Portal Berita Indonesia

Apakah Definisi Dari Hubungan Internasional Dan Kerjasama Internasional?

Apakah Definisi Dari Hubungan Internasional Dan Kerjasama Internasional? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apakah Definisi Dari Hubungan Internasional Dan Kerjasama Internasional?

Q: organisasi internasional A. secara teknis, hubungan internasional dipandang sebagai dua aspek, kejadian dan bidang ilmu. ketika Hubungan Internasional didefinisikan sebagai bidang ilmu adalah meninjau semua segi yang mempengaruhi hubungan internasional (lihat penulisan H-I dan h-i) maupun transnasional. sementara hubungan internasional adalah hubungan yang terjadi lintas batas negara baik secara geostrategis, geoekonomis maupun geopolitisnya. hubungan [...]

Rating: 5

Q: organisasi internasional

A. secara teknis, hubungan internasional dipandang sebagai dua aspek, kejadian dan bidang ilmu.

ketika Hubungan Internasional didefinisikan sebagai bidang ilmu adalah meninjau semua segi yang mempengaruhi hubungan internasional (lihat penulisan H-I dan h-i) maupun transnasional.

sementara hubungan internasional adalah hubungan yang terjadi lintas batas negara baik secara geostrategis, geoekonomis maupun geopolitisnya.

hubungan internasional kontemporer memberikan sebuah aspek untuk ambil bagiannya aktor non negara dalam hubungan lintas batas negara, disebut hubungan transnasional.

intinya, hubungan internasional dalam kejadian adalah semua interaksi yang terjadi pada lintas batas negara.

sedangkan kerjasama internasional adalah sebuah bentuk hubungan yang terjadi lintas batas negara, baik itu dilakukan oleh sebuah badan yang berdaulat (negara) atau yang dianggap berdaulat (non-negara)

bentuk kerjasama dalam segala bidang biasanya dibentuk dalam sebuah kodifikasi atau pembakuan dalam bahasa hukum. kita kenal dengan perjanjian internasional atau traktat.

intinya, kerjasama internasional adalah bagian dari hubungan internasional yang terjadi dalam sebuah ikatan yang terkodifikasikan.

sebatas perspektif…

tambahan, kalo organisasi internasional… adalah sebuah badan yang terbentuk atas kerjasama dari berbagai pihak yang berkepentingan. disebut organisasi internasional (OI) karena dia non profit, jika mengejar profit dia adalah sebuah bentuk MNC/TNC. MNC (Multi National Corporation) dan TNC (Trans National Corp.) juga tidak menutup kemungkinan untuk diajak bekerja sama.

intinya, OI bergerak pada bidang non profit dan mengejar kepentingan para anggotanya dalam proporsionalitas. oleh karena itu ada pendapat, jika sebuah negara tergabung dalam OI, kedaulatannya akan berkurang. karena negara dipandang sebuah sistem yang Anarki (disini bukan buruk, tetapi artinya "yang tertinggi") dalam pandangan Realis

kesimpulannya kasih tau donk…..!?
Q: tolong donk kasih tau kesimpulan yang di bawah ini:
USAHA PEMBELAAN NEGARA

A.Pengertian Bangsa dan Tanah Air Indonesia

1. harorld J.Laski

Menurut pendapatnya, Negara adalah suatu masyarakat yang dipaukan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara fisik lebih agung atau kelompok dalam masyarakat.

2. Max Weber

Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam menggunakan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

3. Robert M.Mac Iver

Negara adalah perkumpulan yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyaratkat tertenru dengan berdasarkan sistem hukum,dan untuk maksud tersebut negara di berikan kekuasaan memaksa.

4. Karl Mark

Negara adalah suatu kekuasaan bagi manusia(penguasa)untuk menindas manusia yang lain.

5. H.J Laski

Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasi karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah, lebih agung dari pada inividu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

6. Prof.Mr soekarno

Negara adalah suatu organisasi yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan Negara brlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan(souverign).

7.Prof .Miriam Budiarjo

Negara adalah organisasi dalam suatau wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua goongan kekuasaan lainnya dandapat menetapkan tujaun-tujuandari kehidupan bersama itu.
Dengan demikian dapat di simpulkan:

Bangsa berarti sekelompok besar manusia yang memiliki latar belakang,nasib,watak serta cita-cita yang sama, mrasa berpikir dan berbuat sebagai suatu kesatuan yang utuh.

Negara berarti organisasi di suatu wilayah kekuasaan tertinggi yang sah ditaati rakyatnya.

Jadi,bangsa adalah rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk sebuah masa depan bersama.

B. Fungsi Negara

Tujuan Negara dengan fungsi negara terdapat hubungan timbal balik. Tujuan Negara adalah cita â cita yang hendak dicapai oleh suatu Negara, sedangkan fungsi negara adalah upaya negara untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Menurut Charles E. Merrian, tujuan-tujuan negara adlah menciptakan keamanan ekstern. Sedangkan fungsi negara yaitu:

kemanan dan ketertiban
kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya
pertahanan
keadilan

Teori dari John locke membagi fungsi negara atas tiga fungsi :

fungsi legeslatif,yaitu membuat peraturan
fungsi eksekutif,yaitu melaksanakan peraturan dan mengadili perkara
fungsi federatif,yaitu yang mengurusi hubungan luar negri dan urusan yang tidak termasuk dalam fungsi legislatif dan eksekutif.

Teori Catur Praja

Teori Catur Praja dikemukakan oleh Van Vollenhoven yang mambagi fungsi Negara atas empat fungsi.

regeling yaitu fungsi perundang-undangan
bestuur yaitu fungsi pemerintahan
rechspraak yaitu fungsi kehakiman / mengadili
polite yaitu fungsi kepolisian / ketertiban dan keamanan

C. Unsur-unsur Negara

1.Rakyat

Rakyat adalah semua orang yang berada dan berdiam dalam suatu negara menjadi penghuni negara yang tunduk pada kekuasaan negara tersebut.

2.Wilayah

Wilayah atau daerah merupakan tempat pelindung bagi rakyat sekaligus tempat bagi pemerintah untuk berorganisasi atau menyelenggarakan pemerintahan.

A. Daratan

Wilayah daratan suatu negara dibatasi wilayah darat atau wilayah laut.
Pembatasannya meliputi berikut:

1)Pembatasan alam: Sungai, danau dan pegunungan atau lembah.
2)Pembatasan buatan: Pagar, tembok dan pagar kawat berduri.
3)Pembatasan perjanjian: Konverensi dan traktat.

B. Lautan

Berdasarkan konverensi Hukum Laut Internasional III 1882,batas-batas laut terperinci sebagai berikut:

1)Batas laut Tutorial dengan jarak 12 Mil di ukur dati garis lurus yang
ditarik dari pantai.
2)Batas Zona Bersebelahan dengan jarak 24 Mil laut diukur dari garis pantai
3)Batas Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) dengan jarak 200 Mil laut dari pantai.
4)Batas landas Benua adalah wilayah lautan yang lebih dari 200 Mil
5)Batas landas kontinen adalah daratan yang berbeda di bwah permukaan air diluar lautan teritorial sedalam 200 meter atau lebih.
6)Batas laut pedalaman adalah dan selat yang berada dibawah pada bagian dalam garis dasar yang menghubungkan pulau-pulau dalam wilayah suatu negara. Laut pedalaman hanya dimiliki oleh kepulauan, seperti indonesia.

C. Udara

Pada saat ini,belum ada kesepakatan di forum internasional mengenai kedaulatan di ruang udara.

pemrintahan yang berdaulat

Pemrintahan dalam arti luas yakni gabungan dari semua lembaga kenegaraan yang meliputi Legidlatif, Eksekutif dan Yudikatif.
Pemerintahan dalam arti sempit yakni suatu badan yang mempunyai wewenang melaksanakan kebijakan negara (Eksekutif :presiden,wakil presiden dan para mentri)

Pengakuan dari negara lain

Unsur poko berdirinya suatu negara merupakan unsur konstitutif,yaitu adanya pemerintahan yang berdaulat. Adapun unsur deklaratif,yaitu pengakuan dari negara lain. Unsur deklaratif di perlukan dalam tata hubungan internasional.

Pengakuan da

A. kayaknya lebih bgs teorinya friedman bos :)

Powered by Yahoo! Answers