Portal Berita Indonesia

Bagaimana Cara Yang Terbaik Dan Benar Untuk Berdiet ??

Bagaimana Cara Yang Terbaik Dan Benar Untuk Berdiet ?? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Bagaimana Cara Yang Terbaik Dan Benar Untuk Berdiet ??

Q: aku berpostur tubuh pendek dan gemuk, aku sudah coba obat-obatan dan suplimen yang katanya bisa mengurangi berat badan, selain itu aku dah melakukan olah raga tapi hasilnya masih belum ada, kalau saja ada yang berpengalaman dan mengetahui cara yg baek dan benar, tolong yaa kasih tahu…..terima kasih A. Obat2-an/supplemen diet dan kemajuan alat2 kedokteran [...]

Rating: 5

Q: aku berpostur tubuh pendek dan gemuk, aku sudah coba obat-obatan dan suplimen yang katanya bisa mengurangi berat badan, selain itu aku dah melakukan olah raga tapi hasilnya masih belum ada, kalau saja ada yang berpengalaman dan mengetahui cara yg baek dan benar, tolong yaa kasih tahu…..terima kasih

A. Obat2-an/supplemen diet dan kemajuan alat2 kedokteran di bidang kecantikan pada dasarnya hanya sebagai alat bantu. Modal utama untuk menurunkan berat badan pada orang yang gemuk hanyalah dengan niat, kemauan dan usaha keras untuk menjadikan olahraga secara rutin dengan diet yang benar dan tepat guna sebagai gaya hidup sehat.

1) Diet adalah pengaturan pola makan sehat dengan asupan jumlah kalori dan nutrisi yang benar dan tepat, dan bukan pengurangan jumlah makanan yang akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan kehilangan mood. Diet yang benar untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan makanan sehat 5-6 kali sehari dengan porsi kecil-sedang (stop makan sebelum rasa kenyang tercapai). Pilih dan konsumsi menu yang sehat, berserat tinggi, mengenyangkan, mempercepat metabolisme tubuh dan sekaligus yang mengurangi lemak tubuh. Perbandingan komposisi makanan yang ideal dan sehat antara protein, karbohidrat dan lemak untuk yang ingin menurunkan berat badan adalah 50% : 40% : 10%. Karbohidrat yang dikonsumsi adalah yg memiliki nilai glikemik ‘rendah – sedang’ contohnya nasi merah, roti gandum, pasta, oatmeal, ubi; sayur2-an terutama brokoli, wortel, buncis dan sayur2-an hijau seperti sawi, bayam, kangkung; buah2-an dengan rasa manis sedang seperti apel, belimbing dan pepaya. Jadi sebisa mungkin jangan makan nasi putih (kecuali kalau berat badan anda sudah ideal, anda bisa makan nasi putih dan makan enak sehari dalam seminggu). Stop (atau minimal kurangi sebanyak mungkin) gula, gorengan, makanan berlemak jahat (saturated fat) dan makanan2 yang terlalu manis, asin dan gurih. Gunakan gula diet secukupnya apabila memang masih membutuhkan gula.

Minum air putih 3-3,5 liter per hari, dan jika memungkinkan konsumsi pula air distilasi yang berguna untuk mengeluarkan sampah2 mineral yang tidak berguna dalam tubuh. Jika sedang berolahraga bisa mengkonsumsi air oksigen untuk membantu proses metabolisme dan mempercepat perbaikan sel tubuh yang rusak. Minum teh hijau 3-4 gelas sehari, terutama sehabis makan.

