Portal Berita Indonesia

Berapa Tahun Indonesia Di Jajah Belanda, Apakah Benar 350 Tahun?

Berapa Tahun Indonesia Di Jajah Belanda, Apakah Benar 350 Tahun? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Berapa Tahun Indonesia Di Jajah Belanda, Apakah Benar 350 Tahun?

Q: banyak kalangan menyatakan bahwa indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun adalah salah. jelaskan menurut pendapat teman-teman. A. Berdasarkan Analisis Nina Herlina L, Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad/Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat/Ketua Pusat Kebudayaan Sunda Fakultas Sastra Unpad http://pikiran-rakyat.com/index.php?mib=beritadetail&id=14579 Tidak benar Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Kalau dihitung dari 1596 sampai 1942, [...]

Rating: 4

Q: banyak kalangan menyatakan bahwa indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun adalah salah. jelaskan menurut pendapat teman-teman.

A. Berdasarkan Analisis Nina Herlina L, Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad/Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat/Ketua Pusat Kebudayaan Sunda Fakultas Sastra Unpad http://pikiran-rakyat.com/index.php?mib=beritadetail&id=14579

Tidak benar Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Kalau dihitung dari 1596 sampai 1942, jumlahnya 346 tahun. Namun, tahun 1596 itu Belanda baru datang sebagai pedagang. Itu pun gagal mendapat izin dagang. Tahun 1613-1645, Sultan Agung dari Mataram, adalah raja besar yang menguasai seluruh Jawa, kecuali Banten, Batavia, dan Blambangan. Jadi, tidak bisa dikatakan Belanda sudah menjajah Pulau Jawa (yang menjadi bagian Indonesia kemudian).

Selama seratus tahun dari mulai terbentuknya Hindia Belanda pasca keruntuhan VOC (dengan dipotong masa penjajahan Inggris selama 5 tahun), Belanda harus berusaha keras menaklukkan berbagai wilayah di Nusantara hingga terciptanya Pax Neerlandica. Namun, demikian hingga akhir abad ke-19, beberapa kerajaan di Bali, dan awal abad ke-20, beberapa kerajaan di Nusa Tenggara Timur, masih mengadakan perjanjian sebagai negara bebas (secara hukum internasional) dengan Belanda. Jangan pula dilupakan hingga sekarang Aceh menolak disamakan dengan Jawa karena hingga 1912 Aceh adalah kerajaan yang masih berdaulat. Orang Aceh hanya mau mengakui mereka dijajah 33 tahun saja.

âKesimpulannya, tidak benar kita dijajah Belanda selama 350 tahun. Yang benar adalah, Belanda memerlukan waktu 300 tahun untuk menguasai seluruh Nusantaraâ papar Nina Herlina L dalam tulisannya.

mnurut opini di atas..berarti apa yang kita pelajari selama ini di SD,SMP,SMA, berarti salah dong??

Kenapa ya?
Q: Kenapa bangsa indonesia baru merdeka setelah 300th,dan itupun setelah suthasoma(kitab hindu) dipahami,yg inti ajaranya bhineka tunggal ika,tan hana dharma mangrwa!

A. Mohon maaf sebelumnya, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang memperoleh kemerdekannya dengan perjuangan. Kebanyakan dari negara-negara yang merdeka tersebut kemerdekaannya atas pemberian dari penjajahnya karena perubahan zaman yang terjadi, bahkan Hong Kong saja baru diberikan kembali kepada Cina pada tahun 1997, kebanyakan negara-negara yang diberikan kemerdekaannya oleh penjajah Inggris adalah negara-negara persemakmuran.

Perjuangan bangsa kita memang panjang, dimana karakter perjuangan pada saat itu masih bersifat kedaerahan, belum ada semangat nasionalisme, masih sangat tergantung pada pemimpin, dan mudah sekali di adu domba oleh penjajah Belanda.

Dengan seiringnya berjalan waktu, banyak putera bangsa kita yang mendapatkan pendidikan, ditambah lagi politik balas budi (politik etis) yang diprakarsai Van Deventer pada tahun 1900an memungkinkan berdirinya sekolah-sekolah untuk para priyayi. Hal ini yang selanjutnya mewarnai perjuangan bangsa Indonesia, dengan tumbuhnya semangat Nasionalisme pada saat sumpah pemuda.

