Portal Berita Indonesia

Mengapa Nilai Tukar Rupiah Paling Rendah Di Dunia?

Mengapa Nilai Tukar Rupiah Paling Rendah Di Dunia? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Mengapa Nilai Tukar Rupiah Paling Rendah Di Dunia?

Q: Sebagai bangsa Indonesia saya malu punya mata uang Rupiah kursnya adalah paling rendah di dunia, dibawah nila mata uang negara-negara yang nggak layak masuk hitungan. Ini tanggungjawab Departemen Keuangan atau Bank Indonesia? Apakah para pejabat di kedua institusi yang digaji mahal-mahal itu nggak malu dan risih melihat hal ini? A. kalo maksudnya nilai nominal [...]

Rating: 4

Q: Sebagai bangsa Indonesia saya malu punya mata uang Rupiah kursnya adalah paling rendah di dunia, dibawah nila mata uang negara-negara yang nggak layak masuk hitungan. Ini tanggungjawab Departemen Keuangan atau Bank Indonesia? Apakah para pejabat di kedua institusi yang digaji mahal-mahal itu nggak malu dan risih melihat hal ini?

A. kalo maksudnya nilai nominal yang rendah, itu tidak bisa dibilang mencerminkan kondisi perekonomian secara keseluruhan, seperti halnya kita tidak bisa menilai bagus atau tidaknya sebuah perusahaan hanya berdasarkan nilai per-lembar sahamnya, tapi juga harus dilihat berapa volume total dari saham yang ada.

untuk sekedar menaikkan nilai rupiah saja, bisa dilakukan dengan cara memotong angka nol dibelakang, misalnya hal ini dilakukan oleh turki yang nilai mata uang liranya pada tahun 2001 mencapai titik terendah yaitu senilai 1,650,000 (satu juta enam ratus limapuluh ribu) terhadap 1 dollar amerika. pada july 2008, pemerintah turki memutuskan untuk memotong enam angka nol pada mata uangnya sehingga kurs lira saat ini menjadi 1.21 terhadap 1 dollar amerika. mungkin nanti jika kondisi rupiah sudah semakin parah pemerintah bisa saja mengambil langkah serupa.

sekedar informasi saja, biar agak bangga dikit, angka GDP indonesia secara total masih termasuk nomor 15 yang terbesar di dunia, hanya satu tingkat dibawah korea selatan.

pertanyaan seputar uang indonesia?
Q: 1. Mengapa Mata uang Indonesia adalah Rupiah ?
2. Kapan Uang Indonesia pertama kali digunakan ?
3. Saat kapan uang seharga 50 rupiah tidak digunakan ?
4. 50 Rupiah di tahun 1975 sama harganya dengan …. Rupiah di tahun ini.
5. Ada cepe, ada gope, ada seceng, ada goceng, ada gocap, lalu…ada apa lagi ?
6. Apakah ada di negara lain menggunakan 3D untuk memastikan asli-nya uang mereka ? sebutkan !
7. $US 100 sama dengan berapa rupiah ?
8. Berapa harga 1 permen di Amerika Serikat ? (pake mata uang AS)
9. Uang Indonesia terbuat dari apa ? ( yang lembar )
10. Seberapa susah membuat uang Indonesia ?

A. Rupiah

Rupiah adalah mata uang Negara Indonesia dengan kode mata uang(IDR)

Perkataan ârupiahâ berasal dari perkataan âRupeeâ, unit mata uang India . Indonesia telah menggunakan mata uang Guilder Belanda dari tahun 1610 hingga 1817 . Setelah tahun 1817 , dikenalkan mata uang Guilder Hindia-Belanda Timur . Mata uang rupiah pertama kali diperkelankan secara resmi pada waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia ke 2 . Setelah berakhirnya Perang Dunia II , bank jawa memperkenalkan mata uang rupiah jawa sebagai pengganti . Mata uang guilder nica yang dibuat oleh sekutu dan beberapa mata uang yang dicetak kumpulan gerilya juga berlaku pada masa itu .

Pada 2 November 1949 , empat tahun setelah merdeka Indonesia metepakan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru . Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada thn 1964 di Riau dan 19741 di Irian Barat . Krisis ekonomi Asia tahun 1998 menyebabkan niali rupiah jatuh sebanyak 35% dan membawa kejatuhan pemerintahan Soeharto .

Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi didagangkan dengan pinalti disebabkan kadar inflasi yang tinggi . Sejak November 2004 , kadar pertukaran rupiah lebih kurang 11.700 rupiah kepada 1 euro.