2) Untuk hasil terbaik, berlatihlah olahraga beban 3-4 kali seminggu dan latihan kardio 2-3 kali seminggu namun tidak overtraining. Sesuaikan durasi dan beban dengan bobot tubuh dan kemampuan anda. Untuk pemula sebaiknya memulainya dengan berolahraga 2 kali seminggu dengan durasi 30 menit dan pelan2 menaikkan intensitas latihan dan durasi jika sudah biasa. Jangan melakukan olahraga kardio saja tanpa diimbangi latihan beban dan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, apalagi berlatih secara ekstrem, karena anda akan membakar lemak sekaligus otot anda. Andapun akan kehilangan tumpukan air di bawah kulit yang cukup besar sehingga bukannya malah sehat dan bugar tapi tubuh anda akan mengalami dehidrasi dan kelelahan (stress) sehingga akan memacu tubuh untuk memproduksi hormon kortisol yang justru memecah protein otot anda untuk dijadikan bahan bakar/energi. Tubuh andapun akan jadi rentan terhadap radikal bebas. Gunakan solusi yang sehat dan cerdas, bukan solusi yang tidak tepat guna dan malah merusak tubuh. Oleh sebab itu penurunan berat badan yang sehat sebaiknya maksimal 1 kg per minggu. Selalu konsultasikan dulu dengan dokter dan pelatih yang sudah berpengalaman sebelum menjalani diet dan olahraga beban atau olahraga apapun juga.

3) Jika dana memungkinkan, boleh saja mencoba supplemen fat burner yang tepat untuk anda, baik yang bersifat Lipotropik maupun Thermogenik, khususnya jika umur sudah di atas 35 tahun karena metabolisme tubuh mulai menurun. Jika anda masih berumur belasan atau setidaknya masih kepala dua, maka saya kira tidak perlu mengkonsumsi obat2-an/supplemen fat burner. Coba dengan cara yang lebih natural selama metabolisme tubuh anda masih berada pada rentang umur yang bagus. Anda juga bisa mencoba kemajuan peralatan kedokteran yang juga berfungsi sebagai fat burner yaitu teknik mesotherapy atau diathermy yang semuanya aman karena bukan operasi, di mana pada prinsipnya teknik ini hanya membantu mematikan sel2 lemak pada bagian2 tubuh yang dikehendaki dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun jenis/metode fat burner apapun yang dipakai haruslah diimbangi dengan diet yang benar, tepat dan sehat plus olahraga beban dan kardio secara rutin. Tanpa diet dan olahraga yang rutin maka jenis/metode fat burner apapun juga tidak akan membawa hasil yang baik karena fat/lemak akan kembali menumpuk dengan mudah di tubuh anda.

4) Tidur harus cukup, yaitu sekitar 7 jam sehari.

kandungan gizi dara putih telur?
Q: jelasin dong…ada yg tau gak kandunga gizi dari putih telur en bagus gak setiap hari makan 3 butir telur rebus tp,putih’nya aja thanks yg sdh mau ngejelasin en GBU always

A. Putih telur sangat baik untuk tubuh karena merupakan sumber protein yang bebas lemak. Dalam 1 butir putih telur rata2 terkandung 3-3,5g protein. Jika putih telur digunakan sebagai sumber protein untuk olahraga beban, maka jumlah ini sangat kecil karena dalam 1 hari diperlukan minimal 2g protein per kg berat badan. Oleh sebab itu putih telur lebih umum digunakan sebagai menu sarapan ringan pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum tubuh mendapatkan makanan utama. Hal yang tidak baik dalam putih telur saya kira kalau dikonsumsi sampai puluhan butir (kecuali bagi seorang body builder yang sudah terbiasa mengatur menu dietnya sendiri). Ini disebabkan kandungan sodium dalam putih telur cukup tinggi, sekitar 50g. Sodium diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan air, mineral dan volume darah, dan bertugas mengantarkan glukosa dan asam amino ke dalam sel2 tubuh. Dalam menu makanan kita sehari2 sangat jarang kita kekurangan sodium, malah sering terjadi sebaliknya yaitu kelebihan. Jika kita terus menerus kelebihan sodium tentunya akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Jadi seandainya anda mengkonsumsi putih telur sampai katakanlah 20-30 butir seperti seorang body builder, tentunya konsumsi akan sodium menjadi berlebihan karena dalam makanan kita yang lain masih banyak terdapat sodium. Jika hanya mengkonsumsi 3 butir putih telur saja setiap hari tentu bukan masalah dan malah menyehatkan.

