Portal Berita Indonesia

Apakah TRITUNGGAL Dalam Ajaran ALKITAB?

Apakah TRITUNGGAL Dalam Ajaran ALKITAB? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apakah TRITUNGGAL Dalam Ajaran ALKITAB?

Q: Ketika mempelajari topik ini kita perlu ingat bahwa kata âTritunggal (Trinitas)â tidak digunakan dalam Alkitab. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan ketritunggalan Allah, yaitu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan. Haruslah dimengerti bahwa ini TIDAK berarti ada tiga Allah. Tritunggal berarti satu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi. Tidak ada [...]

Rating: 4

Q: Ketika mempelajari topik ini kita perlu ingat bahwa kata âTritunggal (Trinitas)â tidak digunakan dalam Alkitab. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan ketritunggalan Allah, yaitu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan. Haruslah dimengerti bahwa ini TIDAK berarti ada tiga Allah. Tritunggal berarti satu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi. Tidak ada salahnya menggunakan istilah Tritunggal atau Trinitas walaupun istilah ini tidak ditemukan dalam Alkitab. Lebih gampang mengucapkan âTritunggalâ atau âTrinitasâ daripada mengatakan âAllah yang Esa yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama dalam kekekalan.â Jikalau Anda keberatan dengan ini, coba pertimbangkan: kata kakek juga tidak ada dalam Alkitab walaupun kita tahu bahwa dalam Alkitab ada banyak kakek. Abraham adalah kakek dari Yakub. Jadi jangan kandas pada istilah âTritunggalâ itu sendiri. Apa yang penting adalah bahwa konsep yang DIWAKILI oleh kata âTritunggalâ ada dalam Alkitab. Setelah pendahuluan ini, kita akan melihat ayat-ayat Alkitab yang mendiskusikan Tritunggal.

1) Allah itu Esa: Ulangan 6:4; 1 Korintus 8:4; Galatia 3:20; 1 Timotius 2:5

2) Tritunggal terdiri dari tiga Pribadi: Kejadian 1:1; 1:26; 3:22; 11:7; Yesaya 6:8; 48:16; 61:1; Matius 3:16-17; Matius 28:19; 2 Korintus 13:14. Untuk ayat-ayat dari Perjanjian Lama, pemahaman Bahasa Ibrani sangatlah menolong. Dalam Kejadian 1:1, kata âElohimâ adalah dalam bentuk jamak. Dalam Kejadian 1:26; 3:22; 11:7 dan Yesaya 6:8, kata jamak âkitaâ yang digunakan. Dalam Bahasa Inggris hanya ada dua bentuk kata, tunggal dan jamak. Dalam Bahasa Ibrani ada tiga macam bentuk kata: tunggal, dual dan jamak. Dual HANYA digunakan untuk dua. Dalam Bahasa Ibrani, bentuk dual digunakan untuk hal-hal yang berpasangan, seperti mata, telinga dan tangan. Kata âElohimâ dan kata ganti âkitaâ adalah dalam bentuk jamak- jelas lebih dari dua â dan menunjuk pada tiga atau lebih dari tiga (Bapa, Anak, Roh Kudus).

Dalam Yesaya 48:16 dan 61:1 sang Anak berbicara dan merujuk pada Bapa dan Roh Kudus. Bandingkan Yesaya 61:1 dengan Lukas 4:14-19 untuk melihat bahwa yang berbicara adalah Anak. Matius 3:16-17 menggambarkan peristiwa pembaptisan Yesus. Dalam peristiwa ini kelihatan bahwa Allah Roh Kudus turun ke atas Allah Anak sementara pada saat bersamaan Allah Bapa menyatakan bagaimana Dia berkenan dengan sang Anak. Matius 28:19 dan 2 Korintus 13:14 adalah contoh mengenai tiga Pribadi berbeda dalam Tritunggal.

