Portal Berita Indonesia

Bukankah Menjadi Pelanggan Wanita Bayaran Adalah Pelecehan Terburuk Bagi Kedudukan Wanita?

Bukankah Menjadi Pelanggan Wanita Bayaran Adalah Pelecehan Terburuk Bagi Kedudukan Wanita? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Bukankah Menjadi Pelanggan Wanita Bayaran Adalah Pelecehan Terburuk Bagi Kedudukan Wanita?

Q: lucunya para pria pecundang yg menjadi pelanggan wanita bayaran tsb adalah org2 yg paling menentang POLIGAMI atas nama ‘kepantasan’. bagi kaum hawa, maka tolong berpikirlah dg jernih persoalan ini dari segi mashlahat A. lalu apa yang para wanita harus lakukan ?membiarkan suami berpoligami atau meninggalkan kami untuk wanita lain ?menahan diri membayangkan orang yang [...]

Rating: 5

Q: lucunya para pria pecundang yg menjadi pelanggan wanita bayaran tsb adalah org2 yg paling menentang POLIGAMI atas nama ‘kepantasan’.

bagi kaum hawa, maka tolong berpikirlah dg jernih persoalan ini dari segi mashlahat

A. lalu apa yang para wanita harus lakukan ?
membiarkan suami berpoligami atau meninggalkan kami untuk wanita lain ?
menahan diri membayangkan orang yang paling kami cintai tidur dengan wanita lain, karena dia tidak puas dengan kami ?
maaf, itu menyakitkan.
bukankah lebih baik laki-laki menahan nafsunya, menggunakan akal pikirannya dan tetap bersikap setia pada pasangan yang dipilihnya ?

menurutku, yang namanya nafsu seharusnya bisa dikendalikan dan baik poligami, perselingkuhan, membayar wanita untuk memuaskan hasrat, sebenarnya bisa dihindari, jika laki-laki itu bisa menahan diri dan menggunakan logikanya.

FYI :
banyak laki-laki yang berpoligami, masih juga menyewa wanita untuk memuaskannya.
meninggalkan istri pertama, kedua, ketiganya di rumah, dan mencari kepuasan dari wanita yang tidak dikenalnya.
jadi rasanya, bukan cuma pria pecundang yang menentang poligami saja yang menjadi pelanggan prositusi.

lucunya laki-laki sering lupa. karena terlalu sibuk berpoligami atau melirik wanita kesana kemari.
mereka lupa kalau mereka akan tua, sakit dan renta.
mereka lupa pada anak-anak mereka yang harus dibimbing, dicintai dan dikasihi.
mereka hanya ingat pada ‘adik kecil’nya dan kepuasan diri sendiri, SAMPAI mereka terkena penyakit atau uang mereka habis.
setelah itu apa ?
mereka kembali ke istri tua yang sudah sakit hati, tidak pernah diperhatikan bertahun-tahun, disakiti secara sadar dan setelah itu, barulah menyatakan cinta di atas luka yang ditorehkan atas pengkhianatan sebelumnya.

bagi kaum adam, tolong renungkanlah dengan jernih
jika memang nafsu sebegitu pentingnya, janganlah menikah, apalagi jika tidak mampu bersikap adil
jangan mempunyai anak dan istri, jika belum siap setia dan bertanggung jawab kepada mereka
jangan sampai menyakiti hati istri, membuangnya, lalu ketika jatuh, baru ingat dengan istri
jika memang tidak cocok dengan istri, lebih baik berpisah dulu, baru menikah lagi
jika punya anak istri, janganlah sia-siakan mereka, hanya untuk kenikmatan beberapa menit
karena penyesalan itu akan bertahan selamanya

Kenapa sih COWOK CAKEP itu semuanya bRenG**K…!?!?
Q: Kawan Y!A, bolehkah aQ curhat sebentar??

Ditengah kecerian anak2 SMA yang lulus ujian, aQ sedang bersedih hati karena diputusin oleh seorang cowok.

Cowok yg selama 1 semester ini menemani hari2Q (baca: pacaran).
Dia, adalah cowok yang sempurna di mataQ yg tlah buta untuk melihat cowok2 keren lain.
Dia, adalah cowok termanis yg pernah Q kenal dan Q sayang..

Tapi, entah kenapa, dua hari yg lalu, setelah pengumuman lulusan itu, dia tiba2 ingin PUTUS dariQ?!
Dua hari yg lalu, dia tidak semanis yg dulu lagi ketika dia ingin PUTUS dariQ!?
Dua hari yg lalu, dia berubah, menjadi seseorang yg tak lagi Qkenal..

Dan akhirnya, hal yg Qtakutkan selama ini menjadi nyata: kami PUTUS dengan tanpa alasan yg jelas dan masuk akal!

"Aku kan mau pindah ke Jogja utk kuliah, dan aku kayaknya gak sanggup untuk menjalani long-distance relationship.. Jadi, kita PUTUS aja yah??"

aQ menangis, memaki, dan menyumpahinya dengan kata2 kotor ketika aQ sedang sendiri didalam kamarQ…

aQ merenung…mengingat masa lalu… Salah satu temannya pernah berkata padaQ:
"Cowok ganteng kayak dia, gak mungkin lah setia sampe mati neng! Dia itu mau mendapatkan semua cewek yg dia mau dgn modal kegantengannya!"
Awalnya aQ tak percaya kata2nya, tapi sekarang semuanya tlah terbukti..

Arrrgggghhh!!! Sial!! Breng**K!!!

Adakah gerangan yg bisa mengobati lukaku ini??

A. Jatuh cinta katanya berjuta rasanya, tapi begitu putus cinta berasa runtuh dunia. Sedih memang kehilangan orang yang kita sayang terlebih dia pergi karena ada orang ketiga. Ugh rasanya periiiiiiiih.

Tapi sepenggal syair lagunya potret âLangit masih biru meski kau tak bersamakuâ sepertinya cocok bagi Anda yang merasakan patah hati. Jangan berpikir dunia ini berhenti orang yang disamping Anda berkhianat atau memutuskan cinta. Berpikir positif lebih baik dari pada memikirkan âdiaâ yang belum tentu ingat Anda. Mau tahu bagaimana Anda bertahan untuk bangkit dari patah hati, berikut tipsnya :

Simpan kenangan Indah

Ingat yang indah-indah sewaktu bersamanya, memang nyiksa banget, tapi jangan terlalu didramatirsir dong, anggap saja kenangan itu masa lalu. Dan saat ini adalah menuju masa yang akan datang, rugi waktu rasanya kalo inget-inget masa yang akan buat kita jadi gak bersemangat, malah maunya nagis mulu. Ayo dong bangkit dan tunjukan Anda bisa dapat yang jauh lebih baik.