Kandungan rata2 putih telur:

Calories 17
Total Fat 0.1g
Saturated Fat 0g
Cholesterol 0mg
Sodium 55mg
Total Carbs. 0.2g
Dietary Fiber 0g
Sugars 0.2g
Protein 3.6g
Calcium 2.3mg
Potassium 53.8mg

gimana cara mengurangi minum kopi?? help me…?
Q: saat ini aku bener-bener over minum kopi samapai kena insomnia segala, sehari bisa sampai 7-8 gelas apalagi kalau gak ada kegiatan bisa-bisa dalam hitungan menit aku minum kopi belum lagi kalau sambil merokok bisa-bisa minum kopi kayak minum air putih bro..gimana cara mengurangi minum kopi dan merokok?? sebelum n sesudahnya makasih ya udah bantu.

A. Bagiku, teman terbaik ngeblog di pagi hari adalah kopi. Pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi -red) sering aku menanyakan tentang kebiasaan mereka minum kopi. Bukan hal yang mengejutkan kalau pada kenyataannya mereka rata-rata minum 5 cangkir kopi sehari! Lalu aku pun menyarankan mereka untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi, padahal kopi dari Indonesia memiliki cita rasa yang tinggi dan digemari di seluruh dunia. Rugi? Nah, sebelum bergabung dengan kelompok orang yang tidak boleh minum kopi dan hanya bisa menelan ludah melihat orang lain mengecup si hitam manis ini, ada baiknya kita ketahui â7 Tips Sehat Minum Kopiâ berikut:

Blog and Coffee

1. Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat.

2. Sinyal Bahaya
Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami âcaffeine withdrawalâ yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru.

3. Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri!

4. Kenali Kandungan Caffeine
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine seperti misalnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

Cara pengolahan (roasting dan brewing) juga berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol âbaikâ) sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

5. Coffee Mix
Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lhoâ¦

6. Kelompok Anti-Kopi
Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, kalau sudah termasuk kelompok ini, lupakan kopi!

7. Check Up
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya. JNC VII mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut :

Klasifikasi

Sistolik (mmHg)

Diastolik (mmHg)

Normal

< 120

Dan

<80

Pre Hipertensi

120-139

Atau

80-89

Hipertensi stage 1

140-159

Atau

90-99

Hipertensi stage 2

> 160

Atau

> 100

Demikianlah â7 Tips Sehat Minum Kopiâ.

YESUS MENGUBAH AIR MENJADI ANGGUR, bukan menjadi MIRAS?
Q: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110415110106AAZMdpf
—————————-

Tanaman anggur menghasilkan buah anggur yang dapat langsung dimakan, maupun buah anggur yang dapat diolah menjadi minuman anggur atau Yayin dalam bahasa Ibrani dan Oinos dalam bahasa Yunani, yang kita kenal dengan Wine dalam bahasa Inggris. Kata anggur banyak digunakan dalam Alkitab sebagai perumpaan untuk menggambarkan sesuatu. Sedangkan minuman anggur juga digunakan untuk persembahan kepada Tuhan dan minuman pada perjamuan kudus. Minuman anggur juga ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh.

Anggur dalam perjanjian lama

Ada 297 ayat dalam Alkitab perjanjian lama yang menyebut kata anggur. Kata anggur dalam Alkitab perjanjian lama merupakan kata yang sering dijadikan sebagai lambang berkat dan kutuk bagi orang Israel.

Anggur dalam perjanjian baru

Dalam perjanjian baru Ada 59 ayat yang menyebut kata anggur. Anggur digambarkan sebagai ajaran perjanjian baru. Kata anggur digunakan sebagai perumpamaan ajaran-ajaran Yesus. Yesus juga menyebut diri-Nya sebagai pokok anggur yang benar dan kitalah ranting-ranting-Nya.

Minuman anggur sebagai perlambang darah Yesus yang apabila kita meminumnya sesuai dengan aturan dalam perjamuan kudus maka akan bermanfaat bagi jiwa kita, sebagai peringatan akan tercurahnya darah Yesus dalam kematian-Nya dikayu salib. Anggur sebagai perlambang darah Yesus yaitu hanya melalui darah-Nya seseorang diperdamaikan dengan Allah.

