Portal Berita Indonesia

Gejala-gejala stroke yang harus diketahui

Gejala-gejala stroke yang harus diketahui Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Gejala-gejala stroke yang harus diketahui

Tahukah anda kalau Stroke terjadi ketika aliran darah dari tubuh ke otak mengalami penurunan akibat penggumpalan atau pendarahan. Namun sebelum stroke menyerang, biasanya ada beberapa gejala yang bisa dijadikan panduan agar stroke bisa ditangani lebih cepat. Tidak mau kan jika anda mengalami stroke, berikut gejala-gejala stroke yang harus anda ketahui. Nyeri Nyeri pada dasarnya bukan [...]

Rating: 5

stroke-300x300Tahukah anda kalau Stroke terjadi ketika aliran darah dari tubuh ke otak mengalami penurunan akibat penggumpalan atau pendarahan. Namun sebelum stroke menyerang, biasanya ada beberapa gejala yang bisa dijadikan panduan agar stroke bisa ditangani lebih cepat. Tidak mau kan jika anda mengalami stroke, berikut gejala-gejala stroke yang harus anda ketahui.

Nyeri
Nyeri pada dasarnya bukan gejala yang selalu muncul pada penderita stroke. Tetapi jika nyeri muncul di bagian lengan, kaki, atau setengah bagian dada atau wajah, ini anda patut waspada.

Sakit kepala
Jika anda mengalami sakit kepala yang tiba-tiba menyerang dan tak tertahankan, anda patut waspada. Sakit kepala seperti ini rupanya juga termasuk salah satu gejala umum dari stroke.

Pandangan kabur
Stroke bisa membuat pandangan kabur atau bahkan hilang sama sekali. Sayangnya gejala ini sering diabaikan oleh banyak pasien stroke dan tidak menganggapnya sebagai indikasi stroke.

Sulit bicara
Stroke bisa mengganggu keterampilan mengekspresikan diri sendiri dan memahami ucapan. Ketika seseorang salah mengeja kata atau sulit berbicara, itu termasuk gejala stroke.

Cegukan
Cegukan memang menyebalkan. Tak hanya menyebalkan, cegukan juga termasuk indikasi bahwa seseorang terkena stroke. Sebab stroke memengaruhi fungsi otak yang mengurus pernapasan, khususnya pada wanita.

Kelelahan
Tubuh menunjukkan gejala lelah berlebihan, meski tidak melakukan aktivitas berat. Ini juga biasa terjadi pada penderita stroke. Selain itu, juga terjadi perubahan mental.

Lengan atau kaki lemas
Pada saat terserang stroke, biasanya lengan atau kaki atau keduanya tiba-tiba lemas dan mati rasa. Coba angkat tangan kanan dan kiri secara sejajar dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas selama 10 detik. Jika salah satu lengan terjatuh, artinya otot mengalami pelemahan yang merupakan gejala dari stroke.

Kehabisan napas
Suatu penelitian menyebutkan bahwa jika terasa sulit bernapas meski tidak sedang berlari atau melakukan aktivitas fisik, bisa jadi Anda terkena stroke. Ini kebanyakan terjadi pada wanita.

Ekspresi wajah
Ekspresi wajah yang mengalami pelemahan juga merupakan gejala dari stroke. Sebab biasanya ahli medis meminta pasien tersenyum sambil menunjukkan gigi. Jika tidak ada gerakan, artinya Anda terkena stroke.