Portal Berita Indonesia

Apa Manfaat Kerja Sama Regional ASEAN?

Apa Manfaat Kerja Sama Regional ASEAN? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang Apa Manfaat Kerja Sama Regional ASEAN?

Q: Tolong di bantu yha jawabannya teman A. kerja sama regional ASEAN itu banyak manfaatnya. Misal dalam pariwisata, saat ini kita sudah bisa masuk negara anggota ASEAN dengan sistem visa on arrival (tidak perlu mengurus visa di kedutaan). Dalam hal keamanan, Indonesia bisa melakukan ekstradisi terhadap buronan yang kabur ke negara-negara lingkup ASEAN. bidang ekonomi, [...]

Rating: 4

Q: Tolong di bantu yha jawabannya teman :)

A. kerja sama regional ASEAN itu banyak manfaatnya. Misal dalam pariwisata, saat ini kita sudah bisa masuk negara anggota ASEAN dengan sistem visa on arrival (tidak perlu mengurus visa di kedutaan). Dalam hal keamanan, Indonesia bisa melakukan ekstradisi terhadap buronan yang kabur ke negara-negara lingkup ASEAN. bidang ekonomi, Indonesia memiliki beberapa perjanjian ekspor/impor antarnegara ASEAN. Bidang pendidikan, banyak tersedia beasiswa luar negeri untuk antarnegara ASEAN
Contoh kerja sama dan perjanjian internasional & manfaat perjanjian internasional?
Q: 1. Berikan contoh kerja sama & perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia…
2. Tunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia…

A. Pada dasarnya hubungan nternasional suatu negara didasarkan pada dua prinsip: pacta sunt servanda, yaitu perjanjian harus dan hanya ditaati oleh pihakâpihak yang membuat perjanjian, dan primat hukum internasional, yaitu perjanjian internasional mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari undangâundang nasional suatu negara perserta perjanjian. Itulah hubungan antara perjanjian internasional dan hubungan internasional.Bentuk-bentuk perjanjian internasional dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Perjanjian Bilateral
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama antar dua negara. Misalnya, kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Singapura atau Amerika dengan Arab Saudi. Kerja sama bilateral bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. Pemerintah Indonesia sendiri telah mentandatangani perjanjian perdagangan dan ekonomi di Kawasan Asia Pasifik dengan 14 negara, di Afrika dan Timur Tengah dengan 10 negara, di Eropa Timur dengan 9 negar, di Eropa Barat dengan 12 negara dan di Amerika Latin dengan 7 negara.
2. Perjanjian Regional
Kerja sama regional merupakan kerja sama antara negara-negara sewilayah atau sekawasan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan perdagangan bebas antara negara di suatu kawasan tertentu. Bentuk kerja sama regional sudah dijajaki oleh PBB melalui pembentukan komisi regional yang dimulai dari Eropa, Asia Timur dan Amerika Latin. Komisi ini mengembangkan kebijakan bersama untuk masalah pembangunan khususnya pada bidang ekonomi. Kerja sama secara regional biasanya lebih pada hubungan dengan lokasi negara serta berdasarkan alasan historis, geografis, teknik, sumber daya alam dan pemasaran. Contoh-contoh bentuk kerja sama semacam ini, antara lain:
a. ASEAN (Association of South East Asia Nations) atau Perbara (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan kerja sama ini ditandai dengan Deklarasi Bangkok tanggal 8 Agustus 1967.
b. APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) atau kerja sama ekonomi kawasan Asia Pasifik. Kerja sama ini pertama kali dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Australia, Bob Hawke. Kerja sama ekonomi ini adalah forum kerja sama ekonomi terbuka, informal, tidak mengikat, dan tetap berjalan searah dengan aturan WTO (World Trade Organization) serta berbagai perjanjian internasional.

Powered by Yahoo! Answers