Portal Berita Indonesia

Apa Penyebab Utama Krisis Global? Apa Efek Nya Bagi Indonesia? Dan Solusi Nya ?

Apa Penyebab Utama Krisis Global? Apa Efek Nya Bagi Indonesia? Dan Solusi Nya ? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Penyebab Utama Krisis Global? Apa Efek Nya Bagi Indonesia? Dan Solusi Nya ?

Q: solusi, di posisikan kita sebagai menteri keuangan ,, apa yang harus di lakukan untuk memperbaiki perekonomian Indonesia.. A. Krisis keuangan global yang bermula dari krisis kredit perumahan di Amerika Serikat membawa implikasi pada kondisi ekonomi global secara menyeluruh. Hampir di setiap negara, baik di kawasan Amerika, Eropa, maupun Asia Pasifik, merasakan dampak akibat krisis [...]

Rating: 5

Q: solusi, di posisikan kita sebagai menteri keuangan ,, apa yang harus di lakukan untuk memperbaiki perekonomian Indonesia..

A. Krisis keuangan global yang bermula dari krisis kredit perumahan di Amerika Serikat membawa implikasi pada kondisi ekonomi global secara menyeluruh. Hampir di setiap negara, baik di kawasan Amerika, Eropa, maupun Asia Pasifik, merasakan dampak akibat krisis keuangan global tersebut. Dampak tersebut terjadi karena tiga permasalahan, yaitu adanya investasi langsung, investasi tidak langsung, dan perdagangan.

Pemerintah Indonesia optimistis akan mampu mengatasi dampak krisis keuangan dunia. Pertumbuhan ekonomi sebesar enam persen dan keberhasilan penerapan kebijakan di bidang ekonomi yang lain serta pemberantasan korupsi diyakini sebagai fundamental perekonomian negara yang kuat.

Pemerintah juga telah mengeluarkan tiga peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu), yaitu: Perpu No 2/2008 berisi tentang Perubahan Kedua UU Nomor 23 Tahun 1999 tentang Perubahan atas UU tentang Bank Indonesia. Kedua, Perpu No 3/2008 berisi mengubah nilai simpanan yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan. Dan ketiga, Perpu No 4/2008 berisi tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Ketiga peraturan darurat tersebut dikeluarkan untuk mengantisipasi ancaman krisis keuangan global.

Berbagai upaya juga telah diambil. Mulai dari pencairan anggaran belanja departemen untuk membantu likuiditas keuangan di masyarakat, dan mengutamakan program untuk rakyat dengan melindungi kemungkinan dampak krisis. Caranya dengan memastikan semua program pengentasan kemiskinan tersalurkan dan meningkatkan program-program untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Dalam menghadapi krisis keuangan dan resesi ekonomi global, memang dibutuhkan ketenangan semua pihak agar dapat senantiasa berpikir rasional untuk mencarikan jalan dan solusi. Meskipun tidak seluruh masalah berada di jangkauan wilayah kebijakan dan wewenang pemerintah, partisipasi dan peran serta semua pihak dalam mengatasi dampak krisis keuangan global mutlak dibutuhkan.

contoh usaha bela negara dan penjelasannya?
Q:

A. Sikap positif warga negara dalam bela negara di lingkungan :
a. Keluarga
⢠Menghargai antar anggota keluarga
⢠Saling menghormati antar anggota kelurga
⢠Mengikuti/mematuhi aturan yang sudah di buat di rumah
⢠Saling membantu apabila sedang mengerjakan sesuatu
⢠Saling mendukung pada kegiatan yang sedang dilakukan`
⢠Menjaga nama baik keluarga
b. Sekolah
⢠Belajar dengan sungguh-sungguh
⢠Mematuhi peraturan sekolah
⢠Rajin mengerjakan PR dan Tugas Kelompok
⢠Ikut serta menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal dan sekolahnya
⢠Menjaga nama baik sekolah
c. MasyarakatContoh bentuk bentuk usaha bela negara⢠Mengikuti kegiatan Siskamling
⢠Ikut serta menanggulangi akibat bencana alam
⢠Ikut serta mengatasi kerusuhan massal
⢠Ikut serta konflik komunal
⢠Gotong royong
⢠Membuat organisasi misal :Karang Taruna
⢠Mengadakan organisasi LIMNAS yaitu berfungsi untuk menanggulangi akibat bencana alam dan bencana pada saat perang
⢠Mengadakan organisasi Keamanan Rakyat (KAMRA) yaitu partisipasi rakyat langsung dalam bidang keamanan
⢠Perlawanan Rakyat (Wanra),yaitu partisipasi rakyat langsung dalam bidang pertahanan
⢠Pertahanan sipil (Hansip),yaitu kekuatan rakyat yang merupakan unsur unsur perlindungan masyarakat pada saat menghadapi bencana saat perang
⢠Adapun di Bali yang di sebut Pecalang (orang yang sangat berperan dalam menjaga keamanan di lingkungan setempat)
d. Negara
⢠Menjaga nama baik bangsa dan negara
⢠Menjaga keutuhan dan keamanan negaraContoh bentuk bentuk usaha bela negara⢠Mematuhi peraturan perundang-undangan di suatu negara
⢠Menjaga ancaman dari negara lain karena negaran Indonesia termasuk negara yang sedang berkembang
⢠Melaksanakan penertiban
⢠Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
⢠Melaksanakan operasi militer selain perang
⢠Mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah
⢠Melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa

Powered by Yahoo! Answers