Catatan:
Manfaat minuman anggur bagi tubuh kita

Menurut sebuah artikel di Koran Kompas edisi 1 juni 2010, minuman anggur (Wine) merupakan minuman bergizi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Minuman ini dapat menurunkan kolesterol darah, mengurangi berat badan, mampu menangkal kanker, dan membuat jantung sehat.

Dilihat dari komposisi gizinya, wine termasuk minuman yang mempunyai kandungan gizi yang cukup baik. Kandungan energi pada wine sangat bervariasi, tergantung jenisnya, yaitu antara 50-160 kkal/100 g. Energi pada wine umumnya berasal dari karbohidrat, terutama gula. Wine tidak mengandung lemak sama sekali, sehingga jangan khawatir menjadi gemuk akibat konsumsi wine dalam jumlah wajar setiap hari. Kandungan mineral yang cukup berarti pada wine adalah: kalium (antara 80 â 112 mg/100 g), kalsium, fosfor, magnesium, besi, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Kandungan natrium pada wine umumnya rendah, kecuali pada cooking wine.

Lindungi Jantung, Cegah Kanker
Di Prancis, jumlah penderita jantung koroner jauh lebih kecil daripada penduduk Amerika Serikat, bahkan paling kecil dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Padahal, masyarakat Prancis lebih banyak mengonsumsi lemak dan merokok, serta relatif kurang bergerak. Para peneliti mengaitkan fenomena tersebut dengan kebiasaan orang Prancis yang menyukai red wine dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah penelitian di Eropa menunjukkan bahwa wine merah mengandung senyawa fenol yang lebih tinggi dari wine putih. Fenol atau flavonoid merupakan antioksidan yang sangat kuat, sehingga mempunyai efek kardioprotektif (melindungi jantung dari serangan radikal bebas).

Flavonoid dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat daripada vitamin E. Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan, menghambat penggumpalan keping-keping sel darah, merangsang produksi oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pada saat fermentasi wine merah, senyawa flavonoid yang kompleks terurai menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah diserap tubuh ketimbang yang terdapat pada buah segar. Adanya alkohol (10 persen) dalam wine membuat kandungan flavonoid stabil.
Turunkan Kolesterol dan Berat Badan

Dibandingkan dengan wine merah, wine putih kurang begitu populer. Komposisi kimia wine putih yang bermanfaat bagi tubuh memang tidak sehebat wine merah. Pada wine putih tidak terdapat resveratrol dan quersetin yang menjadi ciri khas dari buah anggur.

Proses pembuatan wine putih tidak dilakukan bersama kulit buah anggur, padahal polifenol terbanyak justru ada pada kulit anggur. Kandungan asam amino histamin dan tanin pada wine putih juga lebih rendah daripada wine merah.

A. Peristiwa Yesus mengubah air menjadi anggur, tak mungkin terjadi tanpa ketaatan. Sebelum peristiwa ini terjadi, Yesus belum pernah melakukan mukjizat. Dari mana tahunya? Yohanes menuliskan, inilah tanda pertama yang Yesus buat. Artinya, sebelumnya tak pernah terjadi. Bisa Anda bayangkan ketika Yesus meminta para pelayan mengisi tempayan-tempayan itu penuh dengan air. Ini bukan hal mudah. Ada âperangâ antara logika di satu sisi tapi iman di sisi lain. Namun, ajaib, para pelayan melakukannya tanpa keluhan, tanpa protes. Belum lagi ketika Yesus menyuruh mereka mencedok dan membawanya kepada pemimpin pesta. Hal ini bisa menegangkan. Bila tidak terjadi apa-apa (air tidak berubah menjadi anggur), bukankah ini memicu masalah baru? Harganya terlalu tinggi. Risikonya terlalu besar. Namun, lagi-lagi para pelayan melakukan tanpa menggerutu. Kok bisa? Pasti dalam diri mereka ada sesuatu. Apa itu? Mereka beriman kepada Yesus walaupun sebelumnya tak pernah menyaksikan Yesus membuat mukjizat. Itulah iman.

Powered by Yahoo! Answers