Kalau ada barang-barang pemberiannya masih tersisa dan berkesan, Anda boleh kok menyimpannya, tapi sebaiknya taruh ditempat yang jarang Anda lihat, misalnya taruh digudang, atau di atas lemari yang Anda pun malas mengambilnya. Pokoknya Anda mesti bisa mengusir pelan-pelan ingatan tentang dia.

Boleh Nangis, tapi seperlunya

Menangis bisa menjadi satu cara untuk meluapkan emosi, jadi Anda boleh nangis sepuasnya, tapi cukuplah pada saat Anda benar-benar ingin meluapkan kekasalan dan penyesalan Anda.

Lakukan hal-hal yang pernah ditentang dia

Lampiaskan kemarahan Anda pada hal-hal yang dulu dilarang, saat ini Anda bebas melakukanya. Toh dia sudah tidak ada hak lagi melarang Anda, misalnya dulu dia tidak suka Anda main dengan teman se-genk Anda, saat ini Anda bisa melakukannya, atau Anda tidak boleh jalan ke mall sendiri. Anda bisa ngeceng di mal seharian tanpa dia, siapa tahu ada yang bisa dijadikan gebetan baru.

Bersenang-senang

Saat ini Anda bebas melakukan apa saja, Anda bebas bermain dengan teman-teman atau melakukan hal yang paling Anda suka. Pokoknya hibur diri Anda hingga Anda merasa senang dan sedikit melupakanya.

Curhat ke teman yang dipercaya

Mencurahkan sedikit perasaan yang Anda rasakan pada sahabat atau orang yang Anda percaya, niscaya bisa mengobati sedikit keresahan Anda. Anda butuh seseorang yang bisa mendengar keluhan dan rasa sedih Anda, jadi sebaiknya cari teman berbagi yang bisa mengerti Anda saat itu.

Ceitakan pada secarik kertas

Luapkan kemarahan Anda pada secarik kertas. Media ini bisa menjadi penampung kemarahan dan emosi Anda saat itu. Anda bebas menulis apa saja, setelah selesai, bacalah, maka Anda akan merasa tenang. Anda juga bisa menggambar sesuka Anda, untuk meredam kemarahan Anda.

Sibukan diri

Cari kesenangan dengan menyibukan diri Anda, misalnya dengan pekerjaan Anda atau sibuk dengan hobi Anda. Pokoknya padati jadwal Anda, jangan sampai ada celah untuk memikirkan si dia.

Cari penggantinya

Memang tidak secepat membalikan telapak tangan untuk menggantikan posisi mantan, tapi paling tidak Anda juga harus bisa membuka diri dengan lawan jenis. Tapi Anda perlu berhati-hati untuk menentukan pilihan untuk calon pasangan Anda berikutnya. Seleksi dulu, jangan sampai terulang kejadian yang pernah menyakitkan Anda. Semangat, iklas,menerima kenyataan dan sabar adalah kiat jitu untuk menjalani hidup saat Anda patah hati. Semoga berhasil.

g smua co gt ko ,msh banyak co baek2,ok dech tinggal dl yeaa

anTaRa TemAn…,PaCar…?? piLih mana…??
Q: apakah benar anggapap bahwa pcar kita sendiri kadang kala merupakan orang yang paling menyakiti hati kita…? SEDANGKAN teman yang dekat dengan kita ..yang memba wa kita ke dalam pelukannya ketika kita sedang bersedih… merupakan CINTA yang kita tidak sadari…????

A. baca deh, siapa tau bisa kasih kamu kemantapan hati..

CINTA

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur ?
Ketika kita menangis ?
Ketika kita membayangkan ?
Ini karena hal indah di dunia tidak terlihat.

Ketika kita menemukan seseorang yang keunikkannya sejalan dengan kita, kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam sesuatu Keanehan yang serupa yang dinamakan cinta

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan,
Seseorang yang tidak ingin kita tinggalkan,
Tapi melepaskan bukan akhir dari dunia,
Melainkan awal suatu kehidupan baru, kebahagiaan ada
Untuk mereka yang menangis, mereka yang tersakiti, mereka yang telah dan tengah mencari, mereka yang telah mencoba.
Karena merekalah yang bisa menghargai betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka.

Cinta yang sebenarnya adalah ketika kamu menitikkan air mata dan Masih peduli terhadapnya,
Adalah ketika dia tidak memperdulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum dan berkata âaku turut berbahagia untukmuâ

Apabila cinta tidak bertemu, bebaskan dirimu,
Biarkan hatimu kembali ke alam bebas lagi,
Kau mungkin menyadari, bahwa kamu menemukan cinta
Dan kehilangannya, tapi ketika cinta itu mati kamu
Tidak perlu mati bersama cinta itu.

Orang yang bahagia bukanlah orang yang selalu mendapatkan keinginannya, melainkan mereka yang tetap Bangkit Ketika mereka jatuh entah bagaimana dalam pelajaran Kehidupan,

Kamu belajar tidak lebih banyak tentang dirimu sendiri dan Menyadari bahwa penyesalan tidak seharusnya ada, cintamu akan tetap dihatinya, Sebagai penghargaan abadi atas pilihan-pilihan hidup yang telah kau buat

Teman sejati, mengerti ketika kamu berkata âaku lupa â¦â
Menunggu selamanya ketika kamu berkata âtunggu sebentarâ
tetap tinggal ketika kamu berkata âtinggalkan aku sendiriâ

Membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan belum
Berkata âbolehkah saya masuk ?â
Mencintai juga bukanlah bagaimana kamu melupakan dia Bila ia berbuat kesalahan, melainkan bagaimana kamu Memaafkan.

Bukanlah bagaimana kamu mendengarkan, melainkan Bagaimana kamu mengerti,
Bukanlah apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu rasa, Bukanlah bagaimana kamu melepaskan, melainkan bagaimana Kamu bertahan.

