Portal Berita Indonesia

Mengapa Seseorang Perlu Minum Air Putih Sedikitnya 8 Gelas Setiap Hari?

Mengapa Seseorang Perlu Minum Air Putih Sedikitnya 8 Gelas Setiap Hari? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Mengapa Seseorang Perlu Minum Air Putih Sedikitnya 8 Gelas Setiap Hari?

Q: Saya pernah dengar pendapat dari teman saya bahwa setiap orang idealnya harus minum air putih sedikitnya 8 gelas setiap hari. Kenapa demikian? Mengapa harus minimal 8 gelas? Gelas ukuran berapakah?Terima kasih untuk penjelasannya. A. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas [...]

Rating: 4

Q: Saya pernah dengar pendapat dari teman saya bahwa setiap orang idealnya harus minum air putih sedikitnya 8 gelas setiap hari. Kenapa demikian?

Mengapa harus minimal 8 gelas? Gelas ukuran berapakah?
Terima kasih untuk penjelasannya.

A. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. itulah alasan mengapa tubuh membutuhkan sedikitnya 2-2,5 air setiap hari. Jika kita mengkonsumsi kurang dari 2-2,5 lt air/hari, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan
zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam
mempertahankan asupan air dalam tubuh
Rata-rata air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari, tercakup juga melalui keringat, nafas, tinja dll
Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe
memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang
dibutuhkan. Inilah dasar perhitungan kenapa kita butuh 2-2,5 liter air.
Di Indonesia ukuran liter dikonversi dengan gelas (250 ml) sehingga kebutuhan air 2 liter diterjemahkan dalam 8 gelas.

Pendapat berbeda diungkapkan oleh Dr. Joseph Mercola yang menolak saran yang menyatakan bahwa orang harus minum 8 gelas perhari dan menyimpulkan sebenarnya orang mendapatkan cukup air dari kebiasaan minum yang normal, seperti dari minuman yang menyertai
makan dan kegiatan yang lain dengan cara membiarkan rasa haus membimbing mereka.

Jadi silakan pilih yang mana?
Biarkan haus menuntun anda

Survei: suka minum air putih?
Q: Air putih kan baik tuh buat tubuh kita, minimal minumî° 8 gelas per hari ….

Pertanyaannya : kira kira berapa gelas air putih yang kalian minumî° setiap harinya?

â-̶̶â¢-̶̶â¢Ì¸Ïâ¢Ì¸Thank Youâ¢Ì¸Ïâ¢Ì¸-̶̶â¢-̶

A. suka
tak terkira berapa jumlahnya…
biasa sambil menyelam minum air… sampai kembung nih perut
Buat yg besok mau mulai puasa ada info penting?
Q: Tak terasa, satu hari lagi kita akan memasuki Bulan Ramadan. Senin (01/08/2011) pun akan jadi hari pertama bagi para umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa.

Agar tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan satu hari sebelum menjalankan puasa. Langkah ini diperlukan, untuk mencegah tubuh dehidrasi, lemas dan kekurangan energi selama puasa. Ini dia tipsnya, seperti dilansir About.

1. Jangan konsumsi makanan atau minuman mengandung banyak kafein dan gula. Mulailah perbanyak minum air putih lebih dari biasanya, misalnya 9 atau 10 gelas.

2. Konsumsilah makanan dalam porsi kecil setiap dua jam sekali, tapi hindari yang tinggi kandungan garamnya. Karena, sodium dalam garam bisa mengurangi kadar air dalam tubuh.

3. Menjelang malam, santaplah makanan tinggi karbohidrat, lengkap dengan protein, serat dan vitamin. Meskipun dini hari nanti Anda akan santap sahur, makan malam harus tetap dijalankan seperti biasa agar kebutuhan kalori tetap tercukupi untuk hari ini.

4. Bangunlah minimal satu jam lebih awal untuk santap sahur. Jadi, Anda bisa menikmati makanan dengan santai dan perlahan, juga memberi waktu bagi lambung untuk beradaptasi menerima makanan di luar jam makan biasanya.

5. Jangan makan terburu-buru saat sahur, karena bisa menyebabkan perut ‘kaget’ dan mengalami konstipasi. Hindari juga makanan pedas dan terlalu banyak lemak. Makanan ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perut mual dan perih.

6. Biasakan Anda sudah selesai makan sahur, 15 menit sebelum tiba waktu berpuasa (adzan subuh). Pergunakan waktu ini untuk minum segelas air putih, bersantai sebentar dan gosok gigi.

BQ: apakah puasa anda tahun lalu pernah ad yg batal? karena hal apa?

tolong y infony di share, siapa tahu bisa membantu thx :D

siang :D
@dwi : dibaca yg jelas gan, cuma buat hari ini aj bkn bsk masuk puasa =="

A. terima kasih atas infonya. mohon maaf lahir batin :)

BQ: iya. biasa perempuan

saya orgnya jarang aktivitas.tapi saya setiap hari minum air putih minimal 2.5liter..apakah itu kelebihan??
Q:

A. Bila anda minum air putih diatas 2.5 liter perhari, berarti anda sedang menjalani yang namanya” terapi air putih". Terapi air putih ini sangat dianjurkan untuk penyembuhan banyak penyakit, diantaranya penyakit lambung, darah tinggi, penambah nafsu makan, awet muda, sakit penglihatan, dan banyak penyakit lainnya. Terapi cara ini sudah dikenal diseluruh dunia, dan sudah diakui khasiatnya.

Cara yang terbaik untuk minum sebanyak itu adalah: minumlah sebanyak mungkin air putih ketika baru bangun tidur dipagi hari (sebelum makan apa-apa).

Untuk pemula, sekali minum sebanyak 5 gelas belimbing dan dapat ditambah bertahap sesuai kemampuan.

Air putih yang dianjurkan adalah air yang sudah diembunkan semalam penuh dibawah udara terbuka. Untuk mencegah kotoran masuk, sebaiknya tutup wadah dengan kain bersih.
Dapat juga digunakan wadah dari gerabah tanah liat yang dapat menyerap udara dari pori-porinya, ini juga harus diembunkan semalam penuh, agar oksigen dapat terserap sempurna.

Untuk yang baru pertama terapi, minggu-minggu pertama akan sering-sering buang air kecil, tetapi lama-kelamaan akan normal, walaupun minum banyak.

Mengenai kelebihan atau tidak, tergantung pada peminumnya. Bila dirasa sudah sehat, silahkan mau dilanjutkan atau tidak. Kejelekannya paling-paling begini;, bila sudah terbiasa minum 2.5 liter perhari, pada suatu saat anda puasa atau tidak menemukan air sebanyak itu dalam sehari, mungkin anda akan kelabakan juga menahan haus.

Powered by Yahoo! Answers