Portal Berita Indonesia

Dampak Positif Dan Negatif Dari Kebijakan Sosial Pemerintahan Orde Baru?

Dampak Positif Dan Negatif Dari Kebijakan Sosial Pemerintahan Orde Baru? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Dampak Positif Dan Negatif Dari Kebijakan Sosial Pemerintahan Orde Baru?

Q: sebutkan dampak positif dan negatif dari kebijakan sosial pemerintahan orde baru? makasih^^ A. a. Dampak positif· Pemerintah mampu membangun pondasi yang kuat bagi kekuasaan lembaga kepresidenan yang membuat semakin kuatnya peran Negara dalam masyarakat.· Pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena setiap program pembangunan pemerintah terencana dengan baik dan hasilnya dapat dilihat secara nyata.· Indonesia mengubah [...]

Rating: 4

Q: sebutkan dampak positif dan negatif dari kebijakan sosial pemerintahan orde baru?

makasih^^

A. a. Dampak positif
· Pemerintah mampu membangun pondasi yang kuat bagi kekuasaan lembaga kepresidenan yang membuat semakin kuatnya peran Negara dalam masyarakat.
· Pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena setiap program pembangunan pemerintah terencana dengan baik dan hasilnya dapat dilihat secara nyata.
· Indonesia mengubah status dari Negara pengimpor beras terbesar menjadi bangsa yang memenuhi kebutuhan beras sendiri (swasembada beras).
· Penurunan angka kemiskinan yang diikuti dengan perbaikan kesejahteraan rakyat.
· Penurunan angka kematian bayi dan angka partisipasi pendidikan dasar yang semakin meningkat.
b. Dampak negatif
· Terbentuk pemerintahan orde baru yang bersifat otoriter, dominatif, dan sentralis.
· Otoritarianisme merambah segenap aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk kehidupan politik yang sangat merugikan rakyat.
· Pemerintah Orde Baru gagal memberikan pelajaran berdemokrasi yang baik dan benar kepada rakyat Indonesia. Golkar menjadi alat politik untuk mencapai stabilitas yang diinginkan, sementara 2 paratai lainnya hanya sebagai boneka agar tercipta citra sebagai Negara demokrasi.
· Sistem perwakilan bersifat semu bahkan hanya dijadikan topeng untuk melanggengkan sebuah kekuasaan secara sepihak. Dalam setiap pemilihan presiden melalui MPR Suharto selalu terpilih.
· Demokratisasi yang terbentuk didasarkan pada KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) sehingga banyak wakil rakyat yang duduk di MPR/DPR yang tidak mengenal rakyat dan daerah yang diwakilinya.
· Kebijakn politik teramat birokratis, tidak demokratis, dan cenderung KKN.
· Dwifungsi ABRI terlalu mengakar masuk ke sendi-sendi kehidupan bebangsa dan benegara bahkan pada bidang-bidang yang seharusnya masyarakat yang berperan besar terisi oleh personel TNI dan Polri. Dunia bisnis tidak luput dari intervensi TNI/Polri.
· Kondisi politik lebih payah dengan adanya upaya penegakan hukum yang sangat lemah. Dimana hukum hanya diciptakan untuk keuntungan pemerimtah yang berkuasa sehingga tidak mampu mengadili para konglomerat yang telah menghabisi uang rakyat.
· Kerusakan serta pencemaran lingkungan hidup dan sumber daya alam.
· Perbedaan ekonomi antar daerah, antar golongan pekerjaan, antar kelompok dalam masyarakat tersa semakin tajam.
· Terciptalah kelompok yang terpinggirkan (marginalisasi sosial)
· Menimbulkan konglomerasi dan bisnis yang erat dengan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).
· Pembangunan yang dilakukan hasilnya hanya dapat dinikmati oleh sebagian kecil kalangan masyarakat, pembangunan cenderung terpusat dan tidak merata.
· Pembangunan hanya mengutamakan pertumbuhan ekonomi tanpa diimbangi kehidupan politik, ekonomi, dam sosial yang demokratis dan berkeadilan.
· Meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat tapi secara fundamental pembangunan ekonomi sangat rapuh.
· Pembangunan tidak merata, tampak dengan adanya kemiskinan disejumlah wilayah yang justru menjadi peny umbang devisa terbesar seperti Riau, Kalimantan Timur, dan Irian. Faktor inilah yang selanjutnya ikut menjadi penyebab terpuruknya perekonomian nasional Indonesia menkelang akhir tahun 1997.
hiks…hiks… klik d sini plis… ;(?
Q: pertanyaan di bawah ini djwb yahc…
1. apakah dampak pendudukan Jepang dalam bidang pendidikan dan ekonomi
2. tuliskan 4 diantara 7 hasil konferensi meja bundar
3. Tuliskan isi pembangunan di masa orde baru!]
4. tuliskan program ekonomi kabinet!
5. Reformasi dibentuk pada tanggal 19 Mei 1998. jelaskan dampak negatif dan positif dari pembangunan industri!
pertanyaan niy juga kuu janji 5 bintang dech, yang penting jawabnny serius.. ocey!!!