Lebih menyakitkan menangis di dalam diri dari pada Menangis tersedu atau mengadu, air mata yang keluar dapat Dihapus,
Sementara air mata yang tersembunyi menggoreskan luka di Hatimu yang tidak Akan pernah hilang

Sayang dalam cinta, kita sangat jarang peduli, tapi Ketika cinta itu tulus, meskipun engkau acuhkan, cinta tetap mulia,
Dan
Kamu seharusnya berbahagia, hatimu dapat mencintai Seseorang yang kau sayang.

Mungkin akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti Mencintai Kita melainkan karena kita menyadari bahwa orang itu akan Lebih Berbahagia apabila kita melepaskannya.

Namun bila pun kau benar-benar mencintai seseorang jangan Lepaskan dia,
Bila dia tak membalasmu, barangkali dia tengah ragu dan Mencari,
Jangan percaya bahwa melepaskan berarti kamu benar-benar Mencintai tanpa suatu balasan,
Mengapa tidak berjuang demi cintamu ?
Mungkin itulah cinta sejatimu.
Kadangkala, orang yang paling mencintaimu adalah
Orang yang tak pernah menyatakan cinta padamu, karena Takut kau
Berpaling dan memberi jarak, dan bila ia suatu saat pergi, kau akan menyadari ia adalah cinta yang tak kau sadari.

Maka mengapa kau tak mengungkapkan cintamu,
Bila memang kau mencintainya, meskipun kau tak tahu apakah Cinta itu juga ada padanya.

Jagalah MULUTMU seperti menjaga KEMALUANMU?
Q: Ada suatu kisah seorang anak laki-laki yang bersifat pemarah. Untuk mengurangi kebiasaan marah sang anak, dengan hikmah ayahnya memberikan sekantong paku dan mengatakan pada anak itu untuk memakukan sebuah paku di pagar belakang setiap kali dia marah.

Hari pertama anak itu telah melakukan 32 paku ke pagar setiap kali dia marah. Lalu secara bertahap jumlah itu berkurang. Dia mendapati bahwa ternyata lebih mudah menahan amarahnya daripada memaku paku ke pagar.

Akhirnya tibalah hari dimana anak tersebut merasa sama sekali bisa mengendalikan amarahnya dan tidak cepat kehilangan kesabarannya. Dia memberitahukan hal ini kepada ayahnya, yang kemudian mengusulkan agar dia mencabut satu paku untuk setiap hari dimana dia tidak marah.

Hari-hari berlalu dan anak laki-laki itu akhirnya memberitahukan ayahnya bahwa semua paku telah tercabut olehnya.

Lalu sang ayah menuntun anaknya ke pagar.
âHmm, kamu telah berhasil dengan baik anakku, tapi lihatlah lubang-lubang di pagar ini. Pagar ini tidak akan pernah bisa sama seperti sebelumnyaâ

âKetika kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan. Kata-katamu dan perbuatanmu meninggalkan bekas seperti lubang ini di hati orang lainâ

Sahabat Muslimâ¦
AMARAH adalah sudah FITRAH ada dalam diri manusia
Tetapi bila kita TIDAK meLUAPkannyaâ¦
Maka itu adalah lebih UTAMAâ¦
Karena luapan kemarahan hanya akan MENYAKITI orang lain yang akan âterus MEMBEKASâ
Dan menjadi âPENYESALANâ diri kitaâ¦

âDan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surgayang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yangbertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya danmema`afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.â (QS Ali Imran : 133-134)

Seorang lelaki datang menemui Rosululloh shollallohu âalaihi wa sallam,
âWahai Rosululloh, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari nerakaâ. Maka beliau shollallohu âalaihi wa sallam bersabda, âJangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkanâ (HR. Thobrani, Shohih)

Sahabat Muslimâ¦
Jagalah MULUTmuâ¦
Seperti menjaga KEMALUANmu !
Karena keBANYAKan penduduk NERAKAâ¦
Bukan hanya orang yang tidak bisa menjaga KEMALUANnyaâ¦
Tetapi juga orang yang tidak bisa menjaga MULUTnya *.

âPerkara yang paling BANYAK mengANTARkan orang masuk ke NERAKA
adalah MULUT dan KEMALUAN.â (HR. Tirmidzi)
âBarang siapa berIMAN kepada ALLAH dan HARI AKHIRâ¦
Maka berKATAlah yang BAIK atau DIAM.â (HR. Bukhori-Muslim)

* (menjaga mulut bukan hanya dari ucapan yang tidak baik seperti ucapan yang menyakitkan, ghibah (gosip), fitnah, namimah (mengadu domba), panggilan yang buruk dll, tetapi juga menjaga dari makanan yang syubhat dan haram)

A. jagalah kemaluanmu
tapi ngembat bini teman berikut pembantunya sekaligus boleh

QS 23:5
5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Tolong!! gw fobia sosial, adakah jalan keluar?
Q: gw cowo umur 26, ngalamin fobia sosial yg menyakitkan sejak kecil…

Yang gw alamin :
1. Terasing dan Kesepian
saat ini gw bener2 sendirian (gak ada temen sama sekali)… kecuali temen kantor, bahkan ama tetangga jg gak nyapa (bukan sombong tapi malu)… ama temen kuliah,smp,sma lama sama sekali gak kontak karena malu, soalnya mereka udah pada hebat2 semua, gw aja lulus kuliah S1 paling telat bgt…

2. Bingung Masa depan
Plan kacau, gara2 sosial phobia, contoh : mau kursus inggris aja minder karena gabung ama anak SMP-SMA yg lebih jago2. Padahal butuh ningkatin english supaya karir mulus….

3. Penyesalan
menyalahi masa lalu mulu gara sosial phobia, banyak peluang lewat terus…Merasa ketuaan untuk kursus ini, training itu…

4. Grogi yg gak ilang2…
Pas meeting, Pas acara2 Sosial pasti keringet dingin tangan kaki, padahal udah sering bgt. Ngomong ama orang banyak atau yg lebih hebat seringan begetar2 dan takut…

Mau cari temen baru bingung di mana ? Facebook aja gak keurus, orang2 cuma asal Add dan Accept padahal gak kenal. atau ada yg mau jadi teman ku ?

Adakah yg bisa memberi jalan keluar…???