3) Pribadi-Pribadi dalam Tritunggal dibedakan dari satu dengan yang lainnya dalam berbagai ayat. Dalam Perjanjian Lama, âTUHANâ berbeda dari âTuhanâ (Kejadian 19:24; Hosea 1:4). TUHAN memiliki âAnakâ (Mazmur 2:7; 12; Amsal 30:2-4). Roh Kudus dibedakan dari âTUHANâ (Bilangan 27:18) dan dari âAllahâ (Mazmur 51:12-14). Allah Anak dibedakan dari Allah Bapa (Mazmur 45:7-8; Ibrani 1:8-9). Dalam Perjanjian Baru, Yohanes 14:16-17, Yesus berbicara kepada Bapa tentang mengutus Sang Penolong, yaitu Roh Kudus. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus tidak memandang diriNya sebagai Bapa atau Roh Kudus. Perhatikan pula saat-saat lain dalam kitab-kitab Injil ketika Yesus berbicara kepada Bapa. Apakah Dia berbicara kepada diri sendiri? Tidak. Dia berbicara kepada Pribadi lainnya dalam Tritunggal, – Sang Bapa.

4) Setiap Pribadi dalam Tritunggal adalah Allah. Bapa adalah Allah: Yohanes 6:27; Roma 1:7; 1 Petrus 1:2. Anak adalah Allah: Yohanes 1:1, 14; Roma 9:5; Kolose 2:9; Ibrani 1:8; Yohanes 5:20. Roh Kudus adalah Allah: Kisah Rasul 5:3-4; 1 Korintus 3:16 (Yang mendiami adalah Roh Kudus â Roma 8:9; Yohanes 14:16-17; Kisah Rasul 2:1-4).

5) Subordinasi dalam Tritunggal: Alkitab memperlihatkan bahwa Roh Kudus tunduk (subordinasi) kepada Bapa dan Anak, dan Anak tunduk (subordinasi) kepada Bapa. Ini adalah relasi internal dan tidak mengurangi atau membatalkan keillahian dari setiap Pribadi dalam Tritunggal. Ini mungkin adalah bagian dari Allah yang tidak terbatas yang tidak dapat dimengerti oleh pikiran kita yang terbatas. Mengenai Anak, lihat Lukas 22:42; Yohanes 5:36; Yohanes 20:21; 1 Yohanes 4:14. Mengenai Roh Kudus lihat Yohanes 14:16; 14:26; 15:26; 16:7, dan khususnya Yohanes 16:13-14.

6) Pekerjaan dari setiap Pribadi dalam Tritunggal: Bapa adalah Sumber utama atau Penyebab utama dari a) alam semesta (1 Korintus 8:6; Yohanes 1:3; Kolose 1:16-17); b) pewahyuan illahi (Yohanes 1:1; Matius 11:27; Yohanes 16:12-15; Wahyu 1:1); c) keselamatan (Yohanes 3:16-17); dan d) pekerjaan Yesus sebagai manusia (Yohanes 5:17; 14:10). Bapa MEMULAI semua ini.

A. Tritunggal atau Trinitas adalah doktrin Iman Kristen yang mengakui Satu Allah Yang Esa, namun hadir dalam Tiga Pribadi: Allah Bapa dan Allah Putra dan Allah Roh Kudus, di mana ketiganya adalah sama esensinya, sama kedudukannnya, sama kuasanya, dan sama kemuliaannya. Istilah Tritunggal (Inggris: trinity, Latin: trinitas) mengandung arti tiga Pribadi dalam satu kesatuan esensi Allah. Istilah "pribadi" dalam bahasa Yunani adalah hupostasis, diterjemahkan ke Latin sebagai persona (Inggris: Person).

