Portal Berita Indonesia

Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi?

Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi?

Q: A. Saya melihat dari satu sisi yaitu efek negqatif pada budaya. Cara mengatasi seperti disampaikan oleh Tim Pokja, Puslitbang SDM Balitbang Dephan, di situs http://koesjreng.blogspot.com/2010/09/dampak-negatif-globalisasi.html Strategi.§ Sasaran.Terwujudnya pengembangan budaya nasional melalui pendekatan multi kultural yang berdasarkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan dan keadilan.§ Pemahaman budaya kepemim-pinan yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan pembangunan, khususnya bidang [...]

Rating: 5

Q:

A. Saya melihat dari satu sisi yaitu efek negqatif pada budaya. Cara mengatasi seperti disampaikan oleh Tim Pokja, Puslitbang SDM Balitbang Dephan, di situs http://koesjreng.blogspot.com/2010/09/dampak-negatif-globalisasi.html

Strategi.
§ Sasaran.Terwujudnya pengembangan budaya nasional melalui pendekatan multi kultural yang berdasarkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan dan keadilan.
§ Pemahaman budaya kepemim-pinan yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan pembangunan, khususnya bidang pertahanan negara.
§ Terealisasinya sosialisasi dan pencarian solusi pengaruh negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa.

Metoda.
§ Akulturasi budaya asli dan budaya asing untuk pembentukan budaya nasional yang mendukung pembangunan nasional.
§ Konsolidasi peningkatan pemahaman dan kesadaran tugas dan fungsi yang diemban guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
§ Regulasi dan deregulasi untuk mengatur dan mengatur kembali undang-undang yang sesuai dengan perkembangan lingkungan.
§ Koordinasi antar berbagai pihak yang terkait guna memperoleh visi yang sama untuk mencapai keselarasan tindakan dalam upaya penanggulangan pengaruh negatif globalisasi.
§ Pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam hal analisis pengaruh negatif globalisasi.

Upaya-upaya.
§ Meningkatkan pemahaman dan analisis informasi didasarkan pada nilai-nilai budaya asli Indonesia dengan peningkatan kemampuan logika, analisis bahasa dan analisis wacana.
§ Meningkatakan pembinaan terhadap pendidikan agama, pancasila dan kewarga-negaraan dengan meningkatkan pemahaman dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Pemahaman budaya kepemimpinan yang diharapkan mampu mewujudakan tujuan pembangunan khususnya di bidang pertahanan negara.
§ Filter terhadap budaya asing dengan meningkatkan internalisasi budaya asli, pemahaman terhadap nilai-nilai budaya asing dan analisis kesesuaiannya dengan nilai budaya asli. Filter untuk mewujudkan budaya nasional yang dinamis dan stabil.
§ Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka internalisasi nilai-nilai budaya nasional.

mw nnya niy kakak….dampak positif n negatif globalisali dlm tngkah laku kita sehari hari ap aj??? thx…?
Q:

A. lingkungan gmana..,ikuti lingkungan dulu,tapi klo ktemu org org yg global juga,baru kode kode pengetahuan globalisasi kita pakai tuk bergaul dan menambah wawasan or network,lingkungan tempat tinggal,bakalan lama kita di situ,mesti jaga sikap banget,trim :)

Powered by Yahoo! Answers