Terimakasih sebelumnya, hanya Tuhan yg bisa membalas kebaikan/semua saran anda…

A. Ya seharusnya yang kamu lakukan bukan semakin menyudutkan dirimu sendiri, yang ada kamu jadi semakin tidak bisa membuatmu bangkit dari keterpurukan diri yang sebenarnya itu hanya masalah krisis diri aja. Cobalah lihat disekelilingmu bahwa masih banyak orang yang lebih menderita dan rendah dari kamu ntah itu pendidikan, karir maupun status sosial, tapi mereka masih bisa survive, mereka masih bisa semangat menjalani hidup ini. Karena 1 hal "bersyukur" hanya kalimat itu yang bsa membuat hati kita bisa sedikit melihat kebawah bahwa apa yang sudah ada dalam diri kita ini adalah bentuk anugerah Tuhan yang paling terindah. So jika kamu bisa sedikit bisa merenungkan hal itu maka rasa2 yang sedang kamu rasakan akan sedikit demi sedikit terkikis, karena tidak ada 1pun kejadian yang terlepas dari Kuasa TUHAN.
bagaimana caranya mengapresiasi puisi/sajak yang benar dan bermanfaat?
Q: saya sengaja mengangkat pertanyaan ini, karena ilmu mengapresiasi puisi itu bisa dipelajari.
saya disini akan memberikan dua contoh jawaban sobat sobat disini tentu saja jawabanny ini adanya dipertanyaan saya yang berjudul : "aku hanyalah biduk"

1). jawaban sobat kita MH Putra : "di bait pertama sobat menekankan sebuah kepasrahan juga rasa kegalauan sobat akan ketidaksanggupan sobat terlihat jelas dari kalimat pembuka sobat
"aku hanyalah biduk yang tak mampu arungi bentang samudra"

"selain tubuhku mulai lapuk
daya layarku tak terkembang"
semakin mempertegas dengan melukisakan kiasan keadaan sobat yang tak mampu melangkah lebih jauh.

"yang akhirnya teronggok dibibir pantai
dengan pasir didih yang menyakitkan"
kalimat di bait akhir yang menjelaskan tentang langkah akhir sobat dengan berbagai resiko/akibat dari terhentinya yang semakin menyudutkan sobat "dengan pasir didih yang menyakitkan"

dibait kedua sobat mencoba tegar dalam keterpurukan terlihat pada kalimat
"aku hanyalah biduk tua…
senyum sapa gelombang pasang yang dulu membentangkan niatku"

dan kalimat terakhir sobat sadar akan kekalahan dan segala harap dan cita hilang dari pikiran
"menolehpun tak mungkin lagi
mati bersama angin darat yang buyarkan rasa"

di bait ketiga sobat kembali mencoba bangkit dengan mencoba mendekat diri dengan sang Pencipta.terlihat dari kalimat tanya sobat..
"sungguh aku tak tahu
dikemanakan laraku kusembunyikan?"

di bait keempat semangat akan bangkit kembali sobat perlihatkan dengan jelas memulai dengan menata kembali dari awal.
"aku memang hanyalah biduk yang busuk"=>kalimat pasrah tapi ada ambisi kedepan
"segala lumut kehidupan telah menggerogoti penampilan
masihkah ada waktuku tuk merapikan?"==>ingin menata kembali dari awal

dan pada ending sobat munculkan sebuah harapan dari keinginan rasa untuk bangkit tadi…
"kuharap aku bisa arungi samudra walau sejenak"

kalimat kedua sobat menjelaskan tidak risaunya/perdulinya sobat akan akibat di belakang apapun itu asal sobat bisa keluar atau paling tidak bangkit dari rasa keterpurukan sobat tadi karna yang terpenting asa dari atau kepuasan batin sobat untuk menentang dasar hati telah tersampaikan.,,
"setelah itu tenggelam kedasar alutan keabadian"

jadi inti dari goresan pena sobat menurutku..sang penulis dalam keadaan terpuruk mencoba ingin bangkit menata kembali dari awal sampai akhirnya muncul sebuah asa/harapan membebas lepas dari suatu masalah.

satu sajak yang sangat komplet kalau menurutku kawan.bisa menjelaskan segalanya.

maaf kalau tidak berkenan, dan tidak seperti yang sobat rasakan.karna ini hanya pendapat".

hehe

salam

poetra

* 9 jam lalu

2).jawaban sobat kita Nefertiti K : "hmm, kayaknya kapal itu tak lagi terkembang layarnya, tidak lagi ia digunakan untuk berpetualang di laut lepas yang dalam, Ditinggal begitu saja di pinggir pantai tanpa kerjaan, di PHK tuh kapal, jadi pengangguran, tertimbun oleh pasir, tubuhnya tak seperkasa dulu lagi

dia tak lagi rasakan angin laut,ombak yang merupakan nafas hidupnya kini tak bisa lagi ditemui olehnya,kapal tua itu tidak than dan dia mulai menangis diam-diam di dalam hati kecilnya di alam bawah sadar

kapal itu sekarang sudah berlumut, bulukan, budukan dan lapuk, ryot, lekang dimakan jaman, tetapi dia masih ingin mengarungi samudera untuk terakhir kalinya, lalu terperosok ke dasar lautan yang gelap, mati di sana, mengakhiri hayatnya di sana dengan damai dan tanpa penyesalan.

Ini cerita dalam puisi…Ah, bagus dan sendu, penuh lara dan duka cita"

* 1 jam lalu

materi referensi:
"NEKAT tuh kapal, harusnya kan emang usia pensiun, eh, masih mau kerja juga? Bonek, bondo nekat yang betul- betul
Tinggi semangat ekplorasinya, sampai menggelora segala"..

*)) Pertanyaan :
1. setujukah sobat semua, apabila dalam mengapresiasi puisi seperti contoh diatas?

2. Apakah dengan cara ini bermanfaat bagi sobat yang puisinya diapresiasi?

3. siapkah sobat, apabila karya sobat dikritik membangun?

