Portal Berita Indonesia

Apakah Kalian Menyadari Isu Yang Sedang Berkembang Di Negeri Kita?

Apakah Kalian Menyadari Isu Yang Sedang Berkembang Di Negeri Kita? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apakah Kalian Menyadari Isu Yang Sedang Berkembang Di Negeri Kita?

Q: ini ada hubungannya dengan kesepakatan yang dicapai dari KTT ASEAN untuk meningkatkan kerjasama di wilayah ASEAN dan sekitarnya, entah bagaimana hasil pertemuan bilateral antara Indonesia dan AS terkait hal ini, sepertinya Indonesia menolak dominasi investasi AS dan mulai membuka kerjasama strategis dengan negara seperti China, khususnya eksplorasi sumber2 minyak bumi. Sebelum KTT ASEAN berlangsung, [...]

Rating: 5

Q: ini ada hubungannya dengan kesepakatan yang dicapai dari KTT ASEAN untuk meningkatkan kerjasama di wilayah ASEAN dan sekitarnya, entah bagaimana hasil pertemuan bilateral antara Indonesia dan AS terkait hal ini, sepertinya Indonesia menolak dominasi investasi AS dan mulai membuka kerjasama strategis dengan negara seperti China, khususnya eksplorasi sumber2 minyak bumi. Sebelum KTT ASEAN berlangsung, AS udah menempatkan armada udaranya di Australia. Bukannya mau berprasangka buruk, tapi mengingat sumber daya Indonesia yang sangat besar dan posisi globalnya yang sangat strategis, bisa saja AS berencana untuk menguasai RI, baik melalui upaya ‘damai’ bahkan kekerasan.
Menurut kalian, apakah kalian pernah berpikir ke arah sana, mungkin negara kita akan menjadi target serangan AS yang kesekian setelah Palestina, Libya, atau yang Iran yang sedang terancam sekarang? Gambarkan dalam skala 1-10
(fakta: sudah kesekian kalinya aku mengikuti survei tentang isu keamanan negeri kita di situs2 survei resmi nasional dan internasional, ditambah lagi berita2 terbaru tentang perkembangan politik global, tolong dijawab serius ya)

A. sebenarnya tampa kita sadarari as telah menguasai kita dari 3 sektor (3f). fun, food, dan fashion. hanya dari sisi agama yg belum dikuasai.

mengenai isu pembangunan pangkalan militer di darwin saya akan memberi skala 5 bisa jadi ada kemungkinan penguasaan tersebut, kita bersiap siap aja. saya mengatakan demikian karena hubungan as dgn rusia sekarang sedang memanas bahkan rusia telah mengarahkan rudal2 balistiknya ke arah as terkait dgn pembangunan pangkalan udara di negara sekutunya di eropa dgn dalih untuk melindungi sekutunya dari serangan iran.

jika itu terjadi maka beberapa negara juga pasti akan ikut bergejolak seperti
- korut vs korsel
- china vs taiwan
- iran va as, prancis dan inggris
kemungkin indonesia akan terkena imbasnya

bantuin dong analisis SWOT negara Australia?
Q: dapat PR tentang analisis SWOT negara australia, ada yg tau nggak? atau bantu aku gimana cari mencarinya aja udah terima kasih bgt…

A. SWOT (Strength, Weakness, Opportunity & Treath)

Strength (Kekuatan)
1. Merupakan negara persemakmuran, dengan Inggris Raya sebagai kekuatan utama
2. Memiliki teritorial yang sangat luas bahkan daratannya merupakan benua,
3. Memiliki sumber daya alam yang luas
4. Tingkat pendidikan rakyat/masyarakatnya relatif tinggi, setara Eropa
5. Pendapatan perkapitanya tinggi
6. Pemerintahannya demokratis
7. Keamanan sangat baik, dst

Weakness (Kelemahan)
1. Jauh dari Eropa dan Asia
2. Akses ke Australia dari negara lain harus lewat laut yang berbahaya atau dengan penerbangan yang relatif mahal
3. Dulu, masyarakat di situ merupakan pembuangan para kriminal dari Inggris
4. Adanya masalah perlakuan terhadap suku aborigin yang tidak pantas
5. Budaya yang terlalu bebas alat barat.
6. Jumlah penduduk terlalu sedikit dibandingkan daratannya.
7. Hanya semacam negara boneka.

Opportunity (Kesempatan)
1. Bisa meningkatkan kunjungan wisata dengan pendidikan dan belanja
2. Dapat membentuk kerjasama ekonomi dengan negara-negara Asean
3. Dapat mempererat keamanan dengan membentuk pakta pertahanan dengan Asean
4. Apabila dikelola dengan lebih baik, maka pendapatan negara akan lebih tinggi dan pendapatan per kapita semakin tinggi.
5. Menjadi tempat menimba ilmu bagi siswa dari negara Asean
6. Dapat memperoleh supply energi minyak dan gas dari Indonesia dan negara Asean lainnya
7. Menjadi big brother of Asean

Treath (Ancaman)
1. Adanya kemungkinan invasi dari Indonesia (mereka takut)
2. Bisa dikucilkan dari masyarakat Asean bila tidak harmonis
3. Kekurangan energi minyak dan gas bila renggang hubungan dengan Indonesia
4. Banyaknya pengungsi yang masuk ke Australia menimbulkan masalah tersendiri
5. Bila lengah akan timbul kerawanan keamanan dan sulit ditanggulangi karena luasnya wilayah
6. Kasus celah Timor akan menimbulkan perpecahan dengan Indonesia dan Timor Timur bila tidak bijaksana dalam penyelesaiannya
7. Jatuhnya perekonomian Eropa akan berdampak buruk ke Australia karena investasi ke Australia akan menurun drastis.

apa si manfaat ASEAN ?
Q: apa si manfaat ASEAN ????

A. Sebelumnya perlu kita ketahui kepanjangan dari ASEAN :
ASEAN adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. ASEAN disebut juga sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretarian ASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura :

1. Perwakilan Indonesia : Adam Malik
2. Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak
3. Perwakilan Thailand : Thanat Koman
4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam

Sejarah ASEAN :
Prinsip Utama ASEAN

Prinsip-prinsip utama ASEAN digariskan seperti berikut:

- Menghormati kemerdekaan, kesamaan, integritas dan identitas nasional semua negara
- Setiap negara memiliki hak untuk menyelesaikan permasalahan nasionalnya tanpa ada campur tangan dari luar.
- Penyelesaian perbedaan atau perdebatan antar negara dengan aman
- Menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan
- Meningkatkan kerjasama yang efektif antara anggota

ASEAN dikukuhkan oleh lima negara pengasas; Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dibuat dalam sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama âDeklarasi Bangkokâ.

Adapun yang bertanda tangan pada Deklarasi Bangkok tersebut adalah para menteri luar negeri saat itu, yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Pada tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah mencapai kemerdekaannya, negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN.

11 tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudianya, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos, Kamboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999.

Manfaat Asean :
- Banyak. Dengan terjalinnya kerja sama diantara negara Asean maka terbuka hubungan luar negeri yang lebih baik.
- Bisa saling pinjam uang jika diantara negara Asean ada yang membutuhkan dana (walaupun pada kenyataan negara kita sulit pinjam uang ke sesama negara asean)
- Tercipta kompetisi olahraga yang kita kenal, seperti Sea Games, piala tiger, dll

apa yang dimaksud dengan kerjasama regional ASEAN?
Q:

A. Mo berbagi ah, bro

Hubungan kerjasama regional ASEAN-Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.

Mdh2an bermanfaat ya…

Powered by Yahoo! Answers