Portal Berita Indonesia

Naskah Perjanjian Internasional?

Naskah Perjanjian Internasional? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Naskah Perjanjian Internasional?

Q: teman – teman bantu saya ya, contoh naskah perjanjian internasional. saya udah muter muter di bah google tapi gak ketemu ketemu. ada yang tau gak link maupun website yang langsung saya tuju untuk download file naskah perjanjian internasional. A. 1.Penjajakan:Merupakan tahap awal yang dilakukan olehkedua pihak yang berunding mengenaikemungkinan dibuatnya suatu perjanjianinternasional.2. Perundingan:Merupakan tahap [...]

Rating: 4

Q: teman – teman bantu saya ya, contoh naskah perjanjian internasional. saya udah muter muter di bah google tapi gak ketemu ketemu. ada yang tau gak link maupun website yang langsung saya tuju untuk download file naskah perjanjian internasional.

A. 1.Penjajakan:
Merupakan tahap awal yang dilakukan olehkedua pihak yang berunding mengenaikemungkinan dibuatnya suatu perjanjianinternasional.
2. Perundingan:
Merupakan tahap kedua untuk membahassubstansi dan masalah-masalah teknis yang akandisepakati dalam perjanjian internasional.
Padatahap perundingan biasanya pihak-pihak yang terlibatdalam perjanjian mempertimbangkan terlebih dahulumateri-materi apa yang hendak dicantumkan dalamperjanjian. Pada tahap ini pula materi yang akandicantumkan dalam perjanjian ditinjau dari berbagaisegi, baik politik, ekonomi maupun keamanan.Tahap perundingan akan diakhiri denganpenerimaan naskah (adoption of the text) danpengesahan bunyi naskah (authentication of the text).Dalam praktek perjanjian internasional, pesertabiasanya menetapkan ketentuan mengenai jumlahsuara yang harus dipenuhi untuk memutuskan apakahnaskah perjanjian diterima atau tidak. Demikian pulamenyangkut pengesahan bunyi naskah yang diterimaakan dilakukan menurut cara yang disetujui semuapihak. Bila konferensi tidak menentukan carapengesahan, maka pengesahan dapat dilakukandengan penandatanganan, penandatanganansementara, atau dengan pembubuhan paraf
Perumusan Naskah:
Merupakan tahap merumuskan rancangansuatu perjanjian internasional. Atau merupakansuatu tahap dimana rancangan suatu perjanjianinternasional dirumuskan.
4. Penerimaan:
merupakan tahap menerima naskahperjanjian yang telah dirumuskan dan disepakatioleh para pihak. Dalam perundingan bilateral,kesepakatan atas naskah awal hasil perundingan
dapat disebut âPenerimaanâ yang biasanyadilakukan dengan membubuhkan inisial atau paraf pada naskah perjanjian internasional oleh ketuadelegasi masing-masing. Dalam perundinganmultilateral, proses penerimaan(acceptance/approval) biasanya merupakantindakan pengesahan suatu negara pihak atasperubahan perjanjian internasional.
5.Penandatanganan :
merupakan tahap akhirdalam perundingan bilateral untuk melegalisasisuatu naskah perjanjian internasional yang telahdisepakati oleh kedua pihak. Untuk perjanjianmultilateral, penandatanganan perjanjianinternasional bukan merupakan pengikatan dirisebagai negara pihak. Keterikatan terhadapperjanjian internasional dapat dilakukan melaluipengesahan(ratification/accession/acceptance/approval).
Carilah 3 contoh perjanjian bilateral dan 5 perjanjian multilateral ?
Q: Bantu ya temn2…..

A. Perjanjian bilateral: perjanjian antara korea utara dan korsel, Indonesia dengan Arab saudi tentang TKI, Iran dengan Rusia tentang nuklir. Perjenjian mulilateral : perjanjian antara beberapa negara, contoh antar negara Eropa, antar negara pemilik minyak (opec) dan antar negara Asia Pasifik (apec).
Contoh kerja sama dan perjanjian internasional & manfaat perjanjian internasional?
Q: 1. Berikan contoh kerja sama & perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia…
2. Tunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia…

A. Pada dasarnya hubungan nternasional suatu negara didasarkan pada dua prinsip: pacta sunt servanda, yaitu perjanjian harus dan hanya ditaati oleh pihakâpihak yang membuat perjanjian, dan primat hukum internasional, yaitu perjanjian internasional mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari undangâundang nasional suatu negara perserta perjanjian. Itulah hubungan antara perjanjian internasional dan hubungan internasional.Bentuk-bentuk perjanjian internasional dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Perjanjian Bilateral
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama antar dua negara. Misalnya, kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Singapura atau Amerika dengan Arab Saudi. Kerja sama bilateral bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. Pemerintah Indonesia sendiri telah mentandatangani perjanjian perdagangan dan ekonomi di Kawasan Asia Pasifik dengan 14 negara, di Afrika dan Timur Tengah dengan 10 negara, di Eropa Timur dengan 9 negar, di Eropa Barat dengan 12 negara dan di Amerika Latin dengan 7 negara.
2. Perjanjian Regional
Kerja sama regional merupakan kerja sama antara negara-negara sewilayah atau sekawasan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan perdagangan bebas antara negara di suatu kawasan tertentu. Bentuk kerja sama regional sudah dijajaki oleh PBB melalui pembentukan komisi regional yang dimulai dari Eropa, Asia Timur dan Amerika Latin. Komisi ini mengembangkan kebijakan bersama untuk masalah pembangunan khususnya pada bidang ekonomi. Kerja sama secara regional biasanya lebih pada hubungan dengan lokasi negara serta berdasarkan alasan historis, geografis, teknik, sumber daya alam dan pemasaran. Contoh-contoh bentuk kerja sama semacam ini, antara lain:
a. ASEAN (Association of South East Asia Nations) atau Perbara (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan kerja sama ini ditandai dengan Deklarasi Bangkok tanggal 8 Agustus 1967.
b. APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) atau kerja sama ekonomi kawasan Asia Pasifik. Kerja sama ini pertama kali dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke. Kerja sama ekonomi ini adalah forum kerja sama ekonomi terbuka, informal, tidak mengikat, dan tetap berjalan searah dengan aturan WTO (World Trade Organization) serta berbagai perjanjian internasional.

Powered by Yahoo! Answers