1. Sepertinya sudah ada pada penjelasan di atas.
2. Kurang tahu. Uang yang pertama kali terbit adalah Rp. 1 pada tahun 1970
3. Setahu saya, uang Rp. 50 masih berlaku, cuma nilainya sudah tidak begitu berharga
4. Mungkin harganya sama dengan 1000 rupiah pada zaman sekarang
5. Saya nambahin nich, masih ada yang 10 ribu, 20 ribu, dan 100ribu
6. Kurang tahu
7. 950.000, pake kurs 1 dollar = Rp. 9500
8. Kurang tahu, mungkin 1 sen
9. Terbuat dari suatu bahan sejenis kertas, untuk uang lembaran 100ribu, terbuat dari sejenis kertas yang elastis, jadi tidak mudah rusak
10. Kurang tahu

========================
Saya Arnold SuasanaSegar

kasih alasan mengapa kita jangan beli dinar??
Q: dengan resiko yang amat jauh ga berbanding bila bener2 menguat (misalkan beli 50.000 dinar cuma seharga 500rb apabila menjadi 1 dolar atau sekitar 9200 jadi 400juta lebih) mengapa saya harus melewatkan ini?? ada 5 bintang buat jawaban terbagus.
mengapa mereka jual dinar kok ga mereka beli sendiri?,ya karena jual dinar juga menguntungkan lah,lha kok ga di borong sendiri???emang kalau mau borong sendiri bisa abisin seluruh uang dinar apa????kan engga
saya ga bilang 1 tahun 2 tahun tapi 5-7 tahun.
kl saya baca2 sih sejarah2 dulu yang kena perang seperti kuwait dll mereka mampu balik lagi dengan waktu 5-7 tahun.
ok lah bilang kemungkinanya 5%,tapi apakah harus saya lewatkan berkorban 500rb untuk kemungkinan katakanlah 200 juta dengan kurs setengah dolar???apa ga sayang?? karena kalau saya salah saya ga akan jatuh miskin,tapi kalau saya tepat bisa beli mobil???
1. disimpan mana? masukin amplom masuk lemari beres,lha 50.000 dinar cuma 2 lembar aja pecahan 25.000

2. ya kalau jelas perkembangannya semua dah beli dinar,saya tau itu.tapi apakah anda memikirkan mengapa minyak dunia mahal saat ini??karena irak ga berproduksi!!negara2 berlomba2 memulihkan irak supaya harga minyak dunia bisa stabil dan produksi mereka jalan. lagi pula di sana kan ada liga arab (kaya asean kalau di asia) yang siap membantu.
3. menganti sebuah mata uang tuh ga segampang menganti baju!!banyak yang harus dipertimbangkan!!
mungkin yang jadi pemikiran saya cuma 2.
1. akankah irak pecah?karena suku disana sukar didamaikan.
2. adanya pemotongan nilai uang.

A. Ini analisa kawan, semoga bermanfaat….

==begin==
Tawaran bahwa kurs dinar Irak akan kuat lagi dalam beberapa tahun ke
depan?, per 03 Agustus 2007 1 dinar Irak = 0.0008 USD, lalu setelah
perang usai & Irak kembali normal tahun depan, 1 Dinar Irak akan
menjadi 1 USD, dan anda untung 1000% atau bahkan 10.000%, wow?
nipu banget tuh…kenapa?

KENAPA SAYA BILANG ITU TIDAK BENAR ALIAS MENIPU?
ILUSTRASI DAN ANALISIS:
Misallkan Per 03 Agustus 2008 Amerika Serikat angkat kaki dari Irak
karena tak kuat lagi menanggung biaya perang (misalnya). Apakah
nilai dinar Iraq akan menguat?, belum tentu, yg menyebabkan nilai
tukar mata uang suatu negara menguat adalah:
1. Cadangan devisa yang dimiliki
2. Aliran modal investati yang masuk (FDI) ke negara tsb
3. Nilai perdagangan luar negeri negara tersebut
4. Permintaan akan valuta negara tersebut (baik untuk keperluan
transaksi komersial maupun spekulatif)

Negara yang baru pulih dari perang biasanya tidak memiliki ke 4
faktor tersebut, untuk Irak mereka memiliki potensi & sumber daya
alam memang, tapi perlu waktu untuk pemulihan demokrasi, recovery
infrastrukur dll yang akan memakan waktu minimal 2 tahun. Perbaikan
nilai tukar yang terlalu parah juga menjadi program pemerintahan di
negara pasca konflik dan perang karena nilai tukar yang kuat
mencerminkan kepercayaan pasar dan akan mengundang investasi asing
masuk.

Nah pada tahap2 awal inilah pemerintah Iraq akan memiliki alternatif
untuk memperkuat nilai tuka mata uangnya dengan cara:
1. Memperkuat cadangan devisa dan menarik aliran investasi masuk
dengan segera dalam jumlah besar (bisa terjadi karena Irak memiliki
cadangan minyak bumi yang besar) dan prospek industri parawisata.
Perlahan tapi pasti nilai tukar akan membaik tapi tidak akan
signifikan sekali.

