Portal Berita Indonesia

Air terjun kembar Gitgit, Pilihan objek wisata air terjun yang asri

Air terjun kembar Gitgit, Pilihan objek wisata air terjun yang asri Diulas oleh evacation pada . Artikel berikut membahas tentang Air terjun kembar Gitgit, Pilihan objek wisata air terjun yang asri

Air terjun kembar Gitgit (Gitgit Twin Waterfall) terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Air terjun ini merupakan air terjun campuhan yang berarti campur dalam bahasa Bali karena merupakan percampuran 2 anak sungai dan sumber air terjunnya berasal dari 3 mata air. Keunikan lain dari air terjun ini adalah dua air terjunnya [...]

Rating: 5

Air terjun kembar Gitgit (Gitgit Twin Waterfall) terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Air terjun ini merupakan air terjun campuhan yang berarti campur dalam bahasa Bali karena merupakan percampuran 2 anak sungai dan sumber air terjunnya berasal dari 3 mata air. Keunikan lain dari air terjun ini adalah dua air terjunnya berdampingan  dan bentuknya serupa sehinga dinamakan kembar. Air terjun terlindungi oleh tebing yang sempit serta pepohonan lebat. Dan terdapat Kolam kecil di bawah air terjun yang dingin dan jernih membuat kesan air terjun kembar Gitgit sangat alami dan terjaga.

Air terjun kembar Gitgit ini masih berdekatan dengan air terjun bertingkat, dan air terjun Gitgit.  Sementara air terjun Gitgit berjarak ± 500 meter dari tempat parkir, setelah melewati tempat parkir anda akan menikmati pemandangan berupa kakao, kopi, cengkeh, dan pala. Terdapat juga beberapa kios yang menjual kerajinan tangan Bulelelng dan desa gitgit dan jalan yang bisa di akses pun cukup baik karena sudah beton dan berundak hal ini terjadi karena memang air terjun Gitgit lebih dahulu di buka dari air terjuan lain sehingga memiliki perhatian dan fasilitas lebih di banding air terjun lainnya. Lepas dari tempat parkir wisatawan akan menemukan loket tiket yang unik karena berdiri di tengah-tengah pepohonan. Dari loket ini membutuhkan jarak sekitar 700 meter lagi untuk menuju air terjun Gitgit.

Perjalanan akan semakin mengasyikan karena jalan akan melewati area sawah sebelah kiri anda dan ngarai di sebelah kanan . Suara air terjun Gitgit sudah dapat di dengar dari jarak 200 meter dan semakin dekat wisatawan akan semakin melihat air yang jatuh dari ketinggian 45 meter yang merupakan air terjun tertinggi di Bali mengujam ke bebatuan dan membuat area di sekitarnya basah oleh cipratan-cipratan kecil. Airnya dingin dan bening, tetapi saat musim hujan menjadi cokelat karena bercampur dengan lumpur yang terbawa.

Sebenarnya masih ada air terjun lain di sekitar air terjun tetapi air terjun ini jauh dan tidak memiliki sarana yang memadai karena emmang letaknya di dalam hutan dan tidak di peruntukan untuk turis, nama air terjun itu adalah Colek pamor. Jalur untuk menuju lokasi merupakan jalan berlumpur sempit yang biasa di lalui penduduk setempat pemandangan alam mirip dengan tujuan air terjun utama masih di dominasi perkebunan kakao, pohon buah, dan bambu. Air terjun ini tidak disarankan untuk yang memiliki fisik lemah dan tidak biasa perjalanan jauh. Tetapi jika anda berjiwa petualang apa salahnya di coba dengan meminta izin pemandu tentunya.

Untuk menuju lokasi wisata air terjun kembar Gitgit dari kota Singaraja berjarak 11 km kearah Selatan, sementara dari Denpasar berjarak 90 km. Jika melakukan perjalanan dari kota Denpasar, maka wisatawan akan di suguhi pemandangan indah sepanjang jalan karena lokasi wisata ini sejalur dengan Bedugul dan danau Beratan jalanan akan banyak melalui rute  menanjak dengan bisa menjumpai monyet yang jinak di pinggir jalan.