Portal Berita Indonesia

3. Apa Dampak Positif Dan Negatif Proses Pembangunan Bidang Politik Di Indonesia Khususnya Setelah Reformasi?

3. Apa Dampak Positif Dan Negatif Proses Pembangunan Bidang Politik Di Indonesia Khususnya Setelah Reformasi? Diulas oleh pada . Artikel berikut membahas tentang 3. Apa Dampak Positif Dan Negatif Proses Pembangunan Bidang Politik Di Indonesia Khususnya Setelah Reformasi?

Q: A. Politik pembangunan hukum nasional yang diberlakukan sejak masa Orde Lama hingga era Pasca Reformasi saat ini sebenarnya cukup memberikan akomodasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sebagaimana disebutkan di muka, namun demikian dalam realitanya politik pembangunan hukum nasional tersebut terkesan agak sulit diterapkan, sehingga dalam beberapa sisi, politik pembangunan hukum nasional dimaksud terkesan agak menjadi [...]

Rating: 4

Q:

A. Politik pembangunan hukum nasional yang diberlakukan sejak masa Orde Lama hingga era Pasca Reformasi saat ini sebenarnya cukup memberikan akomodasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sebagaimana disebutkan di muka, namun demikian dalam realitanya politik pembangunan hukum nasional tersebut terkesan agak sulit diterapkan, sehingga dalam beberapa sisi, politik pembangunan hukum nasional dimaksud terkesan agak menjadi sloganistis. Sehubungan dengan hal tersebut dibutuhkan suatu politik pembangunan hukum nasional yang komprehensif untuk memperbaiki dan menyempurnakan tatanan hukum dalam era pasca reformasi. Sehubungan dengan hal tersebut, permasalahan utama politik pembangunan hukum nasional antara lain adalah sebagai berikut: (1) memperbarui atau mengganti peraturan hukum dari masa kolonial yang masih berlaku melalui Aturan Peralihan UUD 1945; dan (2) menciptakan hukum baru yang secara utuh bersumber pada Pancasila dan UUD 1945 (termasuk Perubahan-perubahannya), sesuai dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat pada tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional dalam era globalisasi.
Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia?
Q: Termasuk aspek budaya, politik, sosial, iptek, hubungan internasional, dan lain-lain yang berhubungan. Kalau bisa dalam bahasa yang formal.

A. Globalisasi berasal dari kata âglobalâ yang artinya menyeluruh/mendunia dengan âisasiâ yang artinya proses.Jadi secara keseluruhan arti globalisasi adalah proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.

Dampak positif globalisasi ekonomi:
1.Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara .Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri.
2.Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri .Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.
3.Menambah devisa negara dengan banyaknya negara negara asing yang menanamkan modalnya di Indonesia.
4.Banyaknya tercipta lapangan kerja yang membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga jumlah pengangguran dapat berkurang.
5.Banyaknya jumlah permintaan terhadap suatu produk.
6.Meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa

Dampak negatif:
1.Terjadinya monopoli perdagangan internasional yang dilakukan oleh negara negara maju yang dapat menyebabkan negara negara berkembang semakin miskin.
2.Jika barang impor terlalu banyak,maka akan dapat membuat produk dalam negeri kalah saing.
3.Jika perekonomian negara kita tidak cukup kuat dalam bersaing,maka perekonomian kita akan hancur karena era globalisasi.

Powered by Yahoo! Answers