Portal Berita Indonesia

Negara-negara Mana Yang Masuk Kategori Negara Berkembang Dan Negara Maju?

Negara-negara Mana Yang Masuk Kategori Negara Berkembang Dan Negara Maju? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Negara-negara Mana Yang Masuk Kategori Negara Berkembang Dan Negara Maju?

Q: A. G-8 adalah singkatan dari Group of Eight atau Kelompok Delapan yang merupakan koalisi delapan negara termaju di dunia yaitu Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Rusia. Dominasi ekonomi dan politik negara G-8 merupakan ancaman yang serius karena kelompok negara tersebut berjumlah hanya 14 persen dari total populasi dunia, tetapi menguasai [...]

Rating: 4

Q:

A. G-8 adalah singkatan dari Group of Eight atau Kelompok Delapan yang merupakan koalisi delapan negara termaju di dunia yaitu Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Rusia. Dominasi ekonomi dan politik negara G-8 merupakan ancaman yang serius karena kelompok negara tersebut berjumlah hanya 14 persen dari total populasi dunia, tetapi menguasai 63 persen atau sekitar dua per tiga Produk Domestik Bruto dunia yang setara dengan 28 triliun dolar.

Negara-negara G-8 juga menguasai 48 persen dari jumlah kekuatan dalam voting atau pengambilan suara di Dana Moneter Internasional (IMF). Keadaan yang serupa juga terjadi dalam lembaga Bank Dunia dan berbagai perjanjian perdagangan di forum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.

Perkembangan mencakup perkembangan sebuah infrastruktur modern (baik secara fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor bernilai tambah rendah seperti agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan-sendiri.

Penerapan istilah ‘negara berkembang’ ke seluruh negara yang kurang berkembang dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin, yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya, dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan.

Negara dikatakan berkembang jika diakui oleh Bank Dunia, IMF dan CIA.
Yang termasuk negara maju
Anggota Uni Eropa:
Austria
Belgia
Denmark
Finlandia
Prancis
Jerman
Yunani
Irlandia
Italia
Luxemburg
Belanda
Portugal
Spanyol
Swedia
Kerajaan Bersatu (Britania Raya, ‘Inggris’)

Yang termasuk negara berkembang
Asia bagian tenggara seperti,
Indonesia
Malaysia dan lainnya
pulau di wil Afrika pedalaman
materi referensi:
Maap q cuma tau itu saja

Powered by Yahoo! Answers