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Shield-Trinity-Scutum-Fidei-English.svg

Allah Bapa
Allah sebagai Bapa yang memelihara, yang memberikan kasih seorang Bapa Sejati yang sangat mesra, begitu penyayang dan begitu tertib penuh ketegasan (disiplin). Bapa Sorgawi tidak pernah sama dengan para bapa (bapak-bapak atau para ayah) dunia ini dalam hal kasih dan karakter yang tidak dapat terbandingi dengan kasih dan karakter Bapa Sorgawi. Allah sebagai Bapa Sorgawi merupakan Bapa yang sempurna dari segala bapa (bapak-bapak atau para ayah) dunia ini yang adalah gambaran dan rupa (duplikat dan bayangan) dari Sang Bapa Sorgawi yang murni.
Bapa (Kepribadian Bapa) tidaklah lebih tinggi daripada Anak ataupun juga dengan Roh Kudus.

Allah Anak
Allah sebagai teladan dengan Ia merendahkan diri-Nya dalam rupa manusia dan mengenakan nama Yesus yang adalah Kristus (Allah yang datang sebagai manusia), taat pada semua hukum yang telah Ia tetapkan, mati di kayu salib, dikuburkan, lalu bangkit pada hari yang ketiga, dan naik ke surga dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan mati. Ia adalah teladan iman sejati dan sumber kehidupan bagi orang Kristen. Allah telah menunjukkan kasih-Nya yang terbesar dengan menjadi Anak yang mati di kayu salib. Ini adalah berita Injil yang adalah kekuatan Allah. Alkitab menyatakan bahwa Anak merupakan yang Anak sulung Allah dari semua anak-anak Allah dimaksudkan bahwa Anak pun merupakan "Sahabat Sejati" yang rela mengorbankan Nyawa-Nya dan tidak menyayangkannya sama sekali untuk manusia dapat diterima sebagai anak-anak Allah.
Anak (Kepribadian Anak) tidak pernah lebih rendah daripada Bapa.

Allah Roh Kudus
Allah sebagai Pembimbing, Pendamping, Penolong, Penyerta, dan Penghibur yang tidak terlihat, namun berada dalam hati setiap manusia yang mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan hidup didalam-Nya.

(Bhs Indonesia kelas XI) Surat Perjanjian Jual Beli Tanah?
Q: Tlg kasih saya link mengenai Surat Perjanjian jual beli tanh dong… ini tugas Bahasa Indonesia saya, n mesti ada 7 pasal di dalamnya. Dan sy butuh contoh yang BENAR, karena akan diperiksa nantinya! Terima kasih:)

A. Pilihan cerdas, tanya ke Mr.Gogle: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Buat User Muslim Sekalian…….?
Q: apa Beda Bank Biasa Dengan Bank Syariah…???
Tolong Kasih contoh Mengenai
Syarat-syarat Pengambilan Kredit/Hutang …
dan Syarat-syarat/ketentuan Penghitungan Bunga simpanan….

ImanSejati
by @Gadaku Indonesia
@muhammad S….

Bagi Kita Penabung…
Apa Bedanya…

Kita Menabung..Pada Saat Kita Membuka rekening dikatakan Bunga / tahun sekian2…
Tapikan pada pas Penghitungan bunga Bisa Berubah Berdasarkan Kondisi Perbankan yang Ada…
Bahkan bisa tidak Dibayar Bunga Kita Kalau Banknya Rugi/Bangkrut….
apakah tidak Sama Dengan Bagi Hasil….
Saya Rasa Dalam Menghitung Bunga.. Bang Juga Pakai Itung-itungan Penghasilan Bank Tersebut… Setalitigauang Dengan Bagi Hasil…

Bagi Kita Penabung…
Tetap Saja Kita Mendapat Keuntungan Dari Uang Kita Yang Kita Pinjamkan Ke Bank…
atau Sebaliknya…

A. Belajar ekonomi syariah ga bisa di sini aj sob.. Perlu brtahun2, itu pun kuliah di jurusan khusus. Ada bnyk istilah yg ga ada di ekonomi pasar/konvensional.

