Portal Berita Indonesia

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Kota Kembar?

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Kota Kembar? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Kota Kembar?

Q: A. Kota kembar Kota kembar (bahasa Inggris:sister city, twin cities, sister cities) atau kota bersaudara adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk. Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena [...]

Rating: 4

Q:

A. Kota kembar

Kota kembar (bahasa Inggris:sister city, twin cities, sister cities) atau kota bersaudara adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota. Hubungan kota kembar sangat bermanfaat bagi program pertukaran pelajar dan kerjasama di bidang budaya dan perdagangan.

Kota-kota di Indonesia yang sudah menjalin hubungan kota kembar, misalnya:

* Banda Aceh dengan Apeldoorn
* Medan dengan Penang, Ichikawa, Kwangju, Chengdu
* Palembang dengan veniceItalia
* Jakarta dengan Beijing, Hanoi, Berlin, Paris, Pyongyang, Rotterdam, Seoul, Tokyo, Athena, Bangkok, Casablanca, Jeddah, Istanbul, Islamabad, Los Angeles
* Bogor dengan St. Louis
* Bandung dengan Fort Worth, Texas, Braunschweig, Yingkou, Luizhou, Suwon, Bega Valley, New South Wales
* Semarang dengan Brisbane
* Yogyakarta dengan Kyoto, Hefei, Savannah
* Surabaya dengan Guangzhou, Seattle, Busan, Kochi, Xiamen
* Makassar dengan Lismore, New South Wales
* Kupang dengan Palmerston, Northern Territory
* Ambon dengan Darwin

Di Eropa, kota kembar dikenal sebagai twin towns atau friendship towns, sedangkan di Jerman dikenal dengan istilah partner towns (Partnerstädte). Istilah sister cities lebih dikenal di Asia, Australia dan Amerika Utara, sedangkan di negara-negara CIS dikenal dengan sebutan brother cities (гоÑода-побÑаÑимÑ).
Di Eropa

Konsep kota kembar dimulai di Eropa sesudah Perang Dunia II dengan maksud menciptakan saling pengertian antara penduduk kota yang berbeda dan mempromosikan proyek lintasbatas untuk kemakmuran bersama. Di Eropa, konsep kota kembar dimulai tahun 1947 ketika dewan kota Bristol di Inggris mengirimkan lima wargakota terpilih dalam misi itikad baik ke kota Hanover di Jerman.

Konsep kota kembar didukung Uni Eropa sejak tahun 1989. Pada tahun 2003, anggaran tahunan sebanyak 12 juta euro dialokasikan untuk 1.300 proyek. Kota kembar Uni Eropa tidak berkaitan dengan kota kembar yang tergabung dalam asosiasi kota kembar internasional.
Di Amerika Utara

Kota Vancouver di British Columbia, Kanada merupakan salah satu kota yang pertama kali mengikat hubungan kota kembar dengan kota Odessa di Ukraina di tahun 1944 sewaktu Uni Soviet masih berdiri. Hubungan kota kembar ini berdasarkan alasan historis sebagai kota pelabuhan Sekutu sewaktu Perang Dunia II.

Hubungan kota kembar karena persamaan nama sebetulnya sudah dijalin antara kota Toledo di Amerika Serikat dan kota Toledo di Spanyol pada tahun 1931.

Di Amerika Serikat, program "Sister Cities" dimulai Presiden Dwight Eisenhower dengan pencanangan program "People-to-People" di tahun 1956.

Program kota kembar di Amerika mulanya bernaung di bawah organisasi bernama National League of Cities, tapi kemudian menjadi organisasi terpisah yang disebut Sister Cities International (SCI).

Powered by Yahoo! Answers