB
untuk membantu masyarakat Timor Timur selama masa menuju kemerdekaan.

Powered by Yahoo! Answers