Ane pun msh bljr untuk mengerti wlw sedikit2.
Contoh:
1. bunga bank.
Bank prinsipnya: tarik uang dr nasabah >> putar uangnya di saham or pinjamkan ke org >> dpt keuntungan dr saham or dr pinjaman (bunga) dari org td >> kasi keuntungan sedikit ke nasabah td (dlm bentuk bunga simpanan).

Yg jd permasalahan adalah bnyk proses yg tdk Islami yg bisa ikut d proses tsb, bisa jd uang yg kita simpan digunakan untuk proyek2 yg haram di mata Islam, misal di pabrik pembuatan wine (anggur) yg trmasuk khamr.

Kemudian ttg bunga, Islam mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli.
Riba berarti ngambil uang lbh dr yg kita pinjamkan.
Kalo kamu pinjam ke bank, maka kamu akan dikenakan bunga 6-10% ga pduli berapapun keuntunganmu, ini dikatakan riba. Dalam bank syariah, yg ada adalah bagi hasil, perjanjian, sekian persen DARI HASIL/KEUNTUNGAN yg kita dapet, jd kalo kita ga dapet untung, ya kita kembalikan sesuai yg dipinjam. Bgtupun bank, jika mrk ga dpt untung dr proyek2 yg mrk danai, maka simpanan kita ga akan dpt bg hasilnya. Kalo untungnya bnyk, ya kita jg dpt bnyk. Ga mesti harus sekian %.
Jd lbh fair.

2. Kredit.
Dalam bank syariah, kreditnya berijab sewa. Contoh, gw kredit laptop. Kalo bank umum, gw ijabnya beli dgn nyicil 6 bulan dgn bayar sejumlah uang.
Kalo di syariah, kita ijabnya menyewa laptop tsb dgn membayar sejumlah uang slama 6 bulan, trus setelah itu laptopnya jd milik kita.
Jd apa bedanya?
Sepintas ga trlihat bedanya, tp coba di pikir, kalo pake konsep sewa, kalo barang yg gw sewa trnyata ilang apakah tetap gw wajib bayar sewa?
Bandingkan dgn kredit.

Msh bnyk lg pren, ekonomi syariah itu luas. Intinya harus sama2 untung, ga ada yg dirugikan, bahkan spekulasi yg trlalu brbhaya pun dilarang. Makanya larinya ke proyek sektor real yg "lebih pasti".

Lbh lengkapnya search aj di google: perbedaan perbankan syariah.

Mengenai perjanjian lama dan perjanjian baru,manakah ayat yang sesungguhnya benar?
Q: contoh dua ayat dulu:

1. TUJUH RATUS atau TUJUH RIBU TO?
�Daud menawan dari padanya seribu kereta, TUJUH RATUS orang pasukan berkuda, dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki� (II Samuel 8:4)

Bandingkan dengan ayat lain:
�Daud merebut dari padanya seribu kereta, TUJUH RIBU orang pasukan berkuda, dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki� (I Tawarikh 18:4)

2. TOI atau TOU, YORAM atau HADORAM?
�Ketika didengar Toi, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer, maka TOI mengutus Yoram, anaknya kepada raja Daud utnuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Toi. Dan Yoram membawa barang-barang perak, emas, dan tembaga� (II Samuel 8:9-10)

Bandingkan dengan ayat lain :

�Ketika didengar Tou, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer, raja Zoba, maka ia mengutus Hadoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Hadoram membawa pelbagai barang-barang perak, emas dan tembaga�(I Tawarikh 18:9-10)

Bahas no 2:
yang dimaksud raja hamat itu TOI apa TOU to ndok?
apakah YORAM dan HADORAM adalah satu?

Ataukah anda akan mengatakan lain?
Saya Muslim coy..

A. Ini ma pertanyaan kadaluarso.. .. Jawabnya gampang sih… Tp jawab ga yaaa… Ya udah biar darahnya naik keubun2 dulu ah…baru aku kasih komentar… Tarrrrr…!!!

Powered by Yahoo! Answers