Portal Berita Indonesia

Langkah Cerdas Berinvestasi

Langkah Cerdas Berinvestasi Diulas oleh estyle pada . Artikel berikut membahas tentang Langkah Cerdas Berinvestasi

Berinvestasi adalah cara cerdas mempersiapkan kebutuhan jangka panjang. Beberapa jenis investasi yang banyak dipilih orang adalah investasi saham, reksa dana, surat berharga negara (SBN), dan obligasi. Sebelum Anda memilih satu diantaranya, Anda wajib mengetahui keuntungan dan kekurangan dari investasi-investasi tersebut serta mekanisme yang benar. Belum lama ini, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) [...]

Rating: 5

Berinvestasi adalah cara cerdas mempersiapkan kebutuhan jangka panjang. Beberapa jenis investasi yang banyak dipilih orang adalah investasi saham, reksa dana, surat berharga negara (SBN), dan obligasi. Sebelum Anda memilih satu diantaranya, Anda wajib mengetahui keuntungan dan kekurangan dari investasi-investasi tersebut serta mekanisme yang benar. Belum lama ini, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Kementerian Keuangan mengeluarkan panduan mekanisme investasi yang benar.

Pertama, tentukan seberapa besar uang yang akan Anda investasikan. Anda juga harus mempertimbangkan resiko yang mungkin Anda dapat dari jumlah uang diinvestasikan tersebut. Selain itu, ketahui waktu yang Anda butuhkan untuk memperoleh keuntungan dari uang yang Anda investasikan. Menabung di bank adalah cara yang paling mudah dan Anda bisa mengambilnya uangnya kapan saja, tapi tentu keuntungannya tidak sebesar investasi lain.

Di samping uang utama yang akan Anda investasikan, Anda juga perlu menyiapkan biaya investasi. Jika Anda berinvestasi maka di pihak yang lain (termasuk diantaranya manajer investasi, broker-dealer dan pihak yang menjual produk tersebut) tentu perlu menerima adanya sedikit keuntungan dari uang yang Anda investasikan juga, umumnya disebut komisi (fee). Ketahui berapa banyak fee dan biaya lain yang harus Anda keluarkan untuk setiap produk investasi.

Selanjutnya, rencanakan bagaimana Anda akan mengelola investasi tersebut. Tentukan cara Anda memonitor performa investasi Anda. Misalnya tentukan jika nilai invetasi Anda naik, apakah akan segera menjualnya atau sebaliknya. Sebagian investor mengatakan bahwa strategi buy-and-hold adalah yan terbaik untuk jangka panjang.

Langkah yang ketiga, perbanyak informasi tentang pilihan investasi Anda. Dapatkan referensi dari internet, buku, atau investor lain yang sudah ahli agar Anda semakin punya gambaran. Tentang informasi dari pihak yang menjual dan situs dari pihak yang menerbitkan adanya instrumen investasi tersebut akan sangat berharga. Begitu juga informasi yang berasal dari situs regulator (Bapepam-LK) dan bursa efek Indonesia tidak kalah pentingnya. Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Jika Anda sudah merasa mantap, barulah pilih produk investasi yang dirasa paling cocok. Ada baiknya juga mendiskusikan hal ini dengan keluarga, agar mereka juga siap dengan resiko yang mungkin muncul. Selamat berinvestasi.