Portal Berita Indonesia

Apa Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Yg Bebas Dan Aktif, Dan Minta Contohnya 5 Buah Yaaa ?

Apa Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Yg Bebas Dan Aktif, Dan Minta Contohnya 5 Buah Yaaa ? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Yg Bebas Dan Aktif, Dan Minta Contohnya 5 Buah Yaaa ?

Q: A. Politik luar negeri yang ….>> bebas aktif muncul sekitar tahun 1948, tujuannya agar NKRI tidak memihak pada salah satu blok negara yang ada pada masa itu, yaitu blok barat dan blok timur.Ini berarti bahwa Indonesia menjadi negara netral, yang memilih jalur politik kita sendiri.dengan kebijakan luar negeri yang akan digunakan untuk meningkatkan citra [...]

Rating: 4

Q:

A. Politik luar negeri yang ….>> bebas aktif muncul sekitar tahun 1948, tujuannya agar NKRI tidak memihak pada salah satu blok negara yang ada pada masa itu, yaitu blok barat dan blok timur.
Ini berarti bahwa Indonesia menjadi negara netral, yang memilih jalur politik kita sendiri.dengan kebijakan luar negeri yang akan digunakan untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai negara pencipta perdamaian, pembangun kepercayaan, pemecah masalah dan pembangun jembatan komunikasi dalam komunitas dunia internasional (antar negara)

Contoh Politik bebas aktif yang dilaksanakan Indonesia adalah :
1.Terlibat secara aktif dalam Gerakan Non Blok (GNB).
2. Masuk menjadi anggota PBB.
3. Memprakarsai pembentukan ASEAN melalui deklarasi Bangkok.
4. Mengeluarkan UU No. 29 thn 1999 tentang pengesahan konvensi internasional tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial.
5. Mengirim pasukan perdamaian di bawah naungan PBB.

jelaskan politik luar negri indonesia yang bebas aktif dan berikan contohnya?
Q: ppkn

A. politik luar negeri indonesia yang bebas dan aktif artinya negara indonesi tidak berpihak kepada salah satu negara dibuktikan dengan dibentuknya gerakan nonblok oleh indonesia yang pertama kalinya di ketuai oleh indonesia. sedangkan aktif adalah indonesia selalu ikut serta dalam kegiatan-kegiatan internasional baik politik, perdamaian, ekonomi sosial, budaya dll. contoh konkrit adalah indonesia bergabung dengan PBB, ASEAN, dll
apasaja penyimpangan politik luar negri bebas aktif?
Q:

A. Contoh penyimpamgan politik luar negri bebas aktif. ya gan

- Penyimpangan terhadap politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif
dianggap mulai muncul ketika Indonesia pada masa Kabinet Sukiman (1951)
dengan mengadakan pertukaran surat antara Menteri Luar Negeri Ahmad Subarjo
dan Duta Besar Amerika Serikat Merle Cochran dalam rangka mendapatkan
bantuan dari Amerika Serikat.

Hal ini menimbulkan protes sebab dianggap telah meninggalkan politik bebas aktif
dan memasukkan Indonesia ke dalam sistem pertahanan Blok Barat.

contoh usaha yang kita lakukan dalam rangka menghadapi pengaruh globalisasi dalam segala bidang kehidupan?
Q: saya mohon jawab soal ini karena saya tidak bisa initentang ipoleksosbudhankam dan beri solusinya

A. Ideologi
Ideologi bangsa kita adalah Pancasila tentu kita harus terus mempertahankannya. Seperti keragam budayanya, termasuk agamanya. Jadi secara Ideologi, bangsa kita tidak boleh menjadi bangsa yang berdasarkan atas satu agama saja.

Politik
Politik Luar negeri kita adalah Bebas dan aktif, artinya kita bebas menjalin hubungan diplomatik dengan negara mana saja dalam rangka perdamaian dan pembangunan. Sedangkan Aktif artinya turut berperan serta dalam kegiatan kemanusiaan dalam dunia Internasional.

Sosial dan Budaya
Masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi budaya ketimuran dalam pergaulannya sehari-hari. Serta memiliki keanekaragaman budaya yang bisa dikembangkan secara positif.

Pertahanan dan Keamanan
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berdaulat. Dari Sabang sampai Merauke, dari Timor hingga Talaud adalah merupakan kesatuan dalan NKRI. Tak satupun bangsa – negara dapat mengklaimnya, termasuk ingin memisahkan diri dari NKRI.

Jika itu terus kita pertahankan, maka arus globalisasi dapat kita jadikan sebagai alat untuk lebih meningkatkan Ipoleksosbudhankam kita………
Salam Merdeka………..

Powered by Yahoo! Answers