2.Setelah ekonomi mulai stabil dan mata uang Dinar kursnya membaik,
tapi tidak akan bisa kembali ke nilai yang setinggi dulu lagi, maka
untuk memperbaiki nilai tukar, pemerintah Irak akan melakukan
sanering (memotong nilai tukarnya yang sudah under valued), kalo 1
dinar Irak = 0,0008 USD, maka untuk membuat 1 Dinar Irak = 8 USD
diperlukan 100.000 Dinar, maka Bank Sentral Irak dapat mengumumkan
sanering untuk memperkuat nilai tukar: 100.000 Dinar Irak sekarang
bernilai 1 Dinar Irak. Saat sanering di lakukan biasanya di pasar
valuta & konsumen langsung akan panik dan inflasi membumbung tinggi
akhirnya harapan pemerintah Irak memperoleh 1 USD = 1 Dinar akan
lebih buruk hasilnya pada tahap awal. Itulah sebabnya jika suatu
negara memutuskan melakukan sanering pasti tidak akan terburu2 dan
dipublikasikan secara luas, dalam beberapa kasus, sanering malah
dilakukan diam2 dengan tujuan agar kurs yang baru stabil.

Nah?, lalu kenapa ada orang2 yang menawarkan investasi Dinar?
Sama seperti kasus penipuan undian berhadiah, hibah dari orang kaya
dan terkenal di dunia yang meninggal, atau money games ala
asiabersama di Internet, orang2 ini memanfaatkan ketidaktahuan
publik untuk mengeruk keuntungan pribadi. Pak Dudun, pemain valas
terbesar di dunia itu adalah wealth management yang mengelola dana2
perbankan, dana pensiun, dan reksa dana kelas dunia dan Bank Sentral
setiap negara yang selalu menjaga kekuatan kurs dan cadangan devisa
mereka, spekulan lainnya itu hanya mengikuti arus pasar saja.

Kalau informasi itu benar, maka sudah pasti para fund manager daer
wealth management dan dealer valas di bank yang membaca peluang ini
dan action duluan, tapi mereka tidak tertarik karena buat mereka ini
ngibul2 aja.

Ingat cerita penjual cara jitu menembus kode buntut yang trnyata
tidak pernah memasang kodenya itu sendiri?, nah seperti itulah para
pedagang kurs dinar Iraq itu. Bila mereka yakin dinar irak akan sangat menguntungkan, buat apa mereka menjual lagi dinar yang mereka beli ke orang lain? Lebih baik disimpan toh. Intinya: Jangan tertarik dengan
penawaran2 yang tidak dapat dipertanggungjawabkan legalitas dan
kebenarannya. Dinar irak lebih untuk koleksi, bukan untuk investasi.

END

Serba Amerika, mengapa?
Q: 1. mengapa bahasa inggris menduduki peringkat pertama dunia
2. mengapa amerika disebut negara adidaya (gmn ceritanye tuh, sehingga negara lain mau dijadikan anteknya? apa syarat2 utk membentuk negara adidaya dung?)
3. utang negara, ekspor & impor, kurs, suku bunga kok pake dollar? (Dinar Kuwait malah lebih keren!!)
4. untuk mencetak rupiah, klo memang butuh jaminan emas yang didepositkan di bank dunia (lagi2 di Amerika nih) berarti negara yg banyak emasnya nyantai2 aja dong semestinya, ya ga?

mungkin dari sekian Yahoo user ada yg bisa menjawab secara arif dan bijak, agar kita bisa memahami dan tidak terlalu sentimen dan menghujat Amerika atas kekurangtahuan kita.

A. 1. menurut sejarah, penjajah yang berhasil adalah Inggris, karena selain mendidik, memberikan kemerdekaan, juga ngajarin jadi kaya, makanya mereka menggunakan bhs sehari2 adalah bhs Inggris. dan karena jajahannya banyak makanya bahasa inggris menduduki peringkat pertama.
2. amerika disebut adidaya karena amerika itu punya senjata pemusnah massal sehingga negara lain takut dan banyak jg yg jadi temennya. Karena senjatanya nggak ada yg ngalahin maka banyak negara yg beli senjata ke amerika , jadi amerika selain punya senjata juga kaya dari jualan senjata maka amerika disebut adidaya.
3. kembali ke nomor 2, karena banyak yg beli ke amerika maka mata uang amerika dipake sebagai acuan bagi pembeli.
4. nah..ini dia, waktu sy di freeport ada anekdot begini =
bedanya org indonesia dan amerika adalah satu bongkah tanah dr freeport menurut org indonesia cari tembaganya lalu jual sisa tanah yg lain buang, terus menurut org amerika semua tanah dr freeport dibawa kesana lalu bagi untung tembaganya, padahal isi tanah itu ada emas, ada bauksit dll. Jadi kesimpulannya org indonesia masih di bodoh2in sama org asing .

Nah spy bangsa Indonesia nggak didikte oleh org asing, yuuk kita bangkit dari keterpurukan bangsa, belajar yg rajin, dobrak kemalasan, jauhi narkoba dan nggak nyari duit utk kepentingan sendiri saja.

salam

Powered by Yahoo! Answers