4. bisakah dengan cara seperti ini mampu menjalin persobatan?

terima kasih
salam persobatan
Poncowae

U/ mas Robert M : terima kasih kang mas bersedia membagi ilmu untuk kami disini
dengan penjelasan kang mas, berarti cara saya untuk menghargai karya sobat disini mendapat dukunganmu.

trims
Ponco
U/ Trotoar ==> terima kasih atas tambahan masukannya. disinilah saya merasa hidup bersastra dengan ikatan persobatan yang bagus.
semoga semua berbahagia adanya

A. Apresiasi adalah istilah jadian/serapan dari bahasa Inggris yaitu ‘appreciate’ yang berarti ‘menghargai’, ‘menilai’, ‘menginsafkan’. Istilah ini menjadi populer dikalangan sastrawan yang kemudian menjadi istilah umum dalam bahasa indonesia yang menunjuk pada makna ‘pernghargaan’, ‘penilaian’, atau ‘penguraian dalam bentuk penfasiran terhadap sesuatu yang bersifat karya kesenian’. Apa pun bentuk berkesenian itu.
Karenanya, Apresiasi terhadap karya-karya berkesenian bisa saja dalam bentuk pujian, atau kritikan yang bertujuan membangun dan makin memberdayakan orang dibalik karya kesenian itu. Bisa saja dia seorang Puistikawan (pengarang, pencipta puisi) atau seorang deklamator (pembaca puisi), sutradara, novelis, pelukis, pemahat, penyanyi, dst.

Jadi Apresiasi adalah penilain dan penghargaan kita pada sebuah karya seni atau pada si seniman. Terlepas apakah Apresiasi itu dalam bentuk pujian atau dalam bentuk kritik.

Yang jadi persoalan ialah, bahwa tidak semua orang siap menjadi apresiator yang baik, jujur, dan tulus melihat, mempelajari semua karya berkesenian.

Yang kedua ialah tidak semua seniman siap menerima Apresiasi orang lain terhadap karya berkeseniannya pun apresiasi kepada pribadinya.

Dalam perkembangan bentuk-bentuk apresiasi di indonesia sungguh luar biasa, bahkan membias dalam jenis-jenis penghargaan yang sifatnya populis promosi, seperti pemberian Award lewat stasiun TV.

Sementara Apresiasi karya berkesenian dalam bentuk Sastra tulis, semakin berkurang bahkan tidak populis. Beberapa tahun lalu ada beberapa Jenis apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada para seniman sastra seperti TAUFIK ISMAIL AWARD atau GRAMEDIA AWARD untuk karya sastra (Puisi, Cerpen, Novel) kini tidak populer bahkan cenderung menghilang.

Di Indonesia Y!A Seni dan Insani khususnya Persajakan, saya mulai membangun bagaimana menga-apresiasi karya-karya para Pujangga, Penyair, Puistikawan, tujuannya agar Forum ini menjadi sebuah ajang pembelajaran, khususnya dalam Dunia sastra Puisi. Bukan berarti bahwa saya punya kelebihan untuk itu, sama sekali tidak. Hanya karena Penasaran terhadap berbagai cara teman-teman menanggapin posting-posting yang ada, hingga saya coba untuk memulai dengan cara-cara yang benar menurut kaidah kritik sastra yang ada.

Tapi sesungguhnya saya merasa malu, karena justru memperlihatkan dan mempertontonkan kebodohan saya kepada teman-teman di Negeri di Atas Angin ini.

Untuk itu saya mohon maaf.

SELAMAT MERAYAKAN IDUL FITRIH 1429 H.
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

Roberth.

jawab ya,buat cewe yg udah gak virgin lagi?……………?
Q: maaf sebelumnya,bukan maksud saya menyinggung atau mengungkit masa lalu anda semua tapi saya memang membutuh kan jawaban dari anda2 semua.

gini,katakanlah kalian di nodai oleh seorang laki2 yang tidak mau bertanggung jawab,dan beberapa waktu gak tau itu dalam hitungan hari,minggu,bulan ataupun tahun?katakan lah ada seorang laki-laki yang mencintai kamu dan ingin menikahi kamu secara sah,dan kebetulan laki-laki itu sudah tahu keadaan kalian(anda) kalau anda sudah tidak perawan lagi dan kebetulan diya tahu semua itu dari anda sendiri.dan yang mau saya tanyakan adalah:

1. bisakah anda mencintainya atau menerimanya sebagai suami ataupun belaha jiwa?………….

2. masih adakah di hati kecil anda tuntutan rasa tanggung jawab dari laki-laki yang telah menodai anda?…………(kalau masih ada?sampai kapan karna kalau masih ada perasaan itu anda hanya akan menyakiti laki-laki yang akan menikahi anda karna cinta)…

3. katakan lah anda suda bisa melupakan laki-laki yang telah menodai anda dalam arti anda belum menikah dengan laki-laki yang baru masuk kedalam kehidupan anda dan mencintai anda dan kalian udah punya rencana besar untuk masa depan nanti,seaandainya laki-laki yang menodai anda datang kembali ke anda dan memohon meminta anda untuk kembali kepadanya dan dia juga mengungkapkan rasa penyesalan yang begitu dalam karna telah meninggalkan anda setelah menodai anda,bisakah anda memilih?diya atau laki-laki yang benar2 mencintai anda sekarang?…………………

4.jika anda sudah siap atau katakan lah kalian memilih laki2 yg baru dalam hidup anda,maukah kalian memberitahu siapa laki2 yang telah menodai anda(atau paling tidak nama dan tempat tinggalnya?)jika laki2 yang baru bertanya keaanda dengan maksud buat menjaga anda,atau pun hubungan rumah tangga anda dan diya?……………..

alasan saya menayakan ini ke anda-anda sekalian adalah karena saya akan menjadi laki-laki yang akan menikahi pacar saya yang sudah gak vrgin lagi.dan saya takut kalau saat kita berjalan(masih pacaran dan ada pandangan untuk menikah)tiba 2 diya masih cinta dan balik kembali ke laki2 yang menodai diya?……………bisa bayangkan gak betapa hancurnya hati saya?…………………..

A. 1) sangat bisa….karena dy udah bisa nerima kita apa adanya meski qt udah g’ virgin
2) tidak ada….karena saya udah berfikir cow yang ninggalin setelah dapet virgin qt adalah ….BANGSAT… kecuali qt lakukan atas dasar suka-sama suka…dan dy ninggalin qt dengan alasan tertentu…yang bisa qt mengerti.
3) aku akan memilih…laki-laki yang telah mencintaiq dengan apa adanya sekarang…
4) mau….karena apapun yang terjadi…jujur itu lebih baik..meski kadang menyakitkan…tapi aku percaya jujur akan membawa kita pada sebuah kebahagiaan.

