Portal Berita Indonesia

Jurusan Kuliah?????????????????

Jurusan Kuliah????????????????? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Jurusan Kuliah?????????????????

Q: Sumpah,,,aku lagi bingung banget mau ambil jurusan apa nantinya,aku lagi nyari jurusan kuliah yang kedepannya mempunyai prospek lapangan kerja yang luas,khususnya di bangka,kira kira 5 tahun ke depan lapangan kerja apa yang lagi dibutuhin??aku lagi nyari informasi universitas di jakarta,tapi rasanya kurang,karena aku belum nemuin yang pas untuk milih jurusan dan kampusnya..Bingung banget nihhh…Pilih [...]

Rating: 5

Q: Sumpah,,,aku lagi bingung banget mau ambil jurusan apa nantinya,aku lagi nyari jurusan kuliah yang kedepannya mempunyai prospek lapangan kerja yang luas,khususnya di bangka,kira kira 5 tahun ke depan lapangan kerja apa yang lagi dibutuhin??
aku lagi nyari informasi universitas di jakarta,tapi rasanya kurang,karena aku belum nemuin yang pas untuk milih jurusan dan kampusnya..
Bingung banget nihhh…
Pilih kedokteran otakku gak bakal sanggup,pilih hukum belum taw prospeknya ke depan,pilih kebidanan blm taw informasinya,pilih sekretaris belum taw mau di kampus mana dan prospek ke depannya gimana???pilih pariwisata lum taw juga di pariwisata kelebihan dan kekurangan nya apa…
bingung!!!
plis yah kasih saran dan penjelasan dari kalian…

A. Koq bingung? Kl saran saya sih ngga usah liat yang lagi tren apa atau yg lg laku apa. Itu namanya "latah" donk.
Kamu sukanya apa? Apakah ilmu eksakta? atau ilmu sosial?
Kalau kamu "latah" ngikutin yg lg tren apaan, itu sama aja menjerumuskan diri sendiri. Contoh, misalnya di Bangka, IT lagi laku-lakunya tp kamu ngga suka komputer, ngoprek aja blm, blm lg misalnya km ngga suka ngitung coz d jurusan IT ada ngitung2nya jg. Kebayang kn gimana nanti jd nya?. Dan satu hal lg, kadang2 pekerjaan yg kita dapet berbeda dgn latar pendidikan. Misal, srjana kimia bisa kerja d bank?????. Saudara saya lulusan Pertanian UNPAD, sekrang kerjanya jd IT. Tuh kan, kejadian ky gini udh bnyk lho…

Ambil jurusan yang sesuai minat. Inget2 kamu punya hobi apa. Kamu suka menulis pilih jurusan sastra. kamu suka gambar, pilihlah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa. Atau kl km bingung, pilih berdasarkan latar belakang di SMA. Kl km IPA, pilih jurusan ranah IPA . Kl km IPS, pilih jurusan ranah IPS. Trs km liat, km menonjol d pelajaran apa atau km punya nilai bagus/lumaya di mana. Misal, oh ternyata saya bagus/lumayan/rada mendingan di Kimia, berarti km bs ngambil Teknik Kimia, Farmasi, Kimia Murni, Pendidikan Kimia, dan jurusam lain yg berhubungan dgn Kimia. Atau km lumayan di fisika, km bs ngambil jurusan teknik apapun.Atau km lumayan di biologi, bs ambil kedokteran, biologi, mikrobiologi. Gitu aja kl saran dari saya. Kl qta mampu menguasai ilmu dengan baik, bukan kita yg mencari pekerjaan tapi pekerjaanlah yg akan datang pd kita. Ngga usah mikirin prospek, jalanin aja dl dgn baik. Selamat berjuang.

Salah Pilih Jurusan Kuliah. HELP!!!?
Q: waktu SMA saya sangat menyukai pelajaran bahasa inggris dan nilai saya selalu paling bagus di kelas untuk pelajaran english :D saya pun berminat kuliah di Sastra Inggris UI, sangat berminat dan sangat tertarik..
Akhirnya saya mengikuti 2 ujian masuk yaitu UM UGM dan SIMAK UI. bodohnya, saya tidak memilih sastra inggris di UM UGM, itu juga di SIMAK UI saya memilih Sastra Inggris paralel (non reguler, biaya lebih mahal, daya tampung lebih gede)
itu semua saya lakukan karena takut ngga keterima sastra inggris karena saingannya ketat banget (pesimis di awal, jangan dicontoh)

eh.. akhirnya saya keterima di jurusan HUKUM UGM, pilihan pertama juga sih. dan memutuskan untuk mengambilnya. btw saya pilih hukum karena prospek kerjanya sangat luas dan tante saya dulu juga kuliah di hukum unpad dan dia saat ini sukses bekerja di bank *******
sebulan kemudian, pengumuman simak, saya keterima Sastra Inggris paralel ^^ betapa senang sekaligus sedih. beberapa hari saya jadi galau, akhirnya saya tetep milih HUKUM UGM…

sampai saat ini, sudah 3 semester IPK saya anjlok.. saya tidak semangat belajar hukum.. saya tidak suka.. saya merasa ga sreg ama jurusan ini!!!!
waktu SMA, saya tertarik dengan sastra dan seni, boro-boro saya nonton debat, berita, politik, hukum, bla bla bla dulu saya ga ngerti banget soal hukum.