A. #1. Dampak pendudukan Jepang di
Indonesia adalah sebagai berikut.
⢠Keuntungan:
1.
Kesempatan bagi bangsa Indonesia
untuk menjadi birokrat.
2.
Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
3.
Status sosial pribumi mengalami kenaikan.
4.
Adanya kesempatan bagi rakyat Indonesia
untuk memperoleh pendidikan / bersekolah.
5.
Dengan berdirinya PETA, para pemuda dapat memperoleh pendidikan militer dan
penanaman jiwa nasionalis.
6.
dsb.
⢠Kerugian :
1. Semua organisasi
politik dilarang untuk beraktivitas.
2. Kesengsaraan rakyat
karena adanya Romusha.
3. Kontrol media cetak
dan elektronik yang kuat.
4. Alam Indonesia
diekspoitasi secara besar-besaran.
5. Banyak para pejuang
yang dihukum ma
6. Pemerintahan Jepang
yang kejam karena berbau fascis (adanya polisi
militer yang kejam)
7. Banyak wanita Indonesia yang
dijadikan Jogunianfu.
8. dsb.

##2.Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah:

1. Serahterima kedaulatan dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia Serikat, kecuali Papua Barat. Indonesia ingin agar semua bekas daerah Hindia Belanda menjadi daerah Indonesia, sedangkan Belanda ingin menjadikan Papua Barat negara terpisah karena perbedaan etnis. Konferensi ditutup tanpa keputusan mengenai hal ini. Karena itu pasal 2 menyebutkan bahwa Papua Barat bukan bagian dari serahterima, dan bahwa masalah ini akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.
2. Dibentuknya sebuah persekutuan Belanda-Indonesia, dengan monarch Belanda sebagai kepala negara.
3. Pengambil alihan hutang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.

##3.http://rinahistory.blog.friendster.com/2008/11/indonesia-masa-orde-baru/
##4.pertama, menciptakan stabilitas sektor finansial dengan program restrukturisasi perbankan, penggantian manajemen bank yang direkap, penerapan target kinerja, dan penguatan pengawasan perbankan.

Kedua, pemulihan berdasarkan investasi dan bukan pinjaman telah dituangkan dalam program menjaga kondisi fiskal yang sustainable dan upaya mengundang minat dan kepercayaan investor melalui restrukturisasi utang swasta, penjualan aset BPPN, dan privatisasi BUMN, maupun perbaikan kebijakan investasi, termasuk mengurangi daftar negatif investasi (DNI).

Ketiga, pelaksanaan desentralisasi dengan tetap menjaga keseimbangan fiskal telah dipersiapkan dalam bentuk berbagai rencana peraturan pemerintah (RPP). Bahkan, ada pula bantuan tim khusus IMF-Bank Dunia serta berbagai bantuan bilateral mengenai persiapan pelaksanaan desentralisasi mulai Januari 2001.

Keempat, untuk pelaksanaan privatisasi telah disusun rencana komprehensif privatisasi dengan bantuan ADB dan merupakan revisi dan perbaikan dari rencana privatisasi sejak zaman Menteri Negara Pembinaan BUMN masih dipegang Tanri Abeng.

