Portal Berita Indonesia

Api PON Gelorakan Riau (PON XVIII 2012)

Api PON Gelorakan Riau (PON XVIII 2012) Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang Api PON Gelorakan Riau (PON XVIII 2012)

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Tono Suratman mendapat Kehormatan Melakukan Pengambilan Api dari sumur minyak pertama Minas Kabupaten Siak, Sebagai sumber Api Obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 Pekanbaru Riau, Pada hari kamis 6 September. Pak Tono Suratman di damping Gubernur Riau Dt Seri DR HM Rusli Zainal SE MP. Well Minas [...]

Rating: 4

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Tono Suratman mendapat Kehormatan Melakukan Pengambilan Api dari sumur minyak pertama Minas Kabupaten Siak, Sebagai sumber Api Obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 Pekanbaru Riau, Pada hari kamis 6 September. Pak Tono Suratman di damping Gubernur Riau Dt Seri DR HM Rusli Zainal SE MP.

Well Minas dipilih sebagai tempat Penyulutan Api PON Riau XVIII 2012 karena memiliki nilai Historis sebagai salah satu sumur eksplorasi minyak pertama di Provinsi Riauyang aktif Sejak tahun 1950 Hingga saat ini.

Api PON merupakan symbol penyemangat bagi para Atlet. Jadi, kita berharap api yang di ambil dari sumber Gas alam dari sumur pertama lading minyak di Provinsi Riau bias Membakar Semangat nya, Kata Rusli Zaaenal. Dari sana, Api PON di sebar ke-12 obor untuk di kirab ke kabupaten atau Kota, dan satu obor Utama untuk disemayamkan di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.

Pak Tono Suratman terpilih karena Mentri Badan Negara Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan iskan, Mentri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (MENKOKESRA) Agung Laksono, dan Mentri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng yang Terpilih Sebelum nya Berhalangan Hadir dalam acara Pembukaan PON Penyulutan Api PON XVIII 2012 Riau –Pekanbaru ini.
Penyambutan Obor Api utama dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau Mambang Mit.

Api pada obor utama akan disemayamkan di Kantor Gubernur Hingga tanggal 11 September Pada saat Pembukaan Resmi PON XVIII Riau. Obor Api utama di letakkan di tangan Kanan Patung Maskot PON XVIII Riau, Burung Serindit. Rencananya, Pembukaan PON XVIII Riau Pekanbaru akan di pimpin langsung oleh presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedangkan, duabelas obor lain nya akan di kirab berkeliling daerah hingga ke perkampungan-perkampungan. Rencananya, pada saat Pembukaan PON XVIII Riau nanti, Seluruh obor yang ada juga akan disulutkan ke sebuah tungku yang ada di tiap duabelas Kabupaten dan Kota yang Tersebar di Riau.

Api PON XVIII Tahun 2012 yang menyala selama 12 hari di kaldron Stadion Utama Pekanbaru.



One comment

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.