Portal Berita Indonesia

Apa Pengertian Bilateral, Multilateral, Dan Unilateral?

Apa Pengertian Bilateral, Multilateral, Dan Unilateral? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Pengertian Bilateral, Multilateral, Dan Unilateral?

Q: A. Bilateral: hubungan kerjasama antara 2 negara. Contoh: Pemerintah Indonesia berhutang kepada pemerintah Jepang secara langsung Multilateral: hubungan kerjasama antara suatu negara dengan banyak negara lainnya Contoh: Pemerintah Indonesia berhutang kepada ADB yang anggotanya terdiri dari banyak negara. Unilateral: Nah, ini rada ga yakin… Kl ga salah sih perjanjian yang dilakukan secara sepihak, tanpa [...]

Rating: 5

Q:

A. Bilateral: hubungan kerjasama antara 2 negara. Contoh: Pemerintah Indonesia berhutang kepada pemerintah Jepang secara langsung

Multilateral: hubungan kerjasama antara suatu negara dengan banyak negara lainnya Contoh: Pemerintah Indonesia berhutang kepada ADB yang anggotanya terdiri dari banyak negara.

Unilateral: Nah, ini rada ga yakin… Kl ga salah sih perjanjian yang dilakukan secara sepihak, tanpa adanya keputusan dari kedua belah pihak yang berkaitan. Contoh: Inget kasus pesawat Indonesia yg dilarang mendarat di Eropa? Nah, perjanjian yg dilakukan oleh Uni Eropa mengenai penerbangan Indonesia itu termasuk perjanjian Unilateral, krn Indonesia yg seharusnya merupakan pihak yang terlibat langsung malah tidak diikutsertakan dalam pengambilan keputusan.

pengertian kerja sama multilateral?
Q: tentang kerja sama internasional

A. pertama-tama, dibedakan dulu, antara kerjasama bilateral dan multilateral.
jika kerjasama bilateral terjadi ketika hubungan kerjasama tersebut dilakukan oleh dua negara/ dua pihak saja..
maka kerjasama multilateral, seperti namanya (multi)…berarti kerjasama ini sifatnya kerjasama banyakan, kerjasama ramai-ramai, terjadi antara lebih dari dua pihak. begitu.. :)

buat tambahan, contoh:
kerjasama bilateral: kerjasama alih-teknologi antara Indonesia-Jepang.
kerjasama multilateral: kerjasama yang dilakukan Indonesia dan negara-negara lain dalam ASEAN.

Powered by Yahoo! Answers