Portal Berita Indonesia

Bagaimana Sih Penerapan Hukum Pascal Dan Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Bagaimana Sih Penerapan Hukum Pascal Dan Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari-hari? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Bagaimana Sih Penerapan Hukum Pascal Dan Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Q: saya pingin tau gimana sih penerapan yang berhubungan dengan hukum pascal dan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari?misalnya seperti balon udara yang menggunakan hukum archimedes. A. Kalo hukum pascal:rem hidrolik (rem cakram)dongkrak hidroliksama alat buat ngangkat mobil di bengkel hukum archimedes:kapal selam Master fisika harap masuk dulu penting bro0? Q: 1.Sebuah balok berukuran 1m.2m.4m dan [...]

Rating: 5

Q: saya pingin tau gimana sih penerapan yang berhubungan dengan hukum pascal dan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari?misalnya seperti balon udara yang menggunakan hukum archimedes.

A. Kalo hukum pascal:
rem hidrolik (rem cakram)
dongkrak hidrolik
sama alat buat ngangkat mobil di bengkel

hukum archimedes:
kapal selam

Master fisika harap masuk dulu penting bro0?
Q: 1.Sebuah balok berukuran 1m.2m.4m dan massa jenisnya 3000kgm-3 akan diletakan di atas. Tekanan terbesar balok terhadap tanah adalah

2.tekanan hidrostatis pada dasar kolam renang yang dalam 3 meter adalah . . . . . .
(g=10m/s2 : pair=1000 kg/m3)

3.Pompa hidrolik memiliki piston kecil berdiameter 12 cm dan piston besar berdiameter 24cm. Piston kecil ditekan dengan gaya 100 N, maka piston besar menghasilkan gaya sebesar . . . . .

4.Penerapan hukum pascal terhadap pada . . . .
A.gelang kapal
B.kapal laut
C.pompa hidrolik
D.pesawat terbang
E.balon udara

5.sebesar benda beratnya 100N ketika ditimbang di udara dan 80N ketika di timbang dalam air. Jika massa jenis air 1gr/cm-3 maka massa jenis benda tersebut adalah . . .

6.sebuah balok terapung di air. Jika0,4 bagian balok muncul di permukaan, berapa massa jenis balok?
(pair=1gr/cm3)

A. 4. Pompa hidrolik
bagaimana penerapan hukum pascal dan archimedes dan jelaskan cara kerjanya?
Q: jawab ya

A. hukum pascal menyatakan bahwa perubahan tekanan yang dialami oleh cairan takfleksibel, yang berada di dalam wadah tertutup, akan disebarkan secara merata ke setiap bagian cairan tersebut dan terhadap permukaan cairan..

penggunaannya sangat banyak, salah satunya dongkrak hidrolik..

dongkrak hidrolik menggunakan dua buah silinder berisi cairan dengan volume dan luas permukaan yang berbeda, yang satu besar dan yang satu kecil..

jika kita memberi tekanan pada silinder kecil, maka tekanan yang sama akan muncul pada silinder besar..namun gaya yang dihasilkan berbeda..
karena gaya = tekanan x luas penampang, atau

F = P x A

maka, gaya yang dihasilkan pada silinder besar jauh lebih besar dibandingkan dengan gaya yang diberikan pada silinder kecil..inlah sebabnya kenapa seorang kernet bisa menganngkat truk yang beratnya belasan ton hanya dengan dongkrak hidrolik..

hukum archimides menyatakan bahwa besar gaya apung yang diterima oleh benda yang dicelupkanke dalam cairan takfleksibel, sama dengan berat volume cairan yang dipindahkan oleh benda tersebut..

hukum ini pun sangat penting dan digunakan dalam banyak sekali penerapan..

contoh paling sederhana adalah kapal laut.

besarnya gaya apung yang dialami kapal laut sama dengan berat air laut yang dipindahkan oleh bagian kapal yang masuk ke dalam air..

ada yang tau gak, penerapan hukum pascal pada hidrometer?
Q:

A. mungkin di hukum archimedes ? kan hidrometer adalah alat untuk mengukur massa jenis air ..

Powered by Yahoo! Answers