ternyata emang bener, saya salah pilih jurusan! waktu itu saya takut banget ga keterima PTN, makanya saya pilih passing grade yang ga terlalu tinggi.. kebetulan sastra inggris reguler PGnya tinggi buanget dan membuat saya pesimis..
karena belajar hukum melulu, kemampuan bahasa inggris saya jadi bener2 blank, lupa pelajaran waktu di sekolah dulu. maunya sih les aja biar ingat lagi..

saya angkatan 2010 dan tahun ini saya masih bisa ikut SNMPTN dan SIMAK UI
saya juga ga enak sama orang tua, soalnya tahun ini adik saya lulus SMA dan juga mau kuliah. berarti biayanya double dong? trus biaya untuk kuliah saya yang dulu2 sia2 dong..

A. Wah mayan ribet ya…
Sebenernya harusnya sih dulu ketika mempertimbangkan jurusan bener-bener dipertimbangin dari segi minat dan bakatnya. Tapi toh semua udah terlanjur, ga guna juga disesalin.
Untungnya kesadaran ini datengnya masih di awal-awal, baru di semester 4. Bagus belom terlalu jauh ngelangkah.

Positifnya pindah jurusan adalah belajar jadi lebih nyaman dan menyenangkankarena sesuai keinginan (lebih bagus lagi kalo emang sesuai bakat). Semangat belajar juga bisa meningkat, nilai jadi lebih baik, lulus bisa tepat waktu, ga begitu kerasa capek, nantinya kerja sesuai minat, dsb. Tapi perlu diketahui juga bedanya ilmu sastra (literature) dan ilmu bahasa (linguistic), karena mempelajari seluk beluk bahasa, sejarahnya, dan hubungannya dengan bahasa-bahasa lain.

Negatifnya, sayang aja waktu dan biaya yang udah kepake di 2 taun pertama kemaren dan yang harus ditempuh/dibayar lagi nantinya. Dan belom ada jaminan bakalan lebih baik di jurusan selanjutnya kan? Tapi ga ada yang sia-sia, semua ilmu pasti bisa kepake. At least pengalaman kuliahnya. Dan mungkin aja kan ada kredit yang bisa ditransfer ke jurusan yang baru.

Sebaiknya sih dikonsultasiin sama orang tua dulu aja. Pasti orang tua bisa ngerti kalo emang ngerasa nggak nyaman, orang tua pasti pengen yang terbaik buat anaknya. Saran dari gue sih, coba juga aja konsultasi sama orang psikologi, di UGM ada semacam badan konsultasi psikologinya kan? Setau gue psiko UGM terkenal bagus. Gue rasa mereka bisa bantu mecahin masalah karena mungkin aja ada faktor yang lain yang bikin nggak ngerasa nyaman di Fak Hukum.

Untuk bahasa Inggrisnya, menurut gue sih ga perlu les dulu, justru yang lebih penting adalah ikut bimbel buat snmptn/simak/um nya. Di situ sedikit banyak belajar bahasa inggris juga. Dan kalo emang nanti keterima di Sastra Inggris, pasti diajarin juga di sana kan. Plus, ga mungkin kemampuan bahasa inggris yang dulu ilang begitu aja, mungkin hanya perlu di-recall

Oiya btw gue anak Psiko UI 2011, maaf ya kalo kesannya menggurui, ga ada maksud menggurui kok :) cuma pengen bantu aja. Maaf kalo kepanjangan dan ga begitu ngasih solusi ya hehe.

Good Luck :)

Jurusan Kuliah mana yang menurut anda cocok dengan saya?
Q: Saya adalah siswa kelas XI (naik kelas XII) jurusan IPA di salah satu SMA di Banjarmasin. Sekarang minat banget sih sama Jurusan Ilmu Politik FISIP UI karena saya rasa saya mengerti tentang kondisi perpolitikan dibanding teman-teman saya yg lain dan saya berminat kesana. Tapi mungkin ada saran yg lebih baik dari teman-teman semua. Saya orangnya suka bicara dan mengemukakan pendapat. Saya juga Alhamdulillah cukup pengalaman dalam organisasi dan Alhamdulillah sekarang masih menjabat Ketua OSIS di SMA saya. Kemudian saya kurang suka dan kurang bisa mapel fisika. Untuk fakultas-fakultas tekhnik sendiri saya masih bingung karena saya gak tau apa yang dikerjain di fakultas tekhnik itu. Saya juga suka berwirausaha. Jadi, menurut teman-teman semua jurusan mana yg lebih baik untuk saya yang bisa saya nikmati prosesnya saat kuliah nanti kemudian prospek kerjanya luas, mudah dapet kerja dan hasil kerjanya menjanjikan?

A. public relation
manajemen pemasaran
hukum
Tolong bantu Q yach…?
Q: Q adalah anak kls 3 SMA IPS, Q pengen kuliah di Unhalu, Kendari. Nah, jurusan apa yang paling bagus N prospek kerjanya luas di daerah Sulawesi Tenggara….???

A. kalo menurut saya.. kamu jangan hanya memikirkan prospek kerjanya saja.. tapi juga sesuaikan dengan minat dan bakat kamu..

Powered by Yahoo! Answers