Portal Berita Indonesia

Mitos dan Fakta Kolesterol

Mitos dan Fakta Kolesterol Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Mitos dan Fakta Kolesterol

Kolesterol adalah sebuah lemak yang sering dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan kematian. Sebut saja jantung dan stroke. Kedua penyakit itu adalah penyakit yang sangat ditakuti khususnya bagi orang-orang yang mengalami permasalahan kolesterol. Kolesterol sesungguhnya dibutuhkan tubuh, tetapi peningkatan kadarnya, terutama jenis yang buruk, yaitu low density lipoprotein (LDL), cukup berpengaruh pada terjadinya PJK. Nah, [...]

Rating: 5

Kolesterol adalah sebuah lemak yang sering dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang bisa menimbulkan kematian. Sebut saja jantung dan stroke. Kedua penyakit itu adalah penyakit yang sangat ditakuti khususnya bagi orang-orang yang mengalami permasalahan kolesterol.

Kolesterol sesungguhnya dibutuhkan tubuh, tetapi peningkatan kadarnya, terutama jenis yang buruk, yaitu low density lipoprotein (LDL), cukup berpengaruh pada terjadinya PJK. Nah, sebenarnya seperti itu. Mungkin bisa ddikelompokkan ke dalam benda yang termasuk dilematis. Dimana kita membutuhkan. Namun apabila terlalu banyak akan berubah menjadi tidak sangat dibutuhkan lagi.

Kolesterol sendiri dibutuhkan manusia untuk pembentukan membran sel, beberapa hormon, dan vitamin D. Organ hati membuatnya dan menghubungkannya ke pembawa protein yang disebut lipoprotein, yang membuatnya larut dalam darah dan ditransportasikan ke seluruh bagian tubuh. So, Kolesterol memang sangat berperan penting dalam tubuh manusia. Tanpa Kolesterol mungkin kehidupan manusia juga akan berakhir.

Berikut beberapa mitos dan juga Fakta seputar Kolesterol yang saya kutip dari sebuah laman di kompas.com. Agar anda sekalian bisa mengetahui dan tidak salah lagi dalam berasumsi mengenai Kolesterol ini. Check This Out!

  1. Kolesterol itu Jahat (Mitos), karena seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Kolesterol juga sangat berperan dalam tubuh manusia. dan peranannya sungguh sangat penting.
  2. Semua level kolesterol yang tinggi membuat Anda berisiko terhadap penyakit. (Mitos) Mungkin yang perlu diperhatikan adalah bahwa Kolesterol itu ada dua macam yaitu LDL dan DHL (baik dan buruk)
  3. Gejala risiko tinggi kolesterol bisa dilihat. (Mitos) karena dari sebuah penelitian ditemukan bahwa satu dari lima orang yang berkolesterol tinggi di Amerika tidak sadar akan dampak adri Kolesterol itu sendiri. Yang mencuatkan pendapat di atas adalah seorang akan mengetahui bahwa dia mempunyai kolesterol yang tinggi ketika dia sudah sakit.
  4. Pengobatan menjadi satu-satunya cara untuk mengelola risiko tinggi kolesterol. (MItos) Karena cara yang benar adalah dengan diet dan olahraga secara teratur dan juga pengobatan
  5. Risiko tinggi kolesterol meningkatkan kemungkinan mengalami diabetes melitus tipe-2. (Fakta)
  6. Bila kolesterol total normal, Anda tidak berisiko mengalami serangan jantung atau stroke. (Mitos)
  7. Rokok dan alkohol bisa memengaruhi kolesterol Anda.(Fakta)
  8. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kolesterol pertama kali saat berusia 45.(Mitos)
  9. Menghilangkan daging, keju, dan lemak dari diet akan membuat semuanya baik-baik saja. (Mitos)
  10. Kolesterol setara dengan lemak.(Mitos)
  11. Antioksidan hanya memberi perlindungan terhadap kanker. (Mitos) Karena sesungguhnya AntioksidanĀ  juga melindungi terhadap kolesterol jahat.

Berikut beberapa mitos dan fakta tentang Kolesterol.ini semua agar anda tidak salah kaprah lagi dengan Kolesterol yang biasanya disebut-sebut sebagai penyabab beberapa orang meninggal. Benar sih namun kolesterol itu ada dua macam ada yang baik dan jahat.

Namun, supaya anda tidak ragu lagi akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter yang khusus mengerti akan kolesterol agar anda lebih yakin dalam melakukan sesuatunya.