Portal Berita Indonesia

Bebaskan Hutang dengan Cara ini

Bebaskan Hutang dengan Cara ini Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Bebaskan Hutang dengan Cara ini

Hidup di masa sekarang memang terasa sulit, apalagi dengan kenaikan BBM, untuk itu anda harus berhemat dalam menjalankan hidup, hindari pula terlalu banyak hutang. Menurut para ahli di amerika, hutang menarik bagi seseorang pada awalnya saja, kemudian setelahnya itu sangat menjebalkan sehingga anda benar-benar ingin menyingkirkannya. Orang yang berhutang tidak hanya selalu untuk kehidupan sehari-hari [...]

Rating: 5

uHidup di masa sekarang memang terasa sulit, apalagi dengan kenaikan BBM, untuk itu anda harus berhemat dalam menjalankan hidup, hindari pula terlalu banyak hutang.
Menurut para ahli di amerika, hutang menarik bagi seseorang pada awalnya saja, kemudian setelahnya itu sangat menjebalkan sehingga anda benar-benar ingin menyingkirkannya.

Orang yang berhutang tidak hanya selalu untuk kehidupan sehari-hari tetapi ada juga tipe orang yang berhutang untuk membeli rumah, mobil ataupun bisnis.
mengubah gaya hidup sangat penting untuk terhindar dari hutang walau sulit ini tetap harus dijalankan demi menyelamatkan hidup anda.
Berikut tips dalam membantu mengubah gaya hidup agar terbebas dari hutang.

1. Bedakan Kebutuhan dengan keinginan
Sebelum anda membeli sesuatu, pelajarilah terlebih dahulu produk tersebut, apakah produk tersebut benar-benar anda butuhkan atau tidak. Jika tidak terlalu penting sebaiknya tunda terlebih dahulu.

2. Ubah gaya hidup Berbelanja
Bagi anda para wanita shopping atau berbelanja memang menjadi keasyikan tersendiri, bahkan sering tergoda membeli sesuatu diluar barang yang tidak sesuai dengan rencana awal. Anda bisa menghindarinya dengan mencatat barang yang dibutuhkan dan jangan sekali-kali keluar dari catatan itu.

3. Hati-hati belanja bulanan
Hindari membawa anak kecil dalam belanja di supermarket, karena mereka selalu minta barang yang aneh-aneh. ambil barang yang anda butuhkan dalam sebulan, tapi jangan lupa cek masa kadarluasanya.

4. Tepat waktu membayar tagihan
Jangan menunda-nunda membayar tagihan, agar bebas dari bunga keterlambatan. Hematlah dalam pemakaian listrik, air, telepon.

5. Stop bayar minimal batas hutang
Banyak perbankan yang mematok pembayaran hutang minimum per bulan sekitar 2 sampai 5% dari total, hindari umpan itu, karena anda akan terjebak membayar hutang dalam waktu cukup lama. Semakin anda hutang pada bank semakin banyak uang yang anda keluarkan.

6. Kurangi hiburan
Hindari terlalu sering nongkrong dengan teman-teman anda ataupun ber hura-hura, itu hanya memperburuk keuangan anda. Ada kalanya hiburan di rumah, misal dengan menonton film atau main game.