Buat masnya…Salut yah…
Berusahalah…Buat cew.mu itu yakin dan percaya bahwa km adalah yang terbaik buat dy…dan km terima dy apa adanya…
sebuah pernikahan bukan karena suatu ke-virginan…tapi bagaimana cew.itu bisa membawa rumah tangga mereka ke dalam suatu kebahagiaan yang abadi.
GBU……….

Sampai kapan aku harus begini?
Q: Aku pernah sayang ma 1 cowok.
Sayang bangetttttt
Lebih tepatnya cinta banget ma dia

Tapi…
Akhirnya aku tau kalo dia bukan cowok yang baik.
Dia juga nyakitin hatiku. Sakittttt banget & aku bertekad mau lupain dia dari hidupku selamanya

Tapi jujur aja,smpai skarang aku gak tega buang barang2 yang dia kasih ke aku.
Aku punya fotonya di komputer,aku gak tega hapus itu smua.

Harus sampai kapan smua barang2 kenangan itu aku simpan?
Apa itu artinya aku blum bisa lupain dia?

A. Patah hati, depresi, kesedihan, kerinduan menyakitkan. Begitu banyak yang terjadi ketika mantan pacar memutuskan hubungan. Semua perasaan itu tidak pernah berhenti menghampiri, walaupun kita sedang tertidur. Perasaan yang hampir dialami oleh jutaan, bahkan miliaran orang di dunia ini seringkali mendorong orang untuk berbuat sesuatu yang diluar jangkauan, misalnya bunuh diri.
Beberapa orang mengatakan bahwa itulah jalannya cinta, beberapa lainnya bilang bahwa itulah sebuah kelemahan dalam menjalin hubungan. Apapun yang dikatakan orang, namun satu hal yang harus dilakukan untuk menghentikan penyakit cinta itu adalah dengan melupakannya.
Melupakan mantan pacar bukan menjadi hal mudah bagi beberapa orang, apalagi jika si dia adalah mantan terindah yang pernah dimiliki. Padahal sebenarnya semuanya bisa berlalu seiring dengan berjalannya waktu, hanya saja tidak semua orang mengetahuinya.
Jangan membuat mantan Anda sebagai seseorang yang paling buruk. Beberapa orang sering mengira bahwa mengingat hal-hal buruk mantan bisa membuat kita membencinya dan mengharap hal itu sebagai latihan untuk menghancurkan semua kerinduan dan rasa sakit. Nah, sementara Anda sibuk dengan harapan itu, maka semua anggapan-anggapan itu akan membuat Anda makin tertekan karena secara otomatis Anda akan menyedihi diri sendiri karena sudah tertindas selama ini. Untuk sembuh dari sakit hati, Anda membutuhkan kondisi mental yang kuat, bukan depresi karena penyesalan.
Evaluasi ulang diri Anda. Tidak peduli siapa yang salah atau benar, pada akhirnya kita tetap tahu bahwa semuanya sudah berakhir sebagai sebuah kegagalan. Banyak pria dan wanita menutup diri dari lingkungan ketika patah hati dan memilih untuk berkubang dalam keadaan mengasihani diri sendiri dan membesar-besarkan semua masalah dalam sebuah penderitaan emosional. Hal ini membuat Anda semakin susah melupakan mantan pacar.
Jangan berbuat sesuatu yang tidak rasional. Kadang kita mabuk-mabukan atau malah menghabiskan uang yang bahkan tidak kita miliki hanya untuk menutupi masalah kita. Kadang kita juga berusaha mati-matian untuk membuat mantan kita cemburu dan mendapatkannya kembali. Lalu, apakah itu berhasil? Hampir seratus persen tidak. Itu hanyalah hal-hal konyol yang membuat kita semakin berharap cinta lama bersemi kembali. Lebih baik lihat pada diri sendiri, apa kiranya yang kurang pada kita sehingga hubungan kita berakhir.
Tingkat kemampuan manusia untuk menyembuhkan diri sendiri dari patah hati memang berbeda. Namun semua orang memilikinya, hanya saja tergantung masalah waktu dan kapan itu terjadi.
Gw cm mw minta solusi,bkn makian or hinaan..?
Q: gw punya co..
Dah lama banget qt pacaran.,bahkan qt udah ngelakuin hub suami istri.
N skr qt pacaran jarak jauh.makin lama co w makin berbah, jadi kasar, ga peduli lg ma w.
Satu aj kata2 sayang ga pernah lg dia ucapin..
Wkt ntu dia minta foto sexy w.but w ga ngasi, trz sikap nya langsung aja berubah..
Udah g2 dia bilang kalo dia pulang dia mw ML..wkt w bilang ga mau, sikap nya keliatan bgt kalo dia ga seneng ama w.yg td nya ceria, manggil gw sayang..berubah langsung sikap ny.sebenernya kakak2 w dah tw kl w udah ngelakuin hub intim ma co w .wkt ntu di panggil co w.di bilangin ma kakak2 w n di minta pertanggung jawaban.co w bilang dia mw tanggung jwb.but tunggu dia dah dapet kerja(skr aja dia ms kuliah)
W dah ga sanggup lg ma sikap dia.
Menurut lo w mesti gmn?kalo ninggalin dia ga mungkin kan?w ga mw jd ce ancur.Emang sie neh salah w jg, knp w terlalu murahanâ¦
Kadang2 w jiji..liat diri w ndri.sampe w ngelukain badan w ndriâ¦trz w bawa motor ngebut di jalan mpe masuk RS.kadang w ga mam biar perut w sakit.
W mesti gmn?

