Portal Berita Indonesia

16 Partai Lolos Verifikasi Pemilu 2014

16 Partai Lolos Verifikasi Pemilu 2014 Diulas oleh inews pada . Artikel berikut membahas tentang 16 Partai Lolos Verifikasi Pemilu 2014

Pemilihan Umum masih dua tahun lagi yaitu pada tahun 2014, namun pihak KPU sudah merencanakan persiapan sedini mungkin. Setidaknya hal ini bisa membuat peserta pemilu nantinya akan lebih berkualitas. Langkah utama yang dilakukan KPU atau Komisi Pemilihan Umum adalah melakukan verifikasi kepada calon peserta Partai Politik yang nantinya akan bertarung. Para peserta Pemilu 2014 nantinya [...]

Rating: 4

Pemilihan Umum masih dua tahun lagi yaitu pada tahun 2014, namun pihak KPU sudah merencanakan persiapan sedini mungkin. Setidaknya hal ini bisa membuat peserta pemilu nantinya akan lebih berkualitas. Langkah utama yang dilakukan KPU atau Komisi Pemilihan Umum adalah melakukan verifikasi kepada calon peserta Partai Politik yang nantinya akan bertarung.

Para peserta Pemilu 2014 nantinya diharuskan untuk lulus verifikasi partai oleh Pihak KPU. Verifikasi dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap berkas-berkas parpol yang sudah menjadi peraturan resmi dalam KPU. Entah apa saja yang harus diserahkan yang pasti, semua berkas tersebut harus lah dilengkapi untuk bisa bertarung menjadi peserta partai politik untuk pemilu 2014 nantinya.

Proses verifikasi sudah sampai ke tahap akhir yaitu mengenai partai mana yang berhak untuk menjadi peserta dalam Pemilu 2014 nanti atau dengan kata lain partai yang lulus verifikasi dan yang terpaksa harus mengubur impiannya untuk bisa bertarung dalam pemilu 2014 mendatang atau tidak lulus verifikasi.

Pada tadi pagi, pihak Komisi Pemilihan Umum atau KPU sudah mengumumkan hasil penilaiannya atas semua partai politik yang sudah mendaftar di KPU. Setidaknya dari 34 partai politik yang mendaftar untuk di verifikasi, hanya ada 16 partai politik yang dinyatakan lulus dalam verifikasi yang berarti 16 parpol inilah yang kedepannya akan bersaing untuk mendapatkan suara terbanyak di Pemilu 2014 nantinya.

Sementara itu ada 18 partai politik yang tidak lulus verifikasi. Hal ini berarti 18 parpol tersebut terpaksa tidak ambil posisi dalam perebutan suara terbanyak di Pemilu 2014 mendatang. Pengumuman keputusan verifikasi tersebut disampaikan oleh ketua KPU Husni Kamil Manik pada Senin 29 Oktober 2012.

KPU juga mengatakan bahwa keptusan tersebut didasarkan pada peraturan KPU No. 7 dan No. 8 tahun 2012 tentang Penetapan dan Tahapan Jadwal Verifikasi  Parpol. Parpol yang sudah lulus dalam verifikasi administrasi berhak mengikuti verifikasi lanjutan yaitu verifikasi faktual.

Berikut 16 Partai yang dinyatakan lolos verifikasi untuk ikut verifikasi lanjutan yaitu verifikasi faktual :

Partai Nasional Demokrat

  1. Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan (PDIP)
  2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  3. Partai Bulan Bintang
  4. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  5. Partai Amanat Nasional (PAN)
  6. Partai Golkar
  7. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  8. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  9. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
  10. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
  11. Partai Demokrat
  12. Partai Persatuan Pembangunan
  13. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB)
  14. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
  15. Partai Persatuan Nasional

Berikut 18 Partai Politi yang tidak lolos verifikasi :

  1. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)
  2. Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI)
  3. Partai Kongres
  4. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI)
  5. Partai Karya Republik (Pakar)
  6. Partai Nasional Republik (Nasrep)
  7. Partai Buruh
  8. Partai Damai Sejahtera (PDS)
  9. Partai Republika Nusantara (Republikan)
  10. Partai Nasional Indonesia Marhenisme (PNI-M)
  11. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB)
  12. Partai Pengusaha Pekerja Indonesia (PPPI)
  13. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)
  14. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)
  15. Partai Republik
  16. Partai Kedaulatan
  17. Partai Bhinneka Indonesia
  18. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI)