Portal Berita Indonesia

Apa Tau Anda…?????

Apa Tau Anda…????? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Tau Anda…?????

Q: apa yang dimaksud dengan "Trafficking" kenapa begitu….??? A. trafficking itu sendiri adalah jual beli tapi merujuk pada protokol PBB 2000, Indonesia telah menandatanganinya bahwa yang dimaksud dengan trafficking yaitu sebuah kegiatan mencari, mengirim, memindahkan, menampung atau menerima tenaga kerja dengan cara ancaman kekerasan atau bentuk-bentuk pemaksaan lainnya. Dengan cara; mencuri, menculik, memperdaya, membujuk, atau [...]

Rating: 5

Q: apa yang dimaksud dengan "Trafficking"

kenapa begitu….???

A. trafficking itu sendiri adalah jual beli

tapi merujuk pada protokol PBB 2000, Indonesia telah menandatanganinya bahwa yang dimaksud dengan trafficking yaitu sebuah kegiatan mencari, mengirim, memindahkan, menampung atau menerima tenaga kerja dengan cara ancaman kekerasan atau bentuk-bentuk pemaksaan lainnya. Dengan cara; mencuri, menculik, memperdaya, membujuk, atau mengiming-imingi korban, menyalahgunakan kekuasaan atau memanfaatkan ketidaktahuan, keingintahuan atau kepolosan serta ketidakberdayaan korban dan ini semua tidak ada perlindungan terhadap korban atau dengan memberikan atau menerima pembayaran atau imbalan untuk mendapatkan persetujuan dari orang tua, wali atau orang lain yang mempunyai wewenang atas diri korban dengan tujuan untuk menghisap, menguras tenaga dan mengeksploitasi korban. Untuk lebih mudahnya ada 3 unsur yang kita tekankan dalam human trafficking ini yaitu pemindahan, unsur pemalsuan atau penipuan dan unsur eksploitasi. Jadi ketika terjadi proses rekruitmen tenaga kerja atau semacamnya kemudian ada proses pemindahan dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk eksploitasi atau disertai dengan penipuan, atau pemalsuan ijazah atau semacamnya..

Contoh kerja sama dan perjanjian internasional & manfaat perjanjian internasional?
Q: 1. Berikan contoh kerja sama & perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia…
2. Tunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia…

A. Pada dasarnya hubungan nternasional suatu negara didasarkan pada dua prinsip: pacta sunt servanda, yaitu perjanjian harus dan hanya ditaati oleh pihakâpihak yang membuat perjanjian, dan primat hukum internasional, yaitu perjanjian internasional mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari undangâundang nasional suatu negara perserta perjanjian. Itulah hubungan antara perjanjian internasional dan hubungan internasional.Bentuk-bentuk perjanjian internasional dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Perjanjian Bilateral
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama antar dua negara. Misalnya, kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Singapura atau Amerika dengan Arab Saudi. Kerja sama bilateral bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. Pemerintah Indonesia sendiri telah mentandatangani perjanjian perdagangan dan ekonomi di Kawasan Asia Pasifik dengan 14 negara, di Afrika dan Timur Tengah dengan 10 negara, di Eropa Timur dengan 9 negar, di Eropa Barat dengan 12 negara dan di Amerika Latin dengan 7 negara.
2. Perjanjian Regional
Kerja sama regional merupakan kerja sama antara negara-negara sewilayah atau sekawasan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan perdagangan bebas antara negara di suatu kawasan tertentu. Bentuk kerja sama regional sudah dijajaki oleh PBB melalui pembentukan komisi regional yang dimulai dari Eropa, Asia Timur dan Amerika Latin. Komisi ini mengembangkan kebijakan bersama untuk masalah pembangunan khususnya pada bidang ekonomi. Kerja sama secara regional biasanya lebih pada hubungan dengan lokasi negara serta berdasarkan alasan historis, geografis, teknik, sumber daya alam dan pemasaran. Contoh-contoh bentuk kerja sama semacam ini, antara lain:
a. ASEAN (Association of South East Asia Nations) atau Perbara (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan kerja sama ini ditandai dengan Deklarasi Bangkok tanggal 8 Agustus 1967.
b. APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) atau kerja sama ekonomi kawasan Asia Pasifik. Kerja sama ini pertama kali dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke. Kerja sama ekonomi ini adalah forum kerja sama ekonomi terbuka, informal, tidak mengikat, dan tetap berjalan searah dengan aturan WTO (World Trade Organization) serta berbagai perjanjian internasional.
apa aja sih undang undang tentang ham ??instrumen ham ?
Q:

A. Instrumen Hak Asasi Manusia yang ada di Indonesia

Instrumen Hak Asasi Manusia Nasional antara lain :

1. Hak Asasi Manusia dalam Pancasila dan UUD 1945

2. Hal Asasi Manusia pada Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998.

3. Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999

4. Keputusan Presiden No.36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Konvensi tentang Hak-hak anak (Convention on the Rights of the Child)

5. Undang-Undang RI No. 7 Tahun 1984 tentang ratifikasi Konvensi PBB tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan.

6. Undang-Undang RI No. 8 Tahun 1998 tentang pengesahan Konvensi Menentang penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat manusia.

7. Undang-Undang RI No.20 Tahun 1999 tentang ratifikasi konvensi ILO 138 tentang Batasan usia kerja

8. Undang-Undang RI No. 1 tahun 2000 tentang ratifikasi konvensi ILO 182 mengenai pelarangan dan tindakan segera untuk penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak.

Semoga membatu =D

Powered by Yahoo! Answers