A. Semuanya tlh terjadi, dan itulah yg hrs bisa kamu terima. Airmata dan penyesalan tdk akan pernah bìsa mengambalikan semuanya. Bkn saatnya lg utk mencari siapa yg patut dipersalahkan, siapa yg hrs bertanggung jwb, krn kamu sdh mengerti semuany. Kalau memang dia seorang yg baik, ia akn menyadari perbuatannya dan datang dgn sendirinya utk mempertanggungjawabkan semuanya, tanpa hrs ditanya dan dipinta. Kamu sdh bsa melihat perubahan sikapnya selama ini, permintaannya pun semakin aneh, dgn harapan agar kamu menolaknya, shg ada alasan bagi dia utk semakin menjauh dan pada akhirnya akn pergi meninggalkanmu. Tdk baik memang berprasangka buruk pd org lain, tapi itulah gambaran dari sikapnya padamu selama ini. Sangat menyakitkan memang, namun itulah kenyataan. Tapi kl seandainya kamu tetap memaksakan agar dia mau bertanggung jawab, apalagi dgn datang ke rmh org tuanya dan menceritakan semua kejadian ini. Dgn segala keterpaksaan mkn dia mau mempertanggungjawabkanya. Tapi apakah ini akan menyelesaikan semuanya.? Mkn iya utk sesaat. Krn segala sesuatu yg dipaksakan, biasanya bkn menyelesaikan, akan tetapi semakin membuka peluang utk menambah masalah baru yg mkn lbh berat. Jadi utk itu kamu hrs bisa mempersiapkan dirimu utk bsa menghadapi kondìsi terburuk yg bakal kamu hadapi di dpn. Namun kl kamu memang sangat menyayangi dirinya, dan tdk bsa meninggalkannya, maka berjuanglah utk diri dan cintamu, krn kamulah yg paling mengerti akan sifat, watak/tingkah lakunya, shg kamu lbh tau hrs berbuat apa dan bagaimana. Resiko itu pasti ada, dan itulah konsekuensi dri sebuah perjuangan.
Sebagai renungan bagi kita semua, ingatlah… Bahwa tdk ada manusia yg tdk bersalah atau tdk berdosa di muka bumi ini, hanya bagaimana kita mau belajar dan merubah dri kesalahan2 masa lalu. Dan sebaik baik manusia adalah org yg mau bertaubat, dan memohon ampun kpd Tuhan, mengakui segala dosa dan kesalahan, utk memulai hidup baru yg lbh baik. Mungkin saat ini, yg terbaik adlh lbh berfokus pd diri kamu, memperbaiki diri, lbh memdekatkan diri dan selalu berdoa pd Yg Kuasa, agar diberikan ketenangan, kekuatan. Krn semakin kamu mengejarnya, maka semakin besar rasa sakit hati yg akan kamu dapatkan. Namun pd akhirnya semua ini berpulang pd dirimu, krn kamu yg akan menjalaninya, dengarlah suara hati nuranimu, lakukanlan apa yg trbaik utk dirimu.
Semoga dgn berjalanya waktu akan menyadarkanya dirinya dan mengembalikanya padamu lagi. Toh kalaupun tdk, insyaAllah pasti akan ada ganti yg lbh baik dri dirinya selama kamu trs berusaha dan bersabar. Jgn pernah kamu takut akan kondisi dirimu yg skrng, krn cinta sejati itu bkn meilihat dri sisi jasmani, akan tetapi ia lahir dri sebuah ketulusan hati.
Mohoh maaf jika tdk berkenan, atau bahkan menyinggung perasaan…..
BENTUK cinta SEJATI itu apa………………….?
Q: hari berganti hari
waktu terus berlalu,slelu kucari aq tak tahu dan tak pernah merasakan cinta yg tnpa pamrih,cintak yg tidak membawa luka,cinta yg tidak berkibat derita…………..dimanakah kamu…..

A. Aduh cinta sejati, aduh giaman se.. jelasinnya…???
gini aja deh.. aku bikin kayak gini aja..

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur? ketika kita menangis? ketika kita membayangkan? Ini karena hal terindah di dunia tidak terlihat. Ketika kita menemukan seseorang yang keunikannya sejalan dengan kita, kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam suatu keanehan serupa yang dinamakan Cinta.
 
Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan, seseorang yang tidak ingin kita tinggalkan, tapi melepaskan bukan akhir dari dunia, melainkan awal suatu kehidupan baru, kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis, mereka yang tersakiti, mereka yang telah dan tengah mencari, dan mereka yang telah mencoba. Karena merekalah yang bisa menghargai betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka.
 
Cinta yang sebenarnya adalah ketika kamu menitikkan air mata dan masih peduli terhadapnya, adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia. Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum dan berkata ‘aku turut berbahagia untukmu’.
 
Apabila cinta tidak bertemu, bebaskan dirimu, biarkan hatimu kembali ke alam bebas lagi, kau mungkin menyadari, bahwa kamu menemukan cinta dan kehilangannya, tapi ketika cinta itu mati kamu tidak perlu mati bersama cinta itu.
 
Orang yang bahagia bukanlah mereka yang selalu mendapatkan keinginannya, melainkan mereka yang tetap bangkit ketika mereka jatuh, entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan, kamu belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri dan menyadari bahwa penyesalan tidak seharusnya ada, cintamu akan tetap dihatinya, sebagai penghargaan abadi atas pilihan2 hidup yang telah kau buat.
 
Teman sejati, mengerti ketika kamu berkata ‘aku lupa..’ Menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’. Tetap tinggal ketika kamu berkata ‘tinggalkan aku sendiri’. Membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan belum berkata ‘bolehkah saya masuk?’ Mencintai juga bukanlah bagaimana kamu melupakan dia bila ia berbuat kesalahan, melainkan bagaimana kamu memaafkan.
 
Bukanlah bagaimana kamu mendengarkan, melainkan bagaimana kamu mengerti, bukanlah apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu rasa, bukanlah bagaimana kamu melepaskan, melainkan bagaimana kamu bertahan. Lebih menyakitkan menangis dalam hati dari pada menangis tersedu atau mengadu, air mata yang keluar dapat dihapus, sementara air mata yang tersembunyi menggoreskan luka dihatimu yang tidak akan pernah hilang.
 
Sayang dalam cinta, kita sangat jarang peduli, tapi ketika cinta itu tulus, meskipun kau acuhkan, cinta tetap mulia, dan kamu seharusnya berbahagia, hatimu dapat mencintai seseorang yang kau sayang.
 
Mungkin akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti mencintai seseorang, bukan karena orang itu berhenti mencintai kita melainkan karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.
 
Namun bila pun kau benar2 mencintai seseorang, jangan lepaskan dia, bila dia tak membalasmu, barangkali dia tengah ragu dan mencari, jangan percaya bahwa melepaskan berarti kamu benar2 mencintai tanpa suatu balasan, mengapa tak berjuang demi cintamu? mungkin itulah cinta sejatimu.
 