Dan sejarah terus berlanjut …

(add)
Dan jangan lupa dengan agresi militer belanda I dan II yang banyak memberikan korban di dua pihak.

Dan juga perjuangan kemerdekaan dengan cara diplomasi, seperti:
- perundingan linggar jati
- perjanjian roem royen
- konferensi meja bundar
sampai akhirnya sebagai negara yang berdaulat penuh dapat menggelar konferensi skala Internasional, yaitu Konferensi Asia Afrika yang selanjutnya melahirkan gerakan non blok.

Artinya perjuangan secara fisik dan perjuangan secara diplomasilah yang membentuk negara kesatuan saat ini ditambah pembebasan irian barat melalui operasi trikora dan operasi seroja untuk merebut Timor Timur, yang akhirnya terlepas dari NKRI.

Saya sangat tidak setuju dengan pendapat bila kemerdekaan bangsa kita ini diperoleh bukan karena perjuangan secara fisik. Karena perjuangan bangsa kita melalui dua jalur, baik fisik dan diplomasi. Bangsa kita tidak akan ada tanpa adanya perjuangan fisik seperti Bung Tomo di Surabaya, Mohamad Thoha di Bandung, Panglima Soedirman dengan Gerilyanya, dan pahlawan-pahlawan nasional lainnya yang memimpin perjuangan di tiap daerah di bumi pertiwi ini. Dan yang paling penting segala perjuangan untuk kemerdekaan bangsa kita itu atas rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

apakah Alkitab = Kitab Suci? mengapa disebut Suci?
Q: Rev. David J. Fant, New York Bible Society:
Naskah Asli Alkitab Telah Hilang
âThe question naturally arises, do any of the original manuscripts of the Bible still exist? The answer is No. The original manuscripts were on papyrus and otheâ¦r perishable materials and have long since disappearedâ (Rev. David J. Fant, Simple Helps and Visual Aids to Understanding The Bible, hlm. 6).
(Persoalan yg biasanya ditanya, adakah naskah2 asli Alkitab masih ada sehingga kini? Jawabannya tidak. Naskah2 asli di atas papirus dan bahan2 lain yg mudah rusak semuanya telah lama hilang)

M.E. Kemp:
Nama penulis Alkitab Sejarah Tidak Diketahui.
âBerapa kitabkah yg termasuk dalam Kitab Sejarah dan apakah nama kitab2 itu? Kitab2 sejarah ada 12 kitab, yaitu: Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-raja, 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia dan Ester.
Siapakah penulis kitab2 Sejarah itu? Nama penulis kitab2 sejarah itu tidak diketahui dengan pasti, kecuali kitab Nehemia yg ditulis oleh Nehemia sendiriâ (M.E. Kemp, Bible Questions and Answers (edisi Indonesia: Tanya Jawab Alkitab), Yayasan Kalam Hidup, Bandung, cet. Ke-14, 1994, hal 23).

Dr David L Baker
(Teolog kelahiran Inggris, dosen bidang Perjanjian Lama di STT HKBP dan STT Jakarta), mengakui bahwa sebagian isi kitab Pengkhotbah itu negatif:
âPenulis Kitab Pengkhotbah merenungkan maksud kehidupan manusia di dunia yg fana ini dan mengungkapkan perasaannya bahwa segala sesuatu adalah sia2. Tidak ada gunanya! Seperti banyak manusia pada masa kini dia mengalami depresi dan frustasi. Boleh dikatakan dia seorang pesimis.
Kitab Pengkhotbah agak sulit ditafsirkan, karena sebagian isinya sangat negatif, demikian juga sikap penulisnyaâ (Dr David L Baker, Mari Mengenal Perjanjian Lama: Suatu Pengantar Ringkas, hlm. 94).