Selanjutnya, kelima, percepatan restrukturisasi perbankan dan dunia usaha yang telah dan masih menjadi masalah utama program pemulihan, termasuk masalah Master of Settlement and Acquisition Agreement (MSAA) dan pengembalian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) serta penanganannya.

Sedangkan empat program lainnya sebenarnya juga telah termaktub dalam program LoI, yaitu, keenam, menciptakan kesejahteraan rakyat pedesaan yang juga telah tertuang dalam program Jaringan Pengaman Sosial.

Ketujuh, pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, merupakan masalah struktural jangka menengah yang salah satunya sudah ditangani melalui upaya perbaikan berbagai kebijakan kredit program.

Kedelapan, peningkatan produktivitas petani.

Kesembilan, peningkatan ekspor.

Kesepuluh, pemanfaatan kekayaan sumber daya alam. Selama ini, hal itu telah dicoba dilaksanakan oleh para menteri sebelumnya dan juga tercantum dalam Propenas (Program Pembangunan Ekonomi Nasional).

##5.Negatif : Dapat merusak lingkungan.
Positif : Dapat meningkatkan taraf ekonomi.

Sampai saat ini adakah yang bisa menandingi Kapitalisme paska runtuhnya sosialis Uni Soviet?
Q: Setelah Sosialisme runtuh bersamaan dengan uni soviet, kapitalisme yang digawangi amerika serikat dan uni eropa melenggang dengan bebasnya.

Hampir semua negara di dunia khususnya negara dunia ketiga mengadopsi paham kapitalisme liberal dalam sistem ekonomi pembangunan negaranya. Bahkan dengan wacana Globalisasi dan perdagangan bebas yg ngetrend saat ini, hegemoni kapitalisme hampir tak terkalahkan.

Pastinya hal itu juga memiliki dampak positif dan juga yang negatif, yang tidak sedikit akibatnya khususnya bagi negara dunia ketiga.

Kira-kira ada nggak tandingannya kapitalisme dan liberalisme saat ini? dan misalnya saat ini memang nggak ada, kira2 dalam beberapa jangka waktu ke depan ada nggak faham yang mampu menandingi faham yg begitu menghegemoni dunia saat ini?

A. Nggak perlu ditandingi Boss, Kapitalis-me itu hanya ‘pengumpulan modal’ alias pengumpulan kapita.

Mereka minus kerja, untuk apa modal dan dari mana didapat TANPA bekerja? Jadi kapitalisme hanya kosong melompong didalam-nya.

Sangat rawan, karena kapitalisme hanya dikumpulkan ‘satu’ tempat diawasi ‘satu’ orang. Kalo ‘satu’ orang tersebut sakit, seluruh system kapitalisme akan runtuh dg sendirinya. Tidak perlu lawan seperti system sosialis-me juga seperti itu. Tamat.

.

Tolong bantu saya, jelaskan sejelas2nya kalo bisa.. Tentang ipa nih :) ?
Q: 1. Apa sih dampak pembangunan bidang ekonomi thd lingkungan?
2. Mengapa kegiatan yang berdampak bagi lingkungan harus dilengkapi AMDAL?
Makash..

A. IPS juga bisa kali o.o

1. dampaknya:
- Karena terjadi pembangunan tentu SDA terkuras

- Bila Pembangunan Ekonomi membaik.. Tentu Ilmu Pengetahuan juga membaik..
Sehingga alat" yang diciptakan bisa jadi merusak lingkungan. cth: CFC yang merusak ozon.

- Karena pembangunan ekonomi juga tentu ada industri. Dari industri pasti akan ada limbah.
Limbah tersebut yang bikin lingkungan rusak.

2. Karena AMDAL lah yang nilai dampak positif atau negatif yang mungkin bahwa proyek yang diusulkan tersebut terhadap lingkungan, bersama-sama terdiri dari alam sosial dan aspek ekonomi.

Referensi buat nomor 2 > http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Environmental_impact_assessment

Powered by Yahoo! Answers