Kadang kala, orang yang paling mencintaimu adalah orang yang tak pernah menyatakan cinta padamu, karena takut kau berpaling dan memberi jarak, dan bila ia suatu saat pergi, kau akan menyadari ia adalah cinta yang tidak kamu sadari.
 
Maka mengapa kau tak mengungkapkan cintamu, bila kau memang mencintainya, meskipun kau tak tahu apakah cinta itu ada juga padanya…..?

dan dalam bentuk cerita

by : RuDdy RoSaDi

Suami saya adalah seorang insinyur, saya mencintai sifatnya yang alami dan
saya menyukai perasaan hangat yang muncul di perasaan saya, ketika saya
bersandar di bahunya yang bidang.

Tiga tahun dalam masa perkenalan, dan dua tahun dalam masa pernikahan, saya
harus akui, bahwa saya mulai merasa lelah, alasan-alasan saya mencintainya
dulu telah berubah menjadi sesuatu yang menjemukan.

Saya seorang wanita yang sentimentil dan benar-benar sensitif serta
berperasaan halus. Saya merindukan saat-saat romantis seperti seorang anak
yang menginginkan permen. Tetapi semua itu tidak pernah saya dapatkan.

Suami saya jauh berbeda dari yang saya harapkan.Rasa sensitif- nya kurang.
Dan ketidakmampuannya dalam menciptakan suasana yang romantis dalam
pernikahan kami telah mementahkan semua harapan saya akan cina yang ideal.

Suatu hari, saya beranikan diri untuk mengatakan keputusan saya kepadanya,
bahwa saya menginginkan perceraian.

"Mengapa ?", tanya suami saya dengan terkejut.

"Saya lelah, kamu tidak pernah bisa memberikan cinta yang saya inginkan,"
jawab saya.

Suami saya terdiam dan termenung sepanjang malam di depan komputernya,
tampak seolah-olah sedang mengerjakan sesuatu, padahal tidak. Kekecewaan
saya semakin bertambah, seorang pria yang bahkan tidak dapat
mengekspresikan perasaannya, apalagi yang bisa saya harapkan darinya ?

Dan akhirnya suam i saya bertanya," Apa yang dapat saya lakukan untuk
merubah pikiran kamu ?"

Saya menatap matanya dalam-dalam dan menjawab dengan pelan, "Saya punya
pertanyaan, jika kau dapat menemukan jawabannya di dalam perasaan saya,
saya akan merubah pikiran saya:
Seandainya, saya menyukai setangkai bunga indah yang ada di tebing gunung.
Kita berdua tahu jika kamu memanjat gunung itu, kamu akan mati. Apakah
kamu akan memetik bunga itu untuk saya ?"

Dia termenung dan akhirnya berkata, "Saya akan memberikan jawabannya
besok."

Perasaan saya langsung gundah mendengar responnya.

Keesokan paginya, dia tidak ada di rumah, dan saya menemukan selembar
kertas dengan oret-oretan tangannya dibawah sebuah gelas yang berisi susu
hangat yang bertuliskan…

"Sayang, saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu, tetapi ijinkan saya
untuk menjelaskan alasannya."

Kalimat pertama ini menghancurkan perasaan saya. Saya melanjutkan untuk
membacanya.

"Kamu selalu pegal-pegal pada waktu ‘ teman baik kamu ‘ datang setiap
bulannya, dan saya harus memberikan tangan saya untuk memijat kaki kamu yang
pegal."

"Kamu senang diam di rumah, dan saya selalu kuatir kamu akan menjadi aneh’.

Saya harus membelikan sesuatu yang dapat menghibur kamu di rumah at au
meminjamkan lidah saya untuk menceritakan hal-hal lucu yang saya alami."

"Kamu selalu terlalu dekat menonton televisi, terlalu dekat membaca buku,
dan itu tidak baik untuk kesehatan mata kamu.

Saya harus menjaga mata saya agar ketika kita tua nanti, saya masih dapat
menolong mengguntingkan kuku kamu dan mencabuti uban kamu."

"Tangan saya akan memegang tangan kamu, membimbing kamu menelusuri pantai,
menikmati matahari pagi dan pasir yang indah.

Menceritakan warna-warna bunga yang bersinar dan indah seperti cantiknya
wajah kamu."

"Tetapi Sayang, saya tidak akan mengambil bunga indah yang ada di tebing
gunung itu hanya untuk mati. Karena, saya tidak sanggup melihat air mata
kamu mengalir menangisi kematian saya."

"Sayang, saya tahu, ada banyak orang yang bisa mencintai kamu lebih dari
saya mencintai kamu.Untuk itu Sayang, jika semua yang telah diberikan
tangan saya, kaki saya, mata saya tida k cukup buat kamu, saya tidak bisa
menahan kamu untuk mencari tangan, kaki, dan mata lain yang dapat
membahagiakan kamu."

Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadi
kabur, tetapi saya tetap berusaha untuk terus membacanya.

"Dan sekarang, Sayang, kamu telah selesai membaca jawaban saya. Jika kamu
puas dengan semua jawaban ini, dan tetap menginginkan saya untuk tinggal di
rumah ini, tolong bukakan pintu rumah kita, saya sekarang sedang berdiri di
sana menunggu jawaban kamu."

"Jika kamu tidak puas dengan jawaban saya ini, Sayang, biarkan saya masuk
untuk membereskan barang- barang saya, dan saya tidak akan mempersulit hidup
kamu. Percayalah, bahagia saya adalah bila kamu bahagia."

Saya segera berlari membuka pintu dan melihatnya berdiri di depan pintu
dengan wajah penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti kesukaan
saya.

Oh, kini saya tahu, tidak ada orang yang pernah mencintai saya lebih dari
dia mencintai saya.

Itulah cinta, di saat kita merasa cinta itu telah berangsur- angsur hilang
dari perasaan kita, karena kita merasa dia tidak dapat memberikan cinta
dalam wujud yang kita inginkan, maka cinta itu sesungguhnya telah hadir
dalam wujud lain yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Seringkali yang kita butuhkan adalah memahami wujud cinta dari pasangan
kita, dan bukan mengharapkan wujud tertentu.

Powered by Yahoo! Answers