Stefan Leks, pakar bibliologi Katolik:
Teks asli Kitab Suci, Memang Tidak Ada.
âSalah satu pertanyaan dasariah yg sering kali dikemukakan para pembaca Kitab Suci (Alkitab) menyangkut teksnya sendiri adalah: sejauh manakah teks itu pasti? Jangan2 teks itu sudah diubah dan dimanipulasikan. Jangan2 ada teks2 yg disingkirkan oleh pihak tertentu, dan sebagainya.
Di seluruh dunia tidak usah dicari teks asli Kitab Suci, sebab teks itu memang tidak ada. Yg kita miliki sekarang ialah salinan dari salinan2 terdahulu, dan diantara bermacam-macam salinan yg kita miliki itu terdapat cukup banyak perbedaan. PL berisikan teks2 yg dibuat oleh bangsa Israel. Penyusunannya meliputi beberapa abad lamanya. Hampir semua teks itu dituliskan dalam bahasa Ibrani kuno, sedangkan beberapa bagiannya dituliskan dalam bahasa Aram, bahkan dalam bahasa Yunani. PB berisikan teks2 dalam bahasa Yunani (koine) yg pada abad pertama menjadi bahasa internasional Kristen. Proses penyusunannya meliputi beberapa puluh tahunâ (Stefan Leks, Inspirasi dan Kanon Kitab Suci, Kanisius, Yogyakarta 1992, hal. 73-74).

A. "Sesungguhnya petunjuk Allah
itulah petunjuk (yang benar)"
materi referensi:
Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga
kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah
itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti
kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak
lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
Perang Dunia Ke-1 dan Perang dunia ke-2?
Q: Pertanyaan :
1. Apa itu / Apa yang dimaksud dengan perang dingin ? Jelaskan!
2. Apa perbedaan PBB dengan LBB ? Jelaskan!
3. Apa isi perjanjian potsdam ?
4. Semangat "chauvinistis" digencarkan Jerman memiliki pengertian ?
5. Apa itu seinendan ?
6. Apa maksudnya irredenta ?
Terimakasih bagi yang dapat menjawabnya, saya tunggu jawaban secepatnya

A. 1. Perang dingin merupakan perang yang terjadi tanpa adanya bentrokan fisik, maksudnya pihak yang berperang saling menggertak satu sama lain dengan memperlihatkan kebolehannya dan kelebihannya tanpa menyerang satu sama lain.
2. A. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan setelah Konferensi Perdamaian Paris 1919, tepatnya pada 10 Januari 1920. Fungsi-fungsi utamanya termasuk melucuti senjata, mencegah perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan pertentangan antara negara-negara melalui negosiasi dan diplomasi, serta memperbaiki kesejahteraan hidup global. Meskipun awalnya menunjukkan keberhasilan dalam menjalankan tugasnya, LBB akhirnya gagal mencegah berbagai serangan yang dilakukan Kekuatan Poros pada tahun 1930-an. Munculnya Perang Dunia II kembali memperjelas keadaan bahwa LBB telah gagal dalam tugasnya mencegah pecahnya perang. Setelah Perang Dunia II, pada 18 April 1946, LBB resmi dibubarkan dan digantikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

B. Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia.
Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC. Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.

3. Isi Perjanjian Postdam berisi, antara lain sebagai berikut.
A. Jerman yang dikuasai oleh empat negara Sekutu dibagi dua, yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Jerman Timur, 1 zona dikuasai oleh Uni Soviet, sedangkan Jerman Barat, 3 zona dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.
B. Kota Berlin yang terletak di tengah daerah pendudukan Uni Soviet juga dibagi dua. Berlin Timur diduduki oleh Uni Soviet dan Berlin Barat dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.
C. Wilayah Danziq dan daerah Jerman di sebelah timur Sungai Oder dan Niesse diberikan kepada Polandia.
D. Demiliterisasi bagi Jerman.
E. Penjahat perang harus dihukum.
F. Jerman harus membayar kerugian perang.

4. Kesetiaan berlebihan pada negara sendiri.

5. Seinendan adalah organisasi barisan pemuda yang dibentuk tanggal 9 Maret 1943. Tujuannya adalah mendidik dan melatih para pemuda agar dapat mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri. Akan tetapi, maksud yang sebenarnya ialah untuk memper-siapkan pemuda Indonesia untuk membantu militer Jepang untuk menghadapi pasukan Sekutu.

6. Semboyan Italia untuk mencapai Italia Raya sehingga menjadi salah satu penyebab Perang Dunia II.

